Roboguru

Susunlah sebuah paragraf deskripsi berdasarkan gambar di atas!

Pertanyaan

Susunlah sebuah paragraf deskripsi berdasarkan gambar di atas!space 

Pembahasan Soal:

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang memaparkan suatu objek secara rinci dan dilengkapi ilustrasi yang membuat pembaca seolah melihat, mendengar, dan mengamati objek yang sedang diceritakan.

Cara Menulis Paragraf Deskripsi

  1. Memilih topik sebagai dasar penguraian
  2. Melakukan observasi terhadap objek
  3. Mengumpulkan data berupa grafik, gambar, dan statistik sebagai ilustrasi
  4. Menetapkan pola pengembangan yang sesuai
  5. Menyusun gagasan dasar dan gagasan penjelasan sebagai kerangka paragraf
  6. Mengembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf utuh dengan berbagai kalimat logis dan padu. 

Topik di atas adalah sebuah gambar pohon pisang. Setelah itu, melakukan observasi pada objek dapat dilakukan dengan menyebutkan bagian pohon tersebut. Pada pohon pisang tersebut terdapat batang, daun, buah, dan bunga. Lalu mengumpulkan data mengenai pohon pisang, kemudian menetapkan pola pengembangan yang sesuai yaitu poa pengembangan observasi. Setelah itu, menyusun gagasan dasar dan penjelas, yang kemudian dikembangkan menjadi paragraf yang utuh mengenai pohon pisang. 

Dengan demikian, paragraf deskripsi yang sesuai dengan gambar tersebut yaitu topik di atas adalah sebuah gambar pohon pisang. Setelah itu, melakukan observasi pada objek dapat dilakukan dengan menyebutkan bagian pohon tersebut. Pada pohon pisang tersebut terdapat batang, daun, buah, dan bunga. Lalu mengumpulkan data mengenai pohon pisang, kemudian menetapkan pola pengembangan yang sesuai yaitu poa pengembangan observasi. Setelah itu, menyusun gagasan dasar dan penjelas, yang kemudian dikembangkan menjadi paragraf yang utuh mengenai pohon pisang.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan kalimat yang tepat untuk kalimat pertama agar lebih efektif adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merangsang indra pembaca.

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan penulis secara tepat sehingga dapat dipahami secara tepat. 

Salah satu ciri kalimat efektif adalah hemat dalam penggunaan kata.

Perbaikan kalimat yang tepat untuk kalimat pertama agar lebih efektif adalah “Meskipun besar dan luas, sekolahku sejuk dan hijau.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

0

Roboguru

Berikut ini ditampilkan teks deskripsi yang menjadi model dalam pembelajaran ini. Tari Saman Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia. Penetapan itu...

Pembahasan Soal:

Teks deskripsi merupakan pemaparan secara jelas mengenai sesuatu. Tentu penjelasan ini membutuhkan detail-detail dari hal yang dijelaskan dalam teks tersebut. Struktur teks deskripsi terdiri atas dua, yaitu deskripsi umum dan deskripsi bagian. Menurut Utorodewo (2007), tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Berdasarkan teks "Tari Saman", terdapat banyak informasi penting terkait tarian Saman yang diuraikan oleh penulis. Salah satunya adalah beberapa ciri gerakan Tari Saman. Berdasarkan teks, gerakan tari terdiri atas tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Dalam bahasa Gayo, gerakan tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring. Selain itu, terdapat ciri gerakan yang muncul dalam Tari Saman, di antaranya seperti petik jari, sujud, tepuk bahu, serta mengayunkan tangan ke bahu. 

Oleh karena itu, ciri gerakan Tari Saman adalah tepuk tangan, tepuk dada, tepuk paha, petik jari, sujud, tepuk bahu, serta mengayunkan tangan ke bahu. Sebagian besar gerakan tarian ditampilkan dalam posisi duduk.undefined 

0

Roboguru

Buatlah sebuah paragraf deskripsi tentang suasana ruang kelasmu!

Pembahasan Soal:

Teks deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek, keadaan, atau peristiwa menggunakan bahasa, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan merasakan sendiri dengan pancaindranya segala yang digambarkan dalam bahasa tersebut.

Adapun langkah-langkah menyusun teks deskripsi sebagai berikut.

  1. Menentukan objek yang akan dideskripsikan, misalnya orang, tempat, benda, binatang, atau suasana.
  2. Menentukan perincian teks yang mencakup identifikasi dan klasifikasi, deskripsi bagian, dan penutup/kesimpulan (kesan-kesan).
  3. Menyusun perincian objek ke dalam pola yang sistematis, yaitu berdasarkan urutan waktu, tempat, dan pola-pola lainnya.
  4. Mengembangkan perincian objek menjadi teks deskripsi yang padu dan utuh.
  5. Menyunting teks yang sudah jadi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin ada. Kesalahan bisa berkaitan dengan isi teks maupun tata bahasa.

Dengan demikian, berikut adalah contoh paragraf deskripsi  tentang suasana ruang kelas, yaitu:

Ruang kelas Kami

    Ruang kelas kami bernama kelas VII-B. Posisinya berada di pojok kanan bangunan kelas. Ukurannya kurang lebih 6x7 meter persegi. Warna hijau mendominasi setiap sudut ruangan kelas. Ada sekitar 14 meja dan 28 kursi yang berada di ruang kelas kami. Papan tulis yang digunakan di kelas ini masih berupa papan tulis kapur. Sementara itu, sebuah akuarium kecil pada meja guru dengan lampu kedap-kedip dan berisi ikan hias menambah suasana kelas menjadi nyaman. Tak lupa, meja guru yang diselimuti taplak berwarna hijau muda juga terdapat di ruangan ini. Sirkulasi di ruangan kelas kami cukup baik karena terdapat cukup banyak ventilasi serta jendela yang bisa dibuka, sehingga udara segar di luar kelas pun bisa terhirup oleh siswa-siswi dan para guru yang mengajar di kelas ini.space 

0

Roboguru

Kali kecil didepan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warnanya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik dan botol plastik bekas. Ko...

Pembahasan Soal:

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (A) Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung. Kalimat tersebut merupakan kalmat yang tepat untuk menutup paragraf tersebut karena penulis menjelaskan dalam kalimat-kalimat sebelumnya bahwa kali di dekat tempat tinggalnya itu penuh sampah dan botol plastik bekas. Dari sampah-sampah tersebut, muncul bau busuk yang bisa menyengat hidung. Pilihan jawaban A tepat karena kalimatnya menggambarkan bau yang menyengat.

0

Roboguru

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf deskripsi adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan KBBI, kata deskripsi sendiri memiliki arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Dalam menyusun paragraf, kalimat harus ditulis secara runtut dimulai dari pengenalan topik yang akan dibahas dan dilanjutkan dengan deskripsi yang lebih detail. oleh karena itu, urutan yang tepat adalah 

  1. Tempat Wisata Pantai Warna saat ini kondisinya kurang menarik untuk dikunjungi.
  2. Pemandangan alam pantai yang biasanya tersaji dengan indah, kini telah tercemar oleh sampah yang berserakan.
  3. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pantai.
  4. Mereka membuang sampah sembarangan sehingga membuat sampah berserakan di mana-mana.


Dengan demikian, urutan yang sesuai adalah 4-2-3-1.undefined 
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved