Roboguru

Tahap-tahap penelitian sejarah adalah ....

Pertanyaan

Tahap-tahap penelitian sejarah adalah ....

  1. Heuristik, historiografi, verifikasi, dan interpretasi.

  2. Heuristik, interpretasi, verifikasi, dan historiografi.

  3. Heuristik, kritik sumber, interpretasi,dan historiografi.

  4. Heuristik, kritik sumber, verifikasi, dan historiografi.

  5. Heuristik, verifikasi, kritik sumber, dan historiografi.

Pembahasan Soal:

Dalam melakukan penelitian sejarah, terdapat tahap-tahap yang harus ditempuh oleh seorang sejarawan. Berikut ini merupakan tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian sejarah.

  1. Heuristik (pencarian sumber sejarah).
  2. Kritik sumber (penilaian terhadap sumber sejarah).
  3. Interpretasi (menafsirkan keterangan dari sumber sejarah).
  4. Historiografi (penulisan sejarah).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Langkah-langkah metode sejarah secara berurutan ialah ....

Pembahasan Soal:

Langkah-langkah metode sejarah adalah sebagai berikut.

  1. Heuristik. Heuristik berasal dari kata Yunani heurishein, artinya memperoleh. Menurut G.J. Reiner (1997), heuristik adalah suatu teknik, mencari dan mengumpulkan sumber. Dengan demikian heuristik adalah kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber. Dalam hubungan penelitian, peneliti mengumpulkan sumber-sumber yang merupakan jejak sejarah atau peristiwa sejarah.
  2. Kritik Sumber (Verifikasi) Setelah sumber sejarah terkumpul, maka langkah berikutnya ialah verifikasi atau lazim disebut juga dengan kritik sumber untuk memperoleh keabsahan sumber. Dalam hal ini yang harus diuji ialah keabsahan tentang keaslian sumber (otentisitas) yang dilakukan melalui kritik ekstern dan keabsahan tentang kesahihan sumber (kredibilitas) yang ditelusuri lewat kritik intern. Dengan demikian, kritik sumber ada dua, yakni kritik ekstern dan kritik intern.
  3. Interpretasi. Interpretasi atau penafsiran sejarah seringkali disebut juga dengan analisis sejarah. Analisis sejarah bertujuan melakukan sintesis atas sejumlah fakta yang diperoleh dari sumber-sumber. Jadi interpretasi untuk mendapatkan makna dan saling hubungan antara fakta yang satu dengan yang lainnya. Di dalam proses interpretasi sejarah, seorang peneliti harus berusaha mencapai pengertian faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa. Data sejarah sering mengandung beberapa sebab yang dapat membantu mencapai hasil. Akan tetapi, mungkin juga sebab yang sama dapat mengantarkan hasil yang berlawanan.
  4. Historiografi. Langkah terakhir metode sejarah ialah historiografi, yakni merupakan cara penulisan, pemaparan atau penulisan laporan hasil penelitian sejarah yang telah dilakukan. Penulisan hasil laporan hendaknya dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai proses penelitian dari fase awal hingga akhir (penarikan kesimpulan).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Langkah-langkah metode sejarah secara berurutan ialah ....

Pembahasan Soal:

Tahapan atau langkah-langkah penulisan sejarah secara berurutan adalah heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Heuristik merupakan tahap dalam mencari sumber sejarah. Verifikasi merupakan tahap kritik sumber. Kritik sumber nantinya terbagi menjadi dua, yakni kritik intern dan kritik ekstern. Interpretasi merupakan tahap penafsiran yang terbagi menjadi analisis dan sintesis. Sedangkan tahapan terakhir dalam penulisan sejarah adalah historiografi atau penulisan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Dalam penyusunan interpretasi harus bersifat….

Pembahasan Soal:

Tahapan metode penelitian sejarah yang ketiga adalah interpretasi. Di sini, peneliti melakukan penafsiran akan makna atas fakta-fakta yang ada serta hubungan antara berbagai fakta yang harus dilandasi oleh sikap objektif. Walaupun membutuhkan sikap subjektif, haruslah tetap subjektif rasional. Rekonstruksi peristiwa sejarah disampaikan secara deskriptif dan harus menghasilkan sejarah yang benar atau mendekati kebenaran. Ada dua cara melakukan interpretasi, yaitu analisis (menguraikan) dan sintesis (menyatukan).

Berdasarkan pernyataan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut adalah hal penting yang perlu diperhatikan peneliti dalam melakukan interpretasi…

Pembahasan Soal:

Hal penting yang perlu diperhatikan peneliti dalam melakukan interpretasi adalah peneliti harus mengambil sebuah periode batasan waktu yang dianggap penting untuk diteliti. Misalnya, pembangunan kembali kota Jakarta setelah era kemerdekaan. Periode yang diambil misalnya dari tahun 1945 sampai 1965. Hal ini sangat krusial agar penelitian yang dilakukan fokus pada pokok persoalan yang akan diteliti sesuai dengan batasan waktu yang dipilih sehingga tidak melebar ke mana-mana.

0

Roboguru

Kegiatan melakukan interpretasi terhadap sebab terjadinya suatu peristiwa sejarah artinya…

Pembahasan Soal:

Kegiatan melakukan interpretasi terhadap sebab terjadinya suatu peristiwa sejarah artinya seorang peneliti menafsirkan faktor pendorong yang memicu terjadinya suatu peristiwa sejarah. Suatu sebab biasanya akan berdampak terhadap terjadinya peristiwa berikutnya. Sebagai contoh, Perang Bubat antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sunda. Alasannya, Kerajaan Sunda tersinggung karena niat awal datang mengunjungi Kerajaan Majapahit adalah ingin menikahkan putri raja mereka, yaitu Putri Dyah Pitaloka kepada Prabu Hayam Wuruk dari Majapahit. Namun, Patih Gajah Mada malah meminta mereka untuk berperang melawan Kerajaan Majapahit. Sedangkan, sebab dari perang tersebut adalah permintaan Gajah Mada untuk melakukan peperangan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved