Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi. Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalah di atas adalah ...

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang, namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi.

Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalah di atas adalah ...

  1. pendekatan ekologi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan kewilayahan

  4. pendekatan deskripsi

  5. pendekatan kronologi

Iklan

E. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah pendekatan ekologi. Pendekatan ini tidak hanya mendasarkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, tetapi juga dikaitkan dengan fenomena yang ada sertaperilaku manusiakarena pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku manusia dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku mencakup dua aspek, yaitu pengembangan gagasan dan kesadaran lingkungan. Interelasi keduanya inilah yang menjadi ciri khas pendekatan ini. Pada Soal: Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di Kota Palembang, merujuk pada kondisi fenomena alam berupa sebuah sungai yang menjadi tempat wisata. Namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk Kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi, merujuk pada kondisi perilaku manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya.

Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah pendekatan ekologi.

Pendekatan ini tidak hanya mendasarkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, tetapi juga dikaitkan dengan fenomena yang ada serta perilaku manusia karena pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku manusia dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku mencakup dua aspek, yaitu pengembangan gagasan dan kesadaran lingkungan. Interelasi keduanya inilah yang menjadi ciri khas pendekatan ini.

Pada Soal:

Sungai Musi merupakan salah satu tempat wisata di Kota Palembang, merujuk pada kondisi fenomena alam berupa sebuah sungai yang menjadi tempat wisata. Namun sayang kebersihan dan kelestariannya tidak dapat dijaga dengan baik. Penduduk Kota Palembang banyak yang membuang sampah di Sungai Musi, merujuk pada kondisi perilaku manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

90

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dan variabel lingkungan yang ada dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan ....

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia