Roboguru

Suatu pagi, seorang manajer klub sepak bola Solo United sedang bertamu di rumah salah seorang striker andal, Bryan. Manajer mengutarakan maksud dan tujuan bertamu. la menjelaskan bahwa ia sedang mencari seorang striker andal yang memiliki kecepatan dan kelincahan. la memutuskan memilih Bryan agar bergabung dengan klub sepak bolanya. la berjanji berani membayar dengan harga tinggi jika Bryan bergabung dengan klubnya.     Bryan pun bertanya mengenai gaji yang akan diterimanya jika bergabung dengan klub Solo United. Manajer memberikan pengajuan gaji Rp10 juta per bulan. Bryan menolak dengan alasan gaji yang ditawarkan tidak sebanding dengan kebutuhan sehari-harinya, seperti sepatu bola dan peralatan lainnya. Manajer menjelaskan bahwa gaji yang ia terima adalah gaji bersih. Semua fasilitas untuk bermain bola akan ditanggung oleh klub. Bryan masih menolak. la mengatakan bahwa masih ada klub sepak bola lain yang berani membayarnya lebih tinggi daripada yang ditawarkan.     Manajer kemudian memberikan penawaran gaji menjadi Rp12 juta per bulan. Akan tetapi, Bryan masih tetap menolak penawaran yang diajukan. Bryan beralasan bahwa gaji yang akan ia terima tidak sesuai dengan skill yang ia miliki. la mematok harga Rp18 juta per bulan. la akan senang hati menerimanya dan berjanji akan bermain sungguh-sungguh.     Setelah berpikir dengan matang, Manajer menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Akhirnya, Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United. Manajer meminta Bryan datang ke stadion untuk melakukan medical check up pada keesokan harinya. Setelah melakukan medical check up, Bryan diperbolehkan untuk berlatih dengan klub Solo United. Manager dan Bryan berpamitan dan saling mengucapkan terima kasih.  Disadur dari: https:llmysaffron.wordpress.comi20/15/04/28/mengkonversiteks-negosiasi-menjadi-narasimonolog-sepak-bola/, diunduh 1 Juni 2016 Pernyataan yang berisi penawaran terdapat pada paragraf...

Pertanyaan

    Suatu pagi, seorang manajer klub sepak bola Solo United sedang bertamu di rumah salah seorang striker andal, Bryan. Manajer mengutarakan maksud dan tujuan bertamu. la menjelaskan bahwa ia sedang mencari seorang striker andal yang memiliki kecepatan dan kelincahan. la memutuskan memilih Bryan agar bergabung dengan klub sepak bolanya. la berjanji berani membayar dengan harga tinggi jika Bryan bergabung dengan klubnya.

    Bryan pun bertanya mengenai gaji yang akan diterimanya jika bergabung dengan klub Solo United. Manajer memberikan pengajuan gaji Rp10 juta per bulan. Bryan menolak dengan alasan gaji yang ditawarkan tidak sebanding dengan kebutuhan sehari-harinya, seperti sepatu bola dan peralatan lainnya. Manajer menjelaskan bahwa gaji yang ia terima adalah gaji bersih. Semua fasilitas untuk bermain bola akan ditanggung oleh klub. Bryan masih menolak. la mengatakan bahwa masih ada klub sepak bola lain yang berani membayarnya lebih tinggi daripada yang ditawarkan.

    Manajer kemudian memberikan penawaran gaji menjadi Rp12 juta per bulan. Akan tetapi, Bryan masih tetap menolak penawaran yang diajukan. Bryan beralasan bahwa gaji yang akan ia terima tidak sesuai dengan skill yang ia miliki. la mematok harga Rp18 juta per bulan. la akan senang hati menerimanya dan berjanji akan bermain sungguh-sungguh.

    Setelah berpikir dengan matang, Manajer menetapkan harga Rp20 juta per bulan. Manajer menetapkan syarat bahwa klub tidak memberikan fasilitas berupa perlengkapan selama bermain bola. Akhirnya, Bryan menerima tawaran manajer untuk menjadi striker di Solo United. Manajer meminta Bryan datang ke stadion untuk melakukan medical check up pada keesokan harinya. Setelah melakukan medical check up, Bryan diperbolehkan untuk berlatih dengan klub Solo United. Manager dan Bryan berpamitan dan saling mengucapkan terima kasih. 

Disadur dari: https:llmysaffron.wordpress.comi20/15/04/28/mengkonversiteks-negosiasi-menjadi-narasimonolog-sepak-bola/, diunduh 1 Juni 2016


Pernyataan yang berisi penawaran terdapat pada paragraf...undefined 

  1. pertamaundefined 

  2. keduaundefined 

  3. ketigaundefined 

  4. keempatundefined 

  5. kelimaundefined 

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang berisi penawaran terdapat pada paragraf pertama sedangkan paragraf selanjutnya berisi negosiasi, sedangkan paragraf terakhir berisi kesepakatan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Salim

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam bernegosiasi, memengaruhi pihak lain dilakukan menggunakan kalimat….

0

Roboguru

"Ini sudah murah, ma'am. Di tempat lain lebih mahal. " Kalimat tersebut adalah kalimat ....

0

Roboguru

"Ini sedang promo Mbak. Rp 800.000 saja. Kalau sedang tidak promo kami jual satu juta Mbak. Ini sudah penawaran yang terbaik dari Kami. Promonya hanya hari ini saja lho, Mbak." Kalimat tersebut meru...

0

Roboguru

Kalimat di atas dalam negosiasi disebut kalimat ....

0

Roboguru

Berikut adalah ciri kebahasaan teks negosiasi ….

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved