Iklan

Iklan

Pertanyaan

Susunlah urutan molekul-molekul asam halida pada setiap golongan berikut IVA, VA, VIA, dan VIIA menurut kenaikan titik didihnya!

Susunlah urutan molekul-molekul asam halida pada setiap golongan berikut IVA, VA, VIA, dan VIIA menurut kenaikan titik didihnya!space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

urutan molekul-molekul asam halida adalahHF > HI > HBr > HCl.

 urutan molekul-molekul asam halida adalah HF > HI > HBr > HCl.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Asam halida adalah senyawa asam yang anionnya merupakan unsur-unsur halida (golongan VIIA).Titik didih senyawa adalah suhu pada saat molekul-molekul zat cair mulai berubah menjadi gas (merenggangkan interaksi antar molekulnya) pada tekanan tertentu. Pada pemanasan diperlukan energi untuk mengatasi gaya tarik antarmolekul dalam zat cair. Makin kuat gaya tarik antarmolekul, makin tinggi titik didihnya. Idealnya, semakin luas permukaan molekul, makin kuat gaya dispersi antarmolekul, maka titik didihnya semakin tinggi. Jika ditinjau dari jari-jari atom unsur dalam satu golongan, dari atas ke bawah jari-jarinya semakin besar dan berat molekulnya semakin besar. Artinya titik didih senyawa asam halida seharusnya meningkat dari HF hingga HI. Namun, ternyata titik didih HF adalah yang tertinggi diantara asam halida, kemudian baru HI, HBr, dan yang terkecil adalah HCl. Ternyata kekuatan interaksi antar molekul juga mempengaruhi kuatnya interaksi antar molekul. Interaksi molekul kovalen ini tergantung pada kepolaran molekul, yangdibagi menjadi tiga jenis, yaitu gaya London (gaya dispersi), ikatandipol-dipol, dan ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen adalahinteraksi antarmolekul yang terjadi antara atom hidrogen dengan unsur-unsur yang sangat elektronegatif, yaitu F, O, dan N. Oleh sebab itu, HF memiliki titik didih yang tertinggi (karena ikatan H dengan F antarmolekulnya). Sehingga urutan titik didihnya menjadi: HF > HI > HBr > HCl Hal yang sama akan terjadi pada asam yang anionnya adalah golongan VIA dan VA karena interaksi H dengan O (golongan VI A) antarmolekul pada senyawa dan H dengan N (golongan VA) pada merupakan ikatan hidrogen. Sedangkan H dengan C (golongan IVA) tidak mengalami hal demikian karena ini bukan termasuk ikatan hidrogen, sehingga kecenderungannya adalah titik didih semakin tinggi dengan bertambahnya berat molekul. Grafik titik didih senyawa tersebut adalah sebagai berikut: Jadi,urutan molekul-molekul asam halida adalahHF > HI > HBr > HCl.

Asam halida adalah senyawa asam yang anionnya merupakan unsur-unsur halida (golongan VIIA). Titik didih senyawa adalah suhu pada saat molekul-molekul zat cair mulai berubah menjadi gas (merenggangkan interaksi antar molekulnya) pada tekanan tertentu. Pada pemanasan diperlukan energi untuk mengatasi gaya tarik antarmolekul dalam zat cair. Makin kuat gaya tarik antarmolekul, makin tinggi titik didihnya. Idealnya, semakin luas permukaan molekul, makin kuat gaya dispersi antarmolekul, maka titik didihnya semakin tinggi.

Jika ditinjau dari jari-jari atom unsur dalam satu golongan, dari atas ke bawah jari-jarinya semakin besar dan berat molekulnya semakin besar. Artinya titik didih senyawa asam halida seharusnya meningkat dari HF hingga HI. Namun, ternyata titik didih HF adalah yang tertinggi diantara asam halida, kemudian baru HI, HBr, dan yang terkecil adalah HCl. Ternyata kekuatan interaksi antar molekul juga mempengaruhi kuatnya interaksi antar molekul. Interaksi molekul kovalen ini tergantung pada kepolaran molekul, yang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gaya London (gaya dispersi), ikatan dipol-dipol, dan ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen adalah interaksi antarmolekul yang terjadi antara atom hidrogen dengan unsur-unsur yang sangat elektronegatif, yaitu F, O, dan N. Oleh sebab itu, HF memiliki titik didih yang tertinggi (karena ikatan H dengan F antarmolekulnya). Sehingga urutan titik didihnya menjadi:

HF > HI > HBr > HCl

Hal yang sama akan terjadi pada asam yang anionnya adalah golongan VIA dan VA karena interaksi H dengan O (golongan VI A) antarmolekul pada senyawa H subscript 2 O dan H dengan N (golongan VA) pada N H subscript 3 merupakan ikatan hidrogen. Sedangkan H dengan C (golongan IVA) tidak mengalami hal demikian karena ini bukan termasuk ikatan hidrogen, sehingga kecenderungannya adalah titik didih semakin tinggi dengan bertambahnya berat molekul. Grafik titik didih senyawa tersebut adalah sebagai berikut:

Jadi, urutan molekul-molekul asam halida adalah HF > HI > HBr > HCl.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Molekul-molekul yang memiliki massa molekul sama, akan memiliki titik didih lebih rendah jika ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia