Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu gas ideal mengalami beberapa perubahan seperti ditunjukkan pada gambar. Perhatikan data berikut. (1) Tidak ada usaha yang dilakukan oleh gas dalam satu siklus lengkap. (2) Usaha yang dilakukan gas selama perubahan AB adalah sama dengan yang dilakukan gasselama perubahan CD. (3) Gas memiliki suhu sama pada B dan C. Pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada grafik ditunjukkan oleh nomor...

Suatu gas ideal mengalami beberapa perubahan seperti ditunjukkan pada gambar.

Perhatikan data berikut.

(1) Tidak ada usaha yang dilakukan oleh gas dalam satu siklus lengkap.

(2) Usaha yang dilakukan gas selama perubahan AB adalah sama dengan yang dilakukan gas selama perubahan CD.

(3) Gas memiliki suhu sama pada B dan C.

Pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada grafik ditunjukkan oleh nomor...

  1. (1) saja

  2. (3) saja

  3. (1) dan (2) saja

  4. (2) dan (3) saja

  5. (1), (2), dan (3)

Iklan

U. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hanya pernyataan (3) yang benar.

hanya pernyataan (3) yang benar.

Iklan

Pembahasan

Untuk dapat menjawab soal ini, kalian harus sudah paham konsep bagaimana menghitung besarnya usaha pada grafik yang menyatakan hubungan tekanan dan volume. Nah, besarnya usaha pada grafik dapat dicari dengan menghitung luas daerah bidang datar di bawah grafik. Apabila bentuk bangun datar ada beberapa, gunakan operasi penjumlahan. Namun, perlu diingat bahwa sistem dapat melakukan atau menerima usaha. Dalam termodinamika, tanda yang digunakan sistem saat melakukan usaha adalah (+) sedangkan saat sistem menerima usaha adalah (-). Perhatikan grafik pada soal berikut ini. Pernyataan (1) salah. Besarnya usaha total pada suatu siklus yang dinyatakan dalam grafik tekanan dan volume adalah sama dengan luas bidang datar yang dibentuk. Usaha sama dengan nol hanya terjadi apabila gas mengalami proses isokhorik (volume tetap). Pernyataan (2) salah. = = (2 x )(2 - 1) = 2 x J = = (1 x )(1 - 4) = -3 x J Pernyataan (3) benar. Proses B-C adalah proses atau keadaan gas saat isotermik (suhu tetap). Ingat, apabila suhu konstan atau tidak berubah maka perubahan energi dalam sama dengan nol. Jadi : = 0 = Jadi, hanya pernyataan (3) yang benar.

Untuk dapat menjawab soal ini, kalian harus sudah paham konsep bagaimana menghitung besarnya usaha pada grafik yang menyatakan hubungan tekanan dan volume. Nah, besarnya usaha pada grafik dapat dicari dengan menghitung luas daerah bidang datar di bawah grafik. Apabila bentuk bangun datar ada beberapa, gunakan operasi penjumlahan. Namun, perlu diingat bahwa sistem dapat melakukan atau menerima usaha. Dalam termodinamika, tanda yang digunakan sistem saat melakukan usaha adalah (+) sedangkan saat sistem menerima usaha adalah (-).

Perhatikan grafik pada soal berikut ini.

Pernyataan (1) salah. Besarnya usaha total pada suatu siklus yang dinyatakan dalam grafik tekanan dan volume adalah sama dengan luas bidang datar yang dibentuk. Usaha sama dengan nol hanya terjadi apabila gas mengalami proses isokhorik (volume tetap).

Pernyataan (2) salah.

W subscript AB = P subscript AB increment V subscript AB = (2 x 10 to the power of 5)(2 - 1) = 2 x 10 to the power of 5 J

W subscript CD = P subscript CD increment V subscript CD = (1 x 10 to the power of 5)(1 - 4) = -3 x 10 to the power of 5 J

Pernyataan (3) benar. Proses B-C adalah proses atau keadaan gas saat isotermik (suhu tetap). Ingat, apabila suhu konstan atau tidak berubah maka perubahan energi dalam sama dengan nol. Jadi :

increment T subscript BC = 0

T subscript B = T subscript C

Jadi, hanya pernyataan (3) yang benar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gas oksigen ( Mr = 32) massanya 0,5 kg menempati volume 8.000 cm 3 pada temperatur 27°C. Tentukan usaha yang diperlukan untuk mengurangi volume menjadi 4.000 cm 3 , jika proses berlangsung isotermik!

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia