Roboguru

Sumber energi masa depan, yaitu sumber energi ....

Pertanyaan

Sumber energi masa depan, yaitu sumber energi ....space 

  1. Fosil

  2. Tradisional

  3. Konvensional

  4. Non-alternatif

  5. Alternatif

Pembahasan Soal:

Energi alternatif atau energi terbarukan merupakan energi pengganti bahan bakar fosil. Energi alternatif ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang dapat merusak lingkungan dan pemanasan global dari emisi karbondioksida yang tinggi. Seiring berjalannya waktu energi tak terbarukan mulai ditinggalkan karena merusak lingkungan dan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup di masa depan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Potensi energi panas burni (geothermal) di Indonesia tersebar di berbagai pulau di Indone­sia. Pulau besar yang paling sedikit merniliki potensi geotermal adalah Pulau Kalimantan. Hal ini disebabkan o...

Pembahasan Soal:

Menurut Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2003 tentang panas bumi menjelaskan bahwa sumber energi panas bumi adalah panas yang terkandung didalam air panas, uap air, mineral batuan, dan gas yang tidak bisa dipisahkan secara genetik. Energi panas ini muncul melalui aktivitas vulkanik gunung api yang dipicu oleh aktivitas teknonisme. Sebagaimana yang kita ketahui pertemuan tiga lempeng besar dunia terdapat disebelah selatan Pulau Jawa, Sumatera, Bali, NTB, dan NTT atau berada jalur cincin api dunia sehingga gunung api lebih banyak kita jumpai pada wilayah tersebut. Sedangkan Pulau Kalimantan jauh dari aktivitas tektonisme sehingga tidak memiliki gunung api aktif dan minim potensi panas bumi.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Potensi energi alternatif yang dapat dimanfaatkan dan ditangani oleh putra-putra Indo­nesia karena keberadaannya melimpah adalah ....

Pembahasan Soal:

Indonesia terletak pada lintang rendah (6⁰ LU - 11⁰ LS) membuatnya mendapatkan jumlah penyinaran matahari yang sangat besar sepanjang tahun. Menurut para ahli setidaknya diperlukan jutaan hingga milyaran tahun agar energi matahari dapat habis sehingga matahari berhenti bersinar, dengan demikian pemanfaatan radiasi surya dapat mengamankan cadangan listrik di Indonesia. Radiasi surya ini secara sederhana dapat disimpan kemudian diubah menjadi energi listrik. Disamping itu energi yang dihasilkan bebas terhadap emisi. Biaya pengadaan dan pengelolaan panel surya memang tergolong mahal namun metode perawatannya cukup sederhana dan sumber daya manusia di Indonesia sudah mampu melakukannya secara mandiri.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Akibat letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, maka sumber energi alternatif yang banyak di jumpai adalah ....

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara tropis yang dilalui oleh garis khatulistiwa, dimana matahari selalu bersinar secara terus menerus sepanjang tahun tanpa terganggu musim, hal ini menjadikan Indonesia memiliki potensi tenaga matahari yang besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber tenaga utama.
Secara tradisional masyarakat Indonesia di daerah pesisir telah memanfaatkan energi matahari untuk mengeringkan ikan dan menguapkan air laut untuk membuat garam. Panas yang dihasilkan matahari dapat disimpan untuk digunakan sebagai tenaga listrik melalui bantuan panel surya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Sumber energi yang digunakan untuk alternatif pengganti energi fosil adalah definisi dari ....

Pembahasan Soal:

Energi adalah kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan manusia sangat bervariasi, mulai dari rumah tangga, transportasi, hingga industri, serta masih banyak lainnya. Ketergantungan masyarakat pada sumber energi fosil yang tidak dapat diperbarui (minyak bumi, batu bara, dan gas) menjadi permasalahan utama yang dihadapi manusia global saat ini, terlebih Indonesia sebagai negara berkembang. Ketersediaan sumber energi fosil yang semakin menipis mendorong pengembangan sumber energi alternatif yaitu energi terbarukan yang merupakan sumber energi yang dihasilkan dan sumber energi yang secara alamiah tidak akan habis dan dapat berkelanjutan jika dikelola dengan baik, an tara lain: panas bumi, bahan bakar nabati, aliran air sungai, panas bumi, biomassa, biogas, ombak laut dan lainnya.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.
 

0

Roboguru

Angin berada di setiap tem[at di Indonesia. Namum demikian, pengembangannya untuk sumber energi tidak dapat dilakukan di semua tempat. Daerah di Indonesia yang telah mengembangkan instalasi tersebut a...

Pembahasan Soal:

Angin merupakan energi baru dan terbarukan yang bersifat ramah lingkungan dan tengah dikembangkan di Indonesia. Akan tetapi, pengembangan energi angin ini biasanya berada pada wilayah dengan kecepatan angin yang cukup besar, seperti wilayah pesisir. Indonesia telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) di Nusa Penida (Bali) dan Pantai Samas (Yogyakarta). Jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved