Roboguru
SD

Tanah yang cocok untuk kegiatan pertanian adalah ....

Pertanyaan

Tanah yang cocok untuk kegiatan pertanian adalah ....space 

  1. pasir dan aluvialspace 

  2. gambut dan vulkanisspace 

  3. podsolit dan lateritspace 

  4. vulkanis dan aluvialspace 

  5. aluvial dan lateritspace 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

Jawaban benar pada soal ini adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Tanah merupakan suatu material yang terdiri atas komponen padat, cair, dan gas yang berasal dari proses penghancuran batuan yang mengalami pelapukan. Jenis-jenis tanah berdasarkan bahan penyusunnya adalah sebagai berikut.

  • Tanah humus, merupakan tanah yang berada di lapisan atas, berwarna gelap, dan bersifat gembur dan subur, cocok untuk lahan pertanian. Tanah humus banyak terdapat di hutan tropis.
  • Tanah kapur, merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Tanah ini sangat mudah dilalui air dan sedikit mengandung humus. Tanah ini cocok untuk tumbuhan jati. 
  • Tanah gambut (organosol), merupakan tanah yang terbentuk dari pembusukkan tanaman rawa. Tanah ini bersifat asam, berwarna gelap, serta bertekstur lunak dan basah. Tanah gambut kurang subur sehingga tidak cocok untuk pertanian.
  • Tanah vulkanis, merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan vukanis yang tertinggal setelah terjadinya letusan gunung api. Tanah ini sangat subur dan sangat cocok untuk pertanian. 
  • Tanah pasir, merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan pasir dan sangat bersifat porous. Tanah pasir kurang baik untuk pertanian karena mengandung sedikit humus. 
  • Tanah podsolik, merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan yang mengandung kuarsa. Tanah ini biasa ditemukan pada daerah pegunungan yang bercurah hujan tinggi dan beriklim sedang. Tanah ini dapat digunakan untuk lahan perkebunan. 
  • Tanah aIuvial, merupakan tanah yang terbentuk dari endapan lumpur yang terbawa oleh aliran sungai dan memiliki sifat tanah yang subur karena berasal dari kikisan tanah humus, sehingga cocok untuk pertanian. 
  • Tanah laterit, merupakan tanah yang mengandung banyak mengandung zat besi dan aluminium, sehingga sering dikenal dengan tanah merah. Tanah ini tidak subur karena tidak mengandung humus.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tanah yang subur diantaranya adalah humus, vulkanis, podsolik, dan aluvial. Dari pilihan jawaban yang tersedia tanah yang cocok untuk lahan pertanian adalah tanah aluvial dan vulkanis.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

206

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan jenis tanah di Indonesia berikut ini! humus aluvial vulkanik kapur laterit podsolik pasir organosol Jenis tanah subur ditunjukkan oleh nomor ...

555

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia