Roboguru

Tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda.  Dari data pada tabel dapat disimpulkan ....

Pertanyaan

Tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda.space 


Dari data pada tabel dapat disimpulkan ....space 
 

  1. pertumbuhan berbanding lurus dengan kenaikan intensitas cahayaspace 

  2. cahaya tidak berpengaruh pada pertumbuhanspace 

  3. semakin gelap cahayanya, pertumbuhan makin cepatspace 

  4. cahaya dapat menghambat pertumbuhanspace 

  5. pertumbuhan tidak memerlukan cahayaspace 

Pembahasan Soal:

Cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan. Tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap akan tumbuh dengan cepat. Peristiwa pertumbuhan dengan sangan cepat di tempat gelap disebut etiolasi. Keadaan ini terjadi karena tidak adanya cahaya dapat memaksimalkan fungsi auksin untuk pemanjangan sel-sel tumbuhan. Dampak dari peristiwa ini yaitu tubuh tumbuhan menjadi tidak normal, daunnya berwarna kuning, lebar dan tipis, batangnya kecil, sangat panjang, berwarna kuning dan lemah.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda berikut ini! Percobaan dilanjutkan hingga hari ke 20, dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakkan di tempat ...

Pembahasan Soal:

Saat kecambah (II) yang sebelumnya tumbuh di tempat terang lalu dipindahkan ke tempat gelap maka kemungkinan yang terjadi adalah akan terjadi peningkatan pertambahan tinggi atau terjadi pemanjangan. Hal itu terjadi akibat fotomorfogenesis yang dikenal sebagai etiolasi. Pemanjangan sel-sel batang yang berlebihan disebabkan oleh ketidaknormalan tingginya kandungan auksin dan etilen (hormon-hormon pengatur pertumbuhan tanaman). 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Tumbuhan yang tumbuh pada tempat yang mengalami kekurangan cahaya memiliki tanda-tanda berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Tanaman yang kurang mendapatkan cahaya disebut mengalami etiolasi. Ciri-ciri tanaman yang mengalami etiolasi adalah memiliki sistem perakaran yang jarang (tidak lebat), batang tanaman kurus dan panjang, struktur daun lebih kecil dan pucat serta tampilan tanaman secara keseluruhan yang terlihat tidak segar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah apabila tumbuhan tumbuh di tempat yang kurang mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup maka akan memiliki struktur daun yang kecil dan akar yang sedikit (jawaban A dan B)

Roboguru

Kecambah kacang hijau yang tumbuh dalam pot yang berisi tanah menunjukkan gejala sebagai berikut: Batang tinggi, kurus, pucat Daun sedikit berwarna pucat Tanaman kacang tersebut kemungkinan keku...

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internalFaktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan, seperti gen dan hormon. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan, seperti cahaya matahari, nutrisi, air, suhu, kelembaban, oksigen, pH, dan topografi.  Kualitas, intensitas, dan lamanya radiasi yang mengenai tumbuhan mempunyai pengaruh yang besar terhadap berbagai proses fisiologi tumbuhan. Salah satunya adalah pembentukan pigmen klorofil. Tumbuhan yang diletakkan di tempat minim cahaya akan menyebabkan produksi klorofil terhambat sehingga kecambah tampak pucat. Selain itu, produksi hormon auksin akan terhambat oleh adanya cahaya, sehingga pertumbuhan batang juga akan cepat pada tempat yang gelap.

Berdasarkan analisis tersebut, maka kondisi yang terjadi pada kecambah kacang hijau disebabkan kekurangan cahaya.

Roboguru

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai pengaruh cahaya yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, yaitu …

Pembahasan Soal:

Cahaya dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan melihat pertumbuhan tumbuhan yang ditempatkan di tempat gelap memiliki batang yang lebih tinggi dan laju pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan tumbuhan yang di tempat terang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Di bawah ini merupakan ciri tanaman yang mendapatkan cukup cahaya matahari yaitu ....

Pembahasan Soal:

Tanaman yang cukup mendapatkan cahaya matahari akan membentuk klorofil yang banyak untuk memenuhi kebutuhan fotosintesisnya. Konsentrasi klorofil bergantung pada ketersediaan nutrien dan intensitas cahaya matahari. Batang tanaman yang mendapat cukup cahaya matahari akan lebih kuat dan berwarna hijau.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved