Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sumpah Pemuda memiliki makna strategis untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa. SEBAB Sumpah Pemuda lahir bertepatan dengan ramainya penolakan pemuda Indonesia terhadap perayaan peringatan Seratus Tahun Kemerdekaan Belanda dari Spanyol.

Sumpah Pemuda memiliki makna strategis untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa.

SEBAB

Sumpah Pemuda lahir bertepatan dengan ramainya penolakan pemuda Indonesia terhadap perayaan peringatan Seratus Tahun Kemerdekaan Belanda dari Spanyol.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat

  3. jika pernyataan benar, alasan salah

  4. jika pernyataan salah, alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar sedangkan alasan salah.

pernyataan benar sedangkan alasan salah.

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena Sumpah Pemuda memiliki makna strategis dalam pengembangan rasa persatuan dan penguatan jati diri bangsa. Melalui Sumpah Pemuda, seluruh organisasi pemuda bangsa Indonesia menyatakan untuk bersatu melalui suatu wadah organisasi yang lebih besar lagi yaitu Indonesia Muda. Tujuan utamanya adalah perjuangan untuk melawan penjajahan. Sumpah Pemuda juga merupakan penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tercermin melalui ikrarnya yaitu satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Alasan salah karena Sumpah Pemuda tidak lahir dari ramainya penolakan pemuda Indonesia terhadap perayaan peringatan Seratus Tahun kemerdekaan Belanda dari Spanyol. Reaksi bangsa Indonesia akan perayaan peringatan Seratus Tahun kemerdekaan Belanda ditunjukkan melalui artikel yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara yang berjudul Als Ik Eens Nederlander Was . Selain itu, perayaan ini bukan memperingati kemerdekaan Belanda dari penjajahan Spanyol melainkan kemerdekaan Belanda dari penjajahan Prancis. Berdasarkan penjelasan diatas pernyataan benar sedangkan alasan salah.

Pernyataan benar karena Sumpah Pemuda memiliki makna strategis dalam pengembangan rasa persatuan dan penguatan jati diri bangsa. Melalui Sumpah Pemuda, seluruh organisasi pemuda bangsa Indonesia menyatakan untuk bersatu melalui suatu wadah organisasi yang lebih besar lagi yaitu Indonesia Muda. Tujuan utamanya adalah perjuangan untuk melawan penjajahan. Sumpah Pemuda juga merupakan penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tercermin melalui ikrarnya yaitu satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Alasan salah karena Sumpah Pemuda tidak lahir dari ramainya penolakan pemuda Indonesia terhadap perayaan peringatan Seratus Tahun kemerdekaan Belanda dari Spanyol. Reaksi bangsa Indonesia akan perayaan peringatan Seratus Tahun kemerdekaan Belanda ditunjukkan melalui artikel yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara yang berjudul Als Ik Eens Nederlander Was. Selain itu, perayaan ini bukan memperingati kemerdekaan Belanda dari penjajahan Spanyol melainkan kemerdekaan Belanda dari penjajahan Prancis.

Berdasarkan penjelasan diatas pernyataan benar sedangkan alasan salah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sumpah Pemuda memiliki makna strategis untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa. SEBAB Sumpah Pemuda lahir bertepatan dengan ramainya penolakan pemuda Indonesia t...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia