Roboguru
SD

Sudut pandang yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan cerpen berikut!


Hari ini masih sama dengan hari sebelumnya. Dengan lagit yang masih biru bersih, matahari dan kecerahannya, dan juga ia pun masih terbit dari sebelah timur. Ya tentu hal itu masih sama. Dan akan tetap seperti itu setiap harinya. Tetapi rasanya sejak ia menghilang, bagiku sang mentari pun tak seindah sebelumnya. Tak sehangat sebelumnya. Dan hatiku pun suram muram dari rasanya mendung sejak dia tak ada. Dia yang memberikan matahari di hidupku sekarang tak ada lagi. Mungkin dia ada, tapi di tempat lain. Dia sudah menghilang dari hidupku. Dia yang telah memberikan senyuman sehangat matahari dan telah menghiasi hari di setiap harinya. Dan juga telah membangkitkan semangat diri. Senyumannya pun bagaikan embun yang menyejukkan, dapat menyejukkan hatiku. Tatapannya pun lembut dan dapat membuatku terpaku. Ya, dulu. Itu sudah lama. Lama sekali. Dan sekarang dia sudah menghilang.
Aku begitu kehilangan dirinya. Aku merindukan sosoknya. Rasa sakit yang menyelimuti hati ini selalu muncul saat aku merindukannya. Aku pun merindukannya setiap saat. Apakah dia akan kembali? Entahlah. Tetapi itu selalu menjadi harapanku. Hanya secercah harapan. Mungkin peluang bagiku untuk menemukannya kembali sedikit sekali. Tapi aku tak berhenti berharap. Karena hatiku masih untuknya. Untuk dirinya. Walaupun aku tak pemah memilikinya, bagiku melihatnya setiap hari saja sudah cukup. Kehadirannya saja sudah membuatku bahagia. Hhhh dia yang memberikan senyuman sehangat matahari itu, aku selalu berharap bisa melihatnya lagi. Andai saja waktu bisa kuputar, aku pasti memutarnya ke masa lalu. Aku rindu sekali saat-saat dia masih ada di hidupku, dan sebelum dia menghilang. Jika ku tarik ke belakang.
"Hei berhenti!" teriaknya.
Aku pun tetap berjalan. karena ku pikir ucapannya tidak ditujukan kepadaku. Lagi pula aku sedang terburu-buru menuju kelas.
"Hei berhenti! Alindia Kartika!"
Sontak aku kaget dan seketika itu pula aku pun menghentikan langkahku. Tak kusangka dia memanggilku, dan dia pun menghampiriku.
"lni bukumu terjatuh." Ujar seseorang.
"Oh. makasih ya. Bagaimana bisa kau tau namaku?" tanyaku heran.
"Lah kan udah ketulis di bukunya. Oh iya namaku Andrian Dwiharja dari kelas 7f" katanya sambil memperkenalkan diri.
"Ah ga nanya. Duluan ya, mau ke kelas nih"
Aku pun terburu-buru menuju kelas meninggalkannya yang berdiri mematung disana. Mungkin dia tak menyangka aku berkata seperti itu. Mungkin kesannya aku jutek atau bagaimana lah. Ah aku tak peduli. undefined 

Sudut pandang yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....undefined 

  1. orang pertama pelaku utama undefined 

  2. orang pertama pelaku sampinganundefined 

  3. orang ketiga pengamat undefined 

  4. orang ketiga serbatahuundefined 

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A. space 

Pembahasan

Sudut pandang adalah cara bercerita atau cara pandang visi seorang pengarang pada suatu peristiwa dalam cerpen.

Sudut pandang dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Sudut pandang orang pertama adalah pengarang terlibat langsung atau orang pertama dalam cerita yang ditandai dengan penggunaan kata ganti orang aku, saya, dan sebagainya.
  2. Sudut pandang orang ketiga adalah pengarang tidak terlibat langsung dalam cerita yang ditandai dengan penggunaan kata ganti orang seperti dia, mereka, dan sebagainya atau menggunakan nama tokoh. Sudut pandang orang ketiga terbagi atas orang ketiga terarah dan orang ketiga serba tahu.

Sudut pandang pada kutipan teks di atas adalah orang pertama pelaku utama. Kutipan teks itu menggunakan kata ganti aku dan memusatkan cerita juga konflik pada tokoh "aku". Hal ini dibuktikan dengan kalimat Dan hatiku pun suram muram dari rasanya mendung sejak dia tak ada. Dia yang memberikan matahari di hidupku sekarang tak ada lagi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Aspace 

20rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pada cerita tersebut pengarang menggunakan sudut pandang ....

140

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia