Roboguru

Surat undangan ulang tahun merupakan surat undangan tidak resmi. Perlu kamu perhatikan, dalam surat, terdapat nama jalan yang menggunakan huruf kapital. Contoh: Jalan Kelabu. Berdasarkan surat undangan di atas, carilah penulisan yang tidak sesuai dengan tanda baca dan ejaan Bahasa Indonesia!

Pertanyaan

Surat undangan ulang tahun merupakan surat undangan tidak resmi. Perlu kamu perhatikan, dalam surat, terdapat nama jalan yang menggunakan huruf kapital. Contoh: Jalan Kelabu.

Berdasarkan surat undangan di atas, carilah penulisan yang tidak sesuai dengan tanda baca dan ejaan Bahasa Indonesia!space 

Pembahasan Soal:

Surat undangan ulang tahun merupakan surat undangan tidak resmi. Penulisan surat undangan ulang tahun harus menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai ejaan bahasa Indonesia.

Berdasarkan surat undangan di atas, penulisan yang tidak sesuai ejaan bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Penulisan bandung, seharusnya Bandung.
  2. Penulisan Teman-Teman, seharusnya Teman-teman.
  3. Penulisan minggu, seharusnya Minggu.
  4. Penulisan maha dewi, seharusnya Maha Dewi.

Dengan demikian, penulisan surat yang tepat adalah dengan menggunakan kata baku yang memperhatikan cara penulisan huruf kapital.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan perbedaan surat resmi dan tidak resmi beserta contohnya!

Pembahasan Soal:

Surat resmi adalah surat yang dikirim oleh perseorangan atau lembaga kepada lembaga lain untuk kepentingan dinas. Surat tidak resmi (surat pribadi) adalah surat yang dikirim oleh perseorangan kepada orang lain dan isinya bersifat pribadi. Perbedaan surat resmi dan tidak resmi bisa dilihat dari:

  1. bahasa. Surat resmi memakai bahasa yang baku dan sesuai kaidah, sedangkan surat pribadi lebih bersifat luwes.
  2. Kop surat. Surat resmi yang dikeluarkan lembaga pasti memiliki kop surat, sedangkan surat pribadi tidak perlu.
  3. nomor surat. Surat resmi yang dikeluarkan lembaga pasti memiliki nomor surat, sedangkan surat pribadi tidak perlu.

Contoh dari surat resmi adalah surat pemberitahuan dari sekolah mengenai acara seminar yang diadakan sekolah. Contoh dari surat pribadi adalah surat untuk sahabat, surat untuk teman yang lama tidak berjumpa.

Dengan demikian, perbedaan surat resmi dan surat pribadi bisa dilihat dari bahasanya, ada atau tidaknya kop surat, dan ada/tidaknya nomor surat.space 

0

Roboguru

Buatlah sebuah surat undangan berdasarkan cerita tersebut!

Pembahasan Soal:

Surat undangan ulang tahun merupakan salah satu jenis surat tidak resmi atau termasuk surat pribadi, yaitu surat yang isinya berupa informasi pribadi yang dikirim kepada sahabat, saudara, atau keluarga. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi adalah bahasa santai atau tidak resmi, serta adanya penggunaan kata sapaan yang menggambarkan pihak pengundang dan yang diundang, seperti "sahabatku".

Adapun struktur dalam penulisan surat undangan, yaitu:

  • Salam pembuka
  • Isi
  • Salam penutup
  • Nama pengirim.


Dengan demikian, contoh surat undangan berdasarkan cerita di atas adalah sebagai berikut:

Kepada
Teman-Temanku
di Kelas

Salam Bahagia selalu,

Senang sekali rasanya bisa memberikan surat undangan ini kepada kalian, melalui surat undangan ini Aku mengharap kedatangan kalian di acara pesta kecil ulang tahunku yang ke-11. Rencananya pesta ulang tahun ini akan diselenggarakan pada:

Tanggal: 17 Juli 2017
Pukul: 16.00 WIB
Tempat: Rumah Eda, JI. Raya Bogor 4, Jakarta Timur.

Sahabat, pesta ulang tahun ini tidak akan berkesan tanpa kehadiran kalian semua. Aku berharap sekali, teman-teman dapat menghadiri pesta ulang tahunku yang ke-11 ini. Jadi, datang yaa….

Salam hangat dari Sahabatmu,


Eda

0

Roboguru

Buatlah surat undangan perayaan ulang tahunmu yang ditujukan kepada teman sekelasmu. Surat undangan dengan menggunakan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan.

Pembahasan Soal:

Surat undangan pribadi adalah surat permohonan untuk menghadiri acara kekerabatan atau perhelatan keluarga. Misalnya undangan khitanan, pesta ulang tahun, pernikahan, dan lainnya. Surat undangan pribadi, biasanya mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan.

Surat undangan ulang tahun dapat dibuat dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Contoh surat undangan ulang tahun dapat dibuat dengan kerangka sebagai berikut.

Bagian Pembuka

  • Salam Pembuka
  • Kalimat pembuka (Bagian ini bisa berisi sapaan, misalnya "Temanku yang baik, senang sekali rasanya bisa memberikan surat undangan ini kepadamu."

Bagian isi

Bagian ini berisi paparan maksud undangan atau acara yang akan diselenggarakan pengundang secara rinci waktu dan tempatnya.

Bagian penutup

  • Kalimat penutup (Pada bagian ini berisi harapan kepada tamu undangan agar dapat berkenan hadir dan diakhiri salam penutup. Misalnya, "Pesta ulang tahun ini tidak akan berkesan tanpa kehadiranmu. Saya berharap sekali sahabatku menghadiri pesta ulang tahunku. Terima kasih."
  • Salam penutup

Dengan demikian, surat undangan ulang tahun merupakan surat yang dibuat oleh individu dengan maksud mengundang seseorang dalam acara ulang tahun yang diselenggarakannya. Surat undangan dapat ditulis dengan bahasa yang efektif dan sesuai struktur surat undangan yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup.space 

0

Roboguru

Kalimat efektif yang tepat untuk melengkapi kutipan surat undangan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Bagian penutup dalam surat undangan berisi tentang harapan dan ucapan terima kasih. Kalimat efektif yang tepat untuk melengkapi kutipan surat undangan tersebut adalah "Atas perhatian Bapak/lbu, kami meng­ucapkan terima kasih." Kalimat tersebut merupakan kalimat efektif karena mudah dipahami dengan tepat dan memiliki subjek (kami) dan predikat (mengucapkan) yang jelas. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Surat undangan yang mengatasnamakan sebuah organisasi dan kedinasan disebut....

Pembahasan Soal:

Surat undangan adalah pemberitahuan yang sifatnya mengharap kehadiran seseorang untuk berpartisipasi dalam suatu acara tertentu. Surat undangan dibagi menjadi dua, yaitu surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi. Surat undangan resmi adalah surat undangan yang mengatasnamakan sebuah organisasi dan kedinasan dan menggunakan bahasa formal. Jadi, jawaban yang tepat adalah a.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved