Roboguru

Surau kecil itu berada di salah satu sudut tambak yang lumayan lebar. Seperti balai kambang. Disangga oleh empat batang kelapa yag terpancang ke dasar tambak. Surau itu kadang tampak seperti perahu atau rumah panggung kecil di atas air. Dan siapa saja yang mau salat di sana akan berjalan melewati titian bambu sepanjang belasan langkah. Ada tempat berwudu di pangkal titian berupa pancuran yag dikelilingi bilik anyaman daun kelapa. Pancuran itu memasok air segar dari lereng bukit ke dalam kolam. Di dalam bilik itu orang berwudu, biasanya sesudah membuang hajat.       Karena agak jauh dari permukiman, surau itu hanya dipergunakan orang untuk salat zuhur dan asar di siang hari. Setelah matahari terbenam, surau itu gelap dan merana. Burung hantu yang sedang mengintai ikan suka bertengger di atapnya.Hanya beberpa orang yang biasa salat di sana. Diantaraya dua orang penyadap nira. Sering juga ada pedagang keliling singgah untuk menuaikan ibadah. Selebihnya hanya kadang-kadang adalah saya dan Kang Nurya. Nilai kehidupan yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

Pertanyaan

     Surau kecil itu berada di salah satu sudut tambak yang lumayan lebar. Seperti balai kambang. Disangga oleh empat batang kelapa yag terpancang ke dasar tambak. Surau itu kadang tampak seperti perahu atau rumah panggung kecil di atas air. Dan siapa saja yang mau salat di sana akan berjalan melewati titian bambu sepanjang belasan langkah. Ada tempat berwudu di pangkal titian berupa pancuran yag dikelilingi bilik anyaman daun kelapa. Pancuran itu memasok air segar dari lereng bukit ke dalam kolam. Di dalam bilik itu orang berwudu, biasanya sesudah membuang hajat.

      Karena agak jauh dari permukiman, surau itu hanya dipergunakan orang untuk salat zuhur dan asar di siang hari. Setelah matahari terbenam, surau itu gelap dan merana. Burung hantu yang sedang mengintai ikan suka bertengger di atapnya.Hanya beberpa orang yang biasa salat di sana. Diantaraya dua orang penyadap nira. Sering juga ada pedagang keliling singgah untuk menuaikan ibadah. Selebihnya hanya kadang-kadang adalah saya dan Kang Nurya.

Nilai kehidupan yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

  1. sosial

  2. politik

  3. religi

  4. moral

  5. budaya

Pembahasan:

Kutipan cerita di atas mengandung nilai budaya. Nilai budaya adalah nilai-nilai yang berkenaan dengan kebiasaan tradisi/ adat istiadat yang berlaku pada suatu daerah. Kutipan cerpen tersebut menunjukkan kebiasan yang dilakukan warga atau masyarakat yang melakukan aktivitasnya di surau kecil tersebut.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Bacalah kedua kutipan cerpen berikut! Kutipan Cerpen I Gadis kecil itu duduk sendiri di pojokan jalan, menjuntai kaki di atas trotoar, dan badannya yang maung tampak menggigil! Tidak ada yang tahu s...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved