Roboguru

Tahap perkembangan kehidupan bumi yang terlama adalah ....

Pertanyaan

Tahap perkembangan kehidupan bumi yang terlama adalah ....space 

  1. Prakambriumspace 

  2. Paleozoikumspace 

  3. Mesozoikumspace  

  4. Kenozoikumspace 

  5. Ordovisiumspace 

Pembahasan Soal:

Tahapan perkembangan kehidupan di bumi dibagi menjadi empat tahap, yaitu Prakambrium, Era Paleozoikum, Era Mesozoikum, dan Era Kenozoikum. Prakambrium adalah tahapan perkembangan bumi tertua dan terlama. Prakambrium terbagi atas tiga kurun waktu, yakni Hadean, Arkean, dan Proterozoikum.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Awal pembentukan kerak bumi.

Pembahasan Soal:

Setelah bumi terbentuk kurang lebih 3,5 milyar tahun yang lalu, belum ada tanda kehidupan di atasnya. Kehidupan di bumi mulai ada sejak 1,5 atau 2 milyar tahun yang lalu. Sejarah bumi dapat dibagi ke dalam kurun waktu yang disebut era. Awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen,serta diperkirakan mulai ada makhluk hidup terjadi pada Era Pra-Kambrium. Tanda-tanda kehidupan pada era Prakambrium meliputi kehidupan berupa protozoa, lumut sel tunggal, masih sulit memb~dakan antara flora·dan fauna, dan juga terdapat banyak algae yang terdapat dalam stromatolit (struktur yang dibentuk oleh alga).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Sejarah bumi dapat dibagi ke dalam kurun waktu yang disebut apa saja?

Pembahasan Soal:

Pembagian kurun waktu sejarah bumi adalah sebagai berikut.

  1. Pra Kambrium, terjadi sejak 4,5 milyar tahun yang lalu. Era ini merupakan era awal pembentukan batuan kerak bumi.
  2. Paleozoikum, diperkirakan berlangsung sejak 590 juta hingga 250 juta tahun yang lalu. Era Paleozoikum terbagi menjadi lima masa, yaitu Kambrium, Silur, Devon, Karbon, dan Perm.
  3. Mesozoikum, diperkirakan berlangsung sejak 250 juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Era Mesozoikum terbagi menjadi tiga masa, yaitu Trias, Jura, dan Kapur.
  4. Kenozoikum (Neozoikum), diperkirakan berlangsung sejak 65 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Era Kenozoikum terbagi menjadi masa tersier dan kuarter.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sejarah bumi dapat dibagi ke dalam kurun waktu Pra Kambrium, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. 

0

Roboguru

Mulai ada tanda-tanda kehidupan berupa mikroorganisme dan hewan kecil tanpa tulang belakang adalah salah satu ciri sejarah pembentukan bumi pada zaman ....

Pembahasan Soal:

Sejarah pembentukan bumi dimulai pada zaman Prakambrium. Lapisan batuan pada zaman Prakambrium terdiri atas batuan-batuan berhablur (berubahnya gas menjadi padat), yang dapat berasal dari pembekuan magma cair atau dari peleburan dan penghabluran kembali sedimen dan batu-batuan lain. Kehidupan pada zaman Prakambrium ditandai oleh adanya mikroorganisme, hewan kecil tanpa tulang belakang, jenis ikan, jenis ganggang, dan rerumputan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Lapisan batuan gres dikatakan niscaya berumur Prakambrium jikalau tertutup lapisan yang berfosil ....

Pembahasan Soal:

Pembentukan bumi terbagi menjadi 4 (empat) zaman, yaitu zaman prakambrium, zaman paleozoikum, zama  mesozoikum, dan zaman kenozoikum. Lapisan tanah atau batuan pada zaman prakambrium memiliki lapisan yang berfosil kambrium. Lapisan batuan yang berfosil kambrium sangat tua dan jarang ditemui di permukaan terluar bumi karena tertutup oleh sedimen tanah yang usianya lebih muda.

Dengan demikian, lapisan batuan gres dikatakan niscaya berumur Prakambrium jikalau tertutup lapisan yang berfosil kambrium.space 

0

Roboguru

Jelaskan kondisi bumi pada era prakambrium hingga akhir era prakambrium!

Pembahasan Soal:

Prakambrium adalah zaman tertua di bumi dan lapisan prakambrium selalu terdapat di bawah batuan yang mengandung fosil. Batuan prakambrium umumnya berhablur, baik yang berasal dari pembekuan magma atau peleburan dan penghabluran kembali sedimen-sedimen dan batu lainnya yang disebabkan oleh  perubahan kimia dan fisis pada sedimen-sedimen dan batuan beku. Disekitar bagian pusat perisai itu lapisan prakambrium tertutup oleh lapisan yang lebih muda dan makin jauh dari pusat maka semakin tebal. Berikut sebaran batuan prakambrium:

  1. Grand Canyon Colorado, terlihat lapisan di bagian bawah dan makin ke atas terdapat tumpukan sedimen yang semakin mudah.
  2. Perisai Kanada di sekitar Danau Besak.
  3. Perisai Fenoskandia di Finlandia.
  4. Perisai di Australia.

Penelitian geologi membuktikan bahwa pada era pra kambrium tidak ditemukan bentuk kehidupan dan tidak ada fosil yang ditemukan karena bumi masih dalam masa pembentukkan awal. 
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved