Roboguru

Surabaya ditetapkan menjadi pusat pertumbuhan untuk mendorong pengembangan wilayah di Jawa Timur dan Bali. Berbagai mata pencaharian baru bermunculan di Surabaya akibat pengaruh majunya pusat pertumbuhan di bidang ....

Pertanyaan

Surabaya ditetapkan menjadi pusat pertumbuhan untuk mendorong pengembangan wilayah di Jawa Timur dan Bali. Berbagai mata pencaharian baru bermunculan di Surabaya akibat pengaruh majunya pusat pertumbuhan di bidang ....space

  1. sosialspace

  2. budayaspace

  3. ekonomispace

  4. teknologispace

  5. pengetahuanspace

Pembahasan Soal:

Perubahan yang terjadi pada pusat pertumbuhan umumnya berupa perubahan ekonomi dan perubahan sosial budaya baik untuk wilayah pusat pertumbuhan maupun wilayah sekitarnya. Majunya pusat pertumbuhan, mengakibatkan aktivitas ekonomi juga mulai meningkat dan menjadi beragam. Aktivitas ekonomi tersebut kemudian memunculkan fasilitas ekonomi, seperti pabrik, bank, dan perkantoran, sehingga menciptakan berbagai mata pencaharian baru dan lapangan pekerjaan yang kemudian meningkatkan pendapatan per kapita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 06 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ilustrasi pertumbuhan wilayah berikut!  Garis melengkung menunjukkan perkembangan wilayah. Kedua simbol bangun datar menunjukkan dua kawasan yang berbeda fungsi. Garis lurus menunjukkan ...

Pembahasan Soal:

Pada ilustrasi pertumbuhan wilayah tersebut, terdapat dua wilayah pertumbuhan yaitu universitas dan pusat perbelanjaan. Pertumbuhan wilayah hanya terjadi di sekitar pusat pertumbuhan, karena kedua pusat pertumbuhan tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mendirikan usaha di sekitarnya. Kegiatan usaha baru tersebut cenderung memilih tempat yang berdekatan dengan wilayah pertumbuhan yang sudah ada karena tersedia fasilitas yang memadai. Pertumbuhan wilayah di daerah X tidak tampak karena di wilayah tersebut tidak ada daya  tarik yang dapat mendorong tenaga terampil maupun modal untuk memilih wilayah tersebut.

0

Roboguru

Faktor topografi menjadi pertimbangan pembangunan wilayah karena ....

Pembahasan Soal:

Faktor topografi dapat menjadi pertimbangan pembangunan wilayah karena berhubungan dengan strategi pembangunan. Sulitnya topografi yang ada akan berdampak pada sulitnya transportasi bahan material yang dibutuhkan untuk pembangunan, selain itu dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke lokasi pembangunan sehingga akan berpengaruh pada rancangan pembangunan yang akan dibuat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

 

1

Roboguru

Jelaskan tiga faktor yang mempengaruhi pusat pertumbuhan!

Pembahasan Soal:

Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah atau kawasan yang berkembang pesat dan mampu memengaruhi wilayah sekitarnya. Pusat pertumbuhan ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menentukan pusat pertumbuhan adalah sebagai berikut.

  1. Sumber daya alam. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri dan bahan penunjang pembangunan pusat pertumbuhan.
  2. Sumber daya manusia. Sumber daya manusia sangat berperan penting dalam kegiatan ekonomi, sehingga meningkatkan pertumbuhan wilayah.
  3. Kondisi topografi. Umumnya pusat pertumbuhan wilayah berada pada daerah yang relatif datar. Hal ini disebabkan karena pembangunan wilayah dipengaruhi oleh aksesibilitas dan transportasi yang memadai.
  4. Fasilitas penunjang. Fasilitas penunjang seperti jaringan jalan, telekomunikasi, listrik, pelabuhan laut dan udara, dan lain-lain dapat mendukung pertumbuhan wilayah.

 

 

0

Roboguru

Arah pengembangan kota seperti pada gambar adalah ke arah nomor ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar pada soal, diketahui bahwa arah pengembangan kota bergerak ke arah pusat perdagangan. Hal ini disebabkan banyaknya aktivitas ekonomi di sana dan akan banyak menarik penduduk untuk membuka usaha yang dapat meningkatkan pembangunan dan pengembangan kota. Jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut! Kondisi topografi datar Sarana aksesibilitas memadai Ketersediaan sumber daya alam Homogenitas penduduk tinggi Fanatisme penduduk terhadap suatu daerah Fakto...

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang menentukan pembentukan pusat pertumbuhan dalam sebuah wilayah meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, kondisi topografis, dan fasilitas penunjang. Ketersediaan sumber daya alam menjadi indikator melimpahnya bahan baku industri dan modal. Hal ini tentunya harus didukung dengan kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya yang ada. Adapun proses distribusi barang dan jasa agar sebuah wilayah dapat membentuk pusat pertumbuhan juga sangat dipengaruhi oleh aksesibilitas berdasarkan keadaan topografis dalam wilayah tersebut. 

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved