RoboguruRoboguru
SD

Tabel periodik unsur modern merupakan perkembangan dari tabel periodik Mendeleev. Apa perbedaan kedua tabel periodik tersebut?

Pertanyaan

Tabel periodik unsur modern merupakan perkembangan dari tabel periodik Mendeleev. Apa perbedaan kedua tabel periodik tersebut?

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tabel periodik modern dikembangkan sesuai dengan gagasan Mendeleev. Keduanya berbeda pada dasar penyusunan unsurnya.

Pembahasan

Sistem periodik unsur mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga menghasilkan sistem periodik unsur modern. Salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangannya adalah Mendeleev.

  • Mendeleev mengemukakan bahwa tabel unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom karena jika unsur-unsur disusun menurut kenaikan massa atom, terjadi pengulangan sifat-sifat unsur. Unsur-unsur yang sifatnya mirip diletakkan dalam satu kolom. Akan tetapi terdapat unsur-unsur yang dalam tabelnya tidak berada pada urutan yang benar.
  • Tabel periodik modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom. Susunan unsur-unsur dalam arah mendatar (baris) disebut periode dan yang ke arah vertikal (kolom) disebut golongan. Tabel periodik modern tersusun dari kotak-kotak yang paling tidak berisi informasi tentang lambang unsur, nomor atom, dan massa atom. space 

Jadi, tabel periodik modern dikembangkan sesuai dengan gagasan Mendeleev. Keduanya berbeda pada dasar penyusunan unsurnya.

348

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apa tujuan dikembangkannya pengelompokan unsur-unsur, mulai dari Triade Dobereiner sampai dalam bentuk sistem periodik modern yang dikenal sekarang ini?

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia