Roboguru

Syarat-syarat apakah yang diperlukan agar jamur dapat tumbuh subur?

Pertanyaan

Syarat-syarat apakah yang diperlukan agar jamur dapat tumbuh subur? 

Pembahasan Soal:

Syarat-syarat yang diperlukan agar jamur dapat tumbuh subur yaitu lingkungan lembap dan pH rendah, ditempat yang tidak terkena cahaya langsung, tumbuh di musim hujan, ditanah yang lembab atau pohon yang lembab. Beberapa jenis jamur ada yang hidup di lingkungan asam dan di lingkungan dengan konsentrasi gula tinggi. Jamur juga dapat hidup di lingkungan ekstrem, misalnya jamur yang bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak. Selain itu, beberapa jenis jamur ada yang hidup di dalam tubuh organisme lain. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa jenis jamur dapat hidup di lingkungan yang ekstrem. Dalam bentuk apa jamur mampu bertahan hidup dalam berbagai kondisi yang ekstrem? Apakah hal itu menguntungkan bagi ekosistem dan kehidupan ...

Pembahasan Soal:

Jamur yang dapat hidup di lingkungan ekstrem adalah jamur yang bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak (lichen).

  1. Bagi ekosistem, lumut kerak berperan penting dalam suksesi karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada tempat yang tidak memungkinkan bagi tumbuhan untuk hidup. Lumut kerak dapat hidup pada bebatuan yang secara perlahan dapat menghancurkan bebatuan tersebut sehingga membentuk lapisan-lapisan tanah.
  2. Bagi kehidupan manusia, lumut kerak banyak digunakan sebagia bahan obat dan dalam industri kimia (parfum dan proses pewarnaan).

0

Roboguru

Mengapa jamur dapat hidup di hutan yang lebat?

Pembahasan Soal:

Jika diperhatikan jamur dapat hidup di hutan lebat. Hal itu disebabkan jamur tidak bisa membuat makanannya sendiri karena tidak memiliki klorofil, cara hidup jamur yaitu parasit dan saprofit.

Jamur umumnya di hutan karena semua kayu dan serasah daun yang membusuk, dapat menyediakan berbagai bahan organik mati yang paling baik untuk pertumbuhan jamur. Banyak jamur juga menempel pada pohon-pohon karena mereka terhubung ke akar pohon. Terjadi simbiosis saling menguntungkan antara jamur dengan pohon-pohonan tersebut. Jenis hubungan antara jamur dan akar tanaman seperti pohon, dikenal sebagai mikoriza. Beberapa jamur memiliki hubungan yang sangat spesifik dan hanya akan tumbuh dengan satu jenis pohon tertentu, misalnya, Uloporus lividus, hanya tumbuh di pada pohon jenis alder dan Chanterelles dapat ditemukan di pohon pinus.

0

Roboguru

Habitat bagaimana yang cocok untuk pertumbuhan optimal jamur?

Pembahasan Soal:

Jamur berhabitat pada bermacammacam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. 

0

Roboguru

Jamur dapat tumbuh dengan baik jika kondisi lingkungannya sesuai. Jelaskan kondisi habitat yang sesuai bagi jamur! Bagaimana upaya menghindari terkontaminasinya makanan oleh jamur dengan memperhatikan...

Pembahasan Soal:

Pada umumnya jamur hidup di lingkungan lembap. Beberapa jenis jamur ada yang hidup di lingkungan asam dan di lingkungan dengan konsentrasi gula tinggi. Jamur juga dapat hidup di lingkungan ekstrem, misalnya jamur·yang bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak. Selain itu, beberapa jenis jamur ada yang hidup di dalam tubuh organisme lain. 

Cara terbaik untuk menghindari terkontaminasinya makanan oleh jamur adalah:

  1. menyimpan makanan segar dalam kondisi dingin dan kering. Contoh: daging dan sayuran segar harus disimpan di lemari pendingin dan menyimpan makanan pada suhu ruang di tempat yang kering
  2. Memakan makanan sesegera mungkin.

0

Roboguru

Habitat bagaimana yang cocok untuk pertumbuhan optimal jamur ?

Pembahasan Soal:

Habitat yang cocok untuk pertumbuhan optimal bagi jamur adalah habitat sejuk yang lembab. Contohnya seperti di dasar hutan hujan tropis, pada daun-daun runtuh ataupun kayu lapuk. Hal ini dikarenakan habitat lembab dan sejuk sangat mendukung pertumbuhan optimal bagi jamur

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved