Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!


    “Kaupunya anak, punya istri. Dari itu kau punya pegangan hidup, punya pegangan apa saja yang kau mau! Sebagai suami, sebagai ayah, sebagai laki-laki, sebagai manusia juga, seperti yang kita omongkan dulu, kau dapat mencapai sesuatu yang kau inginkan. Alangkah indahnya hidup ini, kalau kita dapat berbuat apa yang kita inginkan. Tapi, kini kau tentu saja tak dapat berbuat apa yang kauinginkan. Masamudamu habis sudah di telan keuntungan ini.”
    Dan tangan itu di turunkan lagi. Dia memandang lebih jauh melampaui balik gunung dari mana angin bertiup. Kala itu aku ingin mengatakan sesuatu kepadanya. Sebuah uapan yang indah dan memberi semangat seperti dulu sering ku ucapkan untuk anak buahku di front Barat. Tapi, bagaimana aku dapat mengatakan kalau semangat itu sendiri telah ku lempar jauh-jauh pada suatu ketika.

Robohnya surau kami, karya A.A Napis space

Sudut pandangyang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah ....

Sudut pandangyang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah .... 

  1. orarang pertama pelaku utama

  2. orang pertama bukan pelaku utama space 

  3. orang ketiga pelaku utama space​​​​​​​ 

  4. orang ketiga bukan pelaku utama space​​​​​​​

  5. orang ketiga serba tahu space​​​​​​​ 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Iklan

Pembahasan

Sudut pandang merupakan cara penulis memandang/menempatkan dirinya dalam sebuah cerita. Sudut pandang dapat dibedakan menjadi: Sudut pandang orang pertama, biasanya menggunakan kata ganti “aku” atau “saya” atau juga “kami” (jamak). Pembaca seakan-akan menjadi salah satu tokoh dalam cerita yang sedang dibuat. Sudut pandang orang pertama dibedakan menjadi: Sudut pandang orang pertama (pelaku utama) , si penulis seolah-olah ‘masuk’ dalam cerita tersebut sebagai tokoh utama/tokoh sentral dalam cerita (first person central). Sudut pandang orang pertama (pelaku sampingan ), kehadiran tokoh “aku” dalam cerita sebagi tokoh sampingan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang cerita kepada pembaca. Sudut pandang orang ketiga,biasanyamenggunakan kata ganti “dia” “ia” atau nama tokoh dan juga mereka (jamak). Kata ganti ini digunakan untuk menceritakan tokoh utama dalam sebuah cerita. Sudut pandang orang ketiga dapat dibedakan menjadi: Sudut pandang orang ketiga (serba tahu) Sudut pandang orang ketiga (pengamat) Sudut pandangyang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah sudut pandang orang pertama (pelaku utama). Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Sudut pandang merupakan cara penulis memandang/menempatkan dirinya dalam sebuah cerita. Sudut pandang dapat dibedakan menjadi:

Sudut pandang orang pertama,  biasanya menggunakan kata ganti “aku” atau “saya” atau juga “kami” (jamak). Pembaca seakan-akan menjadi salah satu tokoh dalam cerita yang sedang dibuat. Sudut pandang orang pertama dibedakan menjadi:

  • Sudut pandang orang pertama (pelaku utama), si penulis seolah-olah ‘masuk’ dalam cerita tersebut sebagai tokoh utama/tokoh sentral dalam cerita (first person central).
  • Sudut pandang orang pertama (pelaku sampingan),  kehadiran tokoh “aku” dalam cerita sebagi tokoh sampingan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang cerita kepada pembaca.

Sudut pandang orang ketiga,biasanya menggunakan kata ganti “dia” “ia” atau nama tokoh dan juga mereka (jamak). Kata ganti ini digunakan untuk menceritakan tokoh utama dalam sebuah cerita. Sudut pandang orang ketiga dapat dibedakan menjadi:

  • Sudut pandang orang ketiga (serba tahu)
  • Sudut pandang orang ketiga (pengamat)

Sudut pandangyang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut adalah sudut pandang orang pertama (pelaku utama).

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Mark Ruffalo

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut! Aku mengenal Laura pada hari Senin yang lalu. Waktu itu aku menemani seorang teman menemui adiknya di kelas satu, dan sang adik tengah berbincang dengan Laura ketik...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia