Roboguru

Sudah 5 bulan ini Memey bekerja di tempat fotokopi milik Babah Liong. Setiap pulang sekolah ia tidak pulang ke rumah, ia langsung ke tempat fotokopi Babah Liong yang letaknya di pinggiran jalan perempatan Shinta Karawaci tidak jauh dari sekolahnya. Ia bisa kerja di sana karena istri Babah Liong menaruh kasihan padanya. Pada sembahyang Cap Go Me Memey bertemu dengan istri Babah Liong saat itu ia sedang menangis tersedu-sedu di depan patung Budha. Ia sedih terkenang akan ayahnya. Biasanya 15 hari setelah tahun baru Imlek tepatnya pada perayaan Cap Go Me ia dan adik-adiknya diajak ayahnya ke pinggir Sungai Cisadane dekat Plaza Robinson untuk melihat perahu naga dan tarian Barongsai yang sangat panjang. Kini semua itu tinggal kenangan. Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah...

Pertanyaan

Sudah 5 bulan ini Memey bekerja di tempat fotokopi milik Babah Liong. Setiap pulang sekolah ia tidak pulang ke rumah, ia langsung ke tempat fotokopi Babah Liong yang letaknya di pinggiran jalan perempatan Shinta Karawaci tidak jauh dari sekolahnya. Ia bisa kerja di sana karena istri Babah Liong menaruh kasihan padanya. Pada sembahyang Cap Go Me Memey bertemu dengan istri Babah Liong saat itu ia sedang menangis tersedu-sedu di depan patung Budha. Ia sedih terkenang akan ayahnya. Biasanya 15 hari setelah tahun baru Imlek tepatnya pada perayaan Cap Go Me ia dan adik-adiknya diajak ayahnya ke pinggir Sungai Cisadane dekat Plaza Robinson untuk melihat perahu naga dan tarian Barongsai yang sangat panjang. Kini semua itu tinggal kenangan.

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah...

  1. Tokoh Memey adalah tokoh yang biasa hidup prihatin di usianya yang masih beliah ia harus bekerja mencari nafkah

  2. Beruntung Memey bertemu sosok istri Babah Liong yang menaruh kasihan lantas memberikan pekerjaan ringan sekedar untuk membantu keluarga.

  3. Cerita ini tidak masuk akal karena tidak ada seorang pun warga keturuanan Tionghoa yang hidup memprihatinkan.

  4. Cerita ini mengangkat realita kehidupan bahwa warga keturunan Tionghoa juga ada yang hidup sangat memprihatinkan. Banyak pesan yang dipetik yaitu nilai sosial, moral, agama, dan pendidikan.

  5. Mengangkat tema sosial, cerita ini sangat menghibur untuk dijadikan bahan bacaan anak-anak hingga dewasa.

Pembahasan:

Kalimat esai yang paling tepat untuk diungkapkan berkaitan dengan esai tersebut adalah (D) Cerita ini mengangkat realita kehidupan bahwa warga keturunan Tionghoa juga ada yang hidup sangat memprihatinkan, Banyak pesan yang dipetik, yakni nilai sosial, moral, agama, dan pendidikan. Di dalam cerita, penulis menggambarkan kehidupan seorang gadis bernama Memey, yang terpaksa bekerja sambilan sepulangnya dari sekolah sebagai petugas fotokopi di tempat fotokopian Babah Liong karena ia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kehidupan para keturunan Tionghoa yang mayoritas mapan (memiliki penghasilan di atas rata-rata), dan hidup berkecukupan tanpa kekurangan suatu apa pun.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Wajahnya keras-keras seperti tengkorak, kulitnya liat seperti belulang, pipinya selalu menonjol oleh unsur tembakau yang  ada dalam mulutnya, jalannya tegak seperti seorang maharani yang angkuh. Di Re...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved