Roboguru

Sumber daya alam di bawah ini yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable) adalah …

Pertanyaan

Sumber daya alam di bawah ini yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable) adalah …space 

  1. Emas

  2. Hutan

  3. Batu bara

  4. Besi

  5. Bauksit

Pembahasan Soal:

Sumber daya yang dapat diperbaharui (renewable resources) adalah sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali dalam waktu yang singkat. Contoh: tanah, air, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Hutan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena didalamnya ada tumbuh-tumbuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Susiatun

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan cara siklus adalah ....

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya ada sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang ketika habis tetap akan selalu ada dan tidak membutuhkan waktu yang lama  untuk tersedia lagi. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang ketiaka habis tidak dapat diperbarui dan membutuhkan waktu yang lama untuk tersedia kembali. Salah satu sumber daya alam yang di bumi yang dapat diperbarui dengan siklus adalah air dan udara. Setiap detik air selalu mengalami siklus air. Siklus air dapat dibagi menjadi tiga yaitu siklus air panjang, sedang, dan pendek. Siklus air dan udara akan selalu terjadi. Jadi, sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan siklus adalah air dan udara. 

Jadi, jawaban yang benar adalah D

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah ….

Pembahasan Soal:

Tidak semua sumber daya alam cepat habis, ada juga beragam sumber daya alam yang dapat dikembalikan dengan relatif mudah. Misalnya seperti berbagai hewan ternak dapat diperbaharui dengan cara reproduksi di peternakan. Berbagai jenis tumbuhan pun memiliki sifat yang sama. Tumbuhan budidaya seperti padi, brokoli, jagung, tomat, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat di reproduksi dengan cara penanaman kembali untuk dapat tetap lestari. Oleh karena itulah, berbagai jenis sumber daya alam pada opsi dapat digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, kecuali kerbau karena sumber daya tersebut masuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Meskipun demikian, apabila manusia tidak bijak dalam menjaga lingkungan, berbagai macam sumber daya yang awalnya sangat mudah diperbarui bisa saja menjadi sangat sulit untuk di reproduksi. Sebut saja saat terjadi pencemaran air dan tanah sehingga produksi berbagai tanaman budidaya menjadi terganggu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Jelaskan pembaruan SDA dengan cara reproduksi!

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat diklasifikasikan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena mampu mengadakan pembentukan baru dalam waktu yang relatif cepat. Sumber daya alam ini tidak dapat habis dikarenakan dapat melakukan pembaruan dengan dua jalan, yaitu secara reproduksi atau dengan adanya siklus.

Pembaruan dengan reproduksi terjadi pada sumber daya alam hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah. Namun apabila pengelolaannya tidak tepat, sumber daya alam hayati dapat punah. Apabila spesies hewan dan tumbuhan punah, maka alam tidak dapat memperbarui atau membentuk kembali. Aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab dapat menyebabkan sumber daya alam hayati menurun kualitas dan keanekaragamannya, misalnya, karena pengaruh pencemaran. Sebaliknya, dengan penerapan prinsip-prinsip genetika, misalnya hibridisasi dan rekayasa genetika, sumber daya alam ini dapat ditingkatkan kualitas dan keanekaragamannya.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan peta topografi berikut!   Jenis sumber daya alam biotik yang terdapat di wilayah pada gambar adalah...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan peta kontur pada soal, maka diketahui wilayah yang dimaksud berada pada wilayah ketinggian 50 – 200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kondisi kemiringan lereng pada wilayah ini cukup landai dan tidak curam, hal ini dilihat dari jarak antar garis kontur yang tidak rapat. Wilayah ini termasuk pada wilayah dataran rendah. Jenis sumber daya alam biotik yang bisa ditemukan pada wilayah ini adalah padi, jagung, beberapa jenis ketela, hewan unggas, dan domba. Sementara, tanaman stroberi, apel, dan teh biasanya tumbuh di pegunungan atau dataran tinggi. Peternakan sapi juga biasanya ditemukan pada daerah dengan ketinggian kurang lebih 500 – 800 mdpl. Berdasarkan jawaban tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah ....

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam terbarukan merupakan sumber daya alam yang berasal dari proses alam berkelanjutan dan tidak akan habis. Contoh: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved