Roboguru

Susunlah pokok-pokok isi kutipan buku fiksi tersebut menjadi sebuah sinopsis!

Pertanyaan

Susunlah pokok-pokok isi kutipan buku fiksi tersebut menjadi sebuah sinopsis!space 

Pembahasan Soal:

Buku fiksi adalah buku yang menceritakan kejadian tidak nyata atau tidak benar-benar terjadi. Bisa dibilang kalau buku fiksi ini berisi cerita khayalan atau rekaan pengarang/penulisnya. Menentukan pokok isi kutipan buku dapat dilakukan dengan mencatat informasi penting dan gagasan pokok dari tiap-tiap paragraf. Pokok isi kutipan tiap paragraf ialah:

  1. Tokoh aku yang memiliki kenangan dengan Stasiun Tugu, Yogyakarta.
  2. Tokoh aku yang memberanikan diri berkunjung ke Angkringan Lik Man
  3. Angkringan Lik Man tak pernah dikunjungi oleh tokoh aku karena slogannya terdapat kata "kopi"
  4. Tokoh aku melawan keraguannya dengan mengunjungi Angkringan Lik Man
  5. Tokoh aku menyukai duduk di dekat bakul angkringan agar memiliki teman berbincang.


Jadi, Sinopsis berdasarkan pokok-pokok isi kutipan buku fiksi di atas yaitu: Berkisah tentang tokoh aku yang memiliki kenangan dengan Stasiun Tugu, Yogyakarta yang saat ini menjadi tempat pelariannya. Bertahun-tahun tinggal di Yogyakarta, akhirnya dia memberanikan diri berkunjung ke Angkringan Lik Man. Dahulu ia tidak pernah berani menginjakan kaki di angkringan tersebut hanya karena slogan bertuliskan "Kopi Jos". Pasalnya tubuhnya tidaklah bersahabat dengan berbagai olahan kopi. Namun ia melawan keraguannya untuk berkunjung di Angkringan tersebut dan menikmati hidangan sate dan tempe mendoan dibakar dengan kecap sembari duduk di dekat bakul angkringan agar memiliki teman berbincang.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah rangkuman berdasarkan kutipan buku tersebut!

Pembahasan Soal:

Rangkuman atau ringkasan adalah suatu hasil merangkum suatu tulisan menjadi uraian yang lebih singkat dan padat, namun tidak mengurangi makna yang disampaikan dalam sebuah teks atau bacaan.

Dengan demikian, berdasarkan kutipan buku di atas, rangkuman yang tepat, yaitu:

    Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan laut dan Samudra. Perairan laut dan samudra di Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, baik kekayaan hayati maupun nonhayati.Kekayaan nonhayati yang tersebar di laut dan samudera merupakan sumber daya yang berasal dari makhluk tak hidup dan sisa-sisa dari pengendapan kerangka jasad renik yang sudah terkubur jutaan tahun yang lalu, seperti minyak bumi dan bebatuan. Sumber daya nonhayati dapat dikelompokkan menjadi kekayaan mineral dan nonmineral. Kekayaan mineral terdiri atas beberapa barang tambang, batuan, minyak bumi, dan logam. Mineral tersebut difungsikan untuk kehidupan manusia sehari-hari, misalnya perhiasan, perkakas rumah tangga, obat-obatan, dan bahan bakar.space 

0

Roboguru

Berdasarkan isinya, teks tersebut merupakan ... buku fiksi.

Pembahasan Soal:

Buku fiksi merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Ikhtisar merupakan teks yang dibuat secara ringkas berdasarkan teks asli, sedangkan resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. 

Resensi adalah ulasan mengenai kelemahan atau kelebihan suatu karya untuk diberitahukan pada pembaca, kemudian sinopsis adalah ringkasan yang padat dan jelas dari sebuah naskah buku, film, atau teater tanpa menghilangkan unsur penting dalam naskah tersebut.

Teks di atas berisi tentang ringkasan cerpen yang berjudul Daun Kering. Dimulai dengan pengenalan tokoh sampai penjelasan singkat alur cerita. Berdasarkan penjelasan di atas, maka teks di atas merupakan sinopsis buku fiksi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komentar diartikan sebagai ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan). Salah satu hal yang dapat dikomentari dari sebuah karya baik fiksi maupun nonfiksi adalah penggunaan bahasa.

Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan bermakna lugas. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan kalimat yang dapat langsung dimengerti, seolah-olah penulis sedang bercerita secara langsung kepada pembaca.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Dilihat dari gambar sampul, buku di bawah ini temasuk ....

Pembahasan Soal:

Buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan imajinasi sang penulis dan bersifat fiktif. Genrenya bisa berupa kisah misteri, fantasi, komedi, dan sebagainya. Sedangkan buku non fiksi berisi fakta berdasarkan pengalaman, pengetahuan, hasil, maupun hasil penelitian. Contoh buku non fiksi di antaranya, biografi, buku pelajaran, buku resep memasak, dokumenter, ensiklopedia, kamus.

Berdasarkan gambar di atas, dapat dilihat buku tersebut merupakan buku biografi yang termasuk ke dalam buku nonfiksi. Jadi, buku tersebut termasuk buku nonfiksi: biografi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Jelaskan sistematika buku nonfiksi!

Pembahasan Soal:

Buku nonfiksi adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif.

Sistematika buku nonfiksi:

  1. Sampul
  2. Halaman judul
  3. Kata pengantar atau prakata
  4. Daftar isi
  5. Isi buku yang disusun dalam bab
  6. Glosarium
  7. Daftar pustaka
  8. Indeks
  9. Lampiran

Dengan demikian, sistematika buku nonfiksi adalah sampul, halaman judul, kata pengantar atau prakata, daftar isi, isi buku, glosarium, daftar pustaka, indeks, dan lampiran.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved