Iklan

Iklan

Pertanyaan

Syarat keberlangsungan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah ...

Syarat keberlangsungan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah ...

  1. sugesti dan imitasi

  2. asimilasi dan simpati

  3. kontak primer dan sekunder

  4. kontak langsung dan tidak langsung

  5. kontak sosial dan komunikasi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik berupa aksi saling memengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial dapat terjadi jika memenuhi 2 syarat yaitu: Kontak sosial Kontak berarti menyentuh, yang secara lebih luas berarti bersama-sama menyentuh. Berarti harus ada sentuhan yang akan mengantarkan pada suatu interaksi sosial. Sebagai contoh tatapan mata, senyum, jabat tangan, surat pos, email, dll. Komunikasi Komunikasi merupakan proses penyampai a n informasi atau gagasan antara dua orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat dipahami. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang pesan atau informasi dapat dipahami. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Sugesti dan i mitasi Sugesti merupakan suatu proses ketika individu senantiasa mengikuti dan menerima nasihat/pandangan/anjuran tanpa ber p ikir rasional. Sedangkan , imitasi merupakan proses peniruan terhadap tokoh yang ia idolakan tetapi hanya sebagian yang ia tiru. Asimilasi dan s impati Asimilasi merupakan proses percampuran dua budaya yang berbeda dan menghasilkan budaya baru. S edangkan , simpati merupakan perasaan ikut merasakan penderitaan atau kebahagian orang lain. Kontak primer dan sekunder Kontak primer merupakan kontak yang terjadi secara langsung yaitu bertatap muka , s eperti berjabat tangan, tatapan mata, senyum. Sedangkan , kontak sekunder merupakan kontak yang terjadi melalui perantara karena tidak bertemu langsung.

Interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik berupa aksi saling memengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial dapat terjadi jika memenuhi 2 syarat yaitu:

  1. Kontak sosial

Kontak berarti menyentuh, yang secara lebih luas berarti bersama-sama menyentuh. Berarti harus ada sentuhan yang akan mengantarkan pada suatu interaksi sosial. Sebagai contoh tatapan mata, senyum, jabat tangan, surat pos, email, dll.

  1. Komunikasi

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi atau gagasan antara dua orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat dipahami. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang pesan atau informasi dapat dipahami.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Sugesti dan imitasi

Sugesti merupakan suatu proses ketika individu senantiasa mengikuti dan menerima nasihat/pandangan/anjuran tanpa berpikir rasional. Sedangkan, imitasi merupakan proses peniruan terhadap tokoh yang ia idolakan tetapi hanya sebagian yang ia tiru.

  • Asimilasi dan simpati

Asimilasi merupakan proses percampuran dua budaya yang berbeda dan menghasilkan budaya baru. Sedangkan, simpati merupakan perasaan ikut merasakan penderitaan atau kebahagian orang lain.

  • Kontak primer dan sekunder

Kontak primer merupakan kontak yang terjadi secara langsung yaitu bertatap muka, seperti berjabat tangan, tatapan mata, senyum. Sedangkan, kontak sekunder merupakan kontak yang terjadi melalui perantara karena tidak bertemu langsung.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Syarat keberlangsungan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah …. (SBMPTN 2015)

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia