Roboguru

Suatu daerah memiliki luas 179 ha dengan jumlah penduduk sebanyak 100.000 jiwa. Koefisien luas kebutuhan ruang per kapita sebesar 140 m2/  kapita. Di wilayah tersebut terdapat kawasan hutan untuk penyangga kehidupan seluas 74 ha dan kawasan berpotensi tinggi mengalami longsor seluar 45 ha. Tingkat daya dukung wilayah tersebut untuk permukiman sebesar ....

Pertanyaan

Suatu daerah memiliki luas 179 ha dengan jumlah penduduk sebanyak 100.000 jiwa. Koefisien luas kebutuhan ruang per kapita sebesar 140 m2/  kapita. Di wilayah tersebut terdapat kawasan hutan untuk penyangga kehidupan seluas 74 ha dan kawasan berpotensi tinggi mengalami longsor seluar 45 ha. Tingkat daya dukung wilayah tersebut untuk permukiman sebesar ....space 

  1. Sangat tinggispace 

  2. Tinggispace 

  3. Optimalspace 

  4. Sedangspace 

  5. Rendahspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk mengukur daya dukung permukiman, digunakan rumus sebagai berikut.

DDPm equals fraction numerator LPm divided by JP over denominator straight alpha end fraction

Keterangan :

  • DDPm, adalah daya dukung permukiman
  • LPm, adalah luas lahan layak permukiman (m2)
  • JP, adalah jumlah penduduk (JP)
  • alpha, adalah koefisien luas kebutuhan ruang perkapita (m2/kapita)

Diketahui :

Luas daerah adalah 179 ha,

Lahan  hutan 74 ha

Lahan rawan longsor 45 ha

 

LPm= 179 – 74 – 45 = 60 ha = 600.000 m2

JP adalah 100.000 jiwa, alpha adalah 140 m2/ kapita

Ditanyakan : tingkat daya dukung wilayah permukiman

Jawab :

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row DDPm equals cell fraction numerator LPm divided by JP over denominator straight alpha end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator 600.000 divided by 100.000 over denominator 140 end fraction end cell row blank equals cell 6 over 140 end cell row blank equals cell 0 comma 04 end cell end tablespace 

Daya dukung lahan permukiman mengklasifikasi tingkat daya dukung sebagai berikut.

Jika nilai DDPm > 1, maka daya dukung lahan permukiman tinggi
Jika nilai DDPm = 1, maka daya dukung lahan permukiman seimbang
Jika nilai DDPm < 1, maka daya dukung lahan permukiman rendah

Oleh karena itu, daya dukung lahan permukiman pada soal tersebut sebesar 0 atau DDPm < 1, yang artinya daya dukung lahan permukiman rendah, sehingga tidak dapat menampung penduduk.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemerintah merencanakan pembangunan industri tekstil secara makro di Kota X dengan membangun banyak pabrik karena melihat potensi pasarnya yang besar. Sementara itu, Kabupaten Y diprioritaskan untuk m...

Pembahasan Soal:

Ilustrasi pada soal menunjukkan adanya perbedaan pola pembangunan yang ada di Kota X dan Kabupaten Y. Pembangunan di Kota X diarahkan ke sektor industri dengan melihat potensi pasar yang membutuhkan produk tersebut dan karakteristik kotanya. Sementara itu, pembangunan di Kabupaten Y diarahkan ke sektor pertanian untuk mengoptimalkan perannya sebagai penyuplai bahan makanan bagi wilayah lain. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan wilayah tidak menuntut adanya keseragaman dalam pola dan struktur ekonomi wilayah, tidak mengharuskan adanya pencapaian tingkat industrialisasi dan pemenuhan kebutuhan dasar yang seragam, serta tidak mengharuskan adanya kesamaan tingkat pembangunan. Pembangunan wilayah difokuskan untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan penduduk tiap daerah yang beragam sesuai dengan potensi dan karakteristik wilayahnya. Jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Arah pembangunan wilayah seperti gambar ke arah kawasan industri dengan alasan ....

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangannya Kawasan Industri merupakan daerah yang selalu berkembang, dan tergolong daerah yang ramai dan menjadi pusat kegiatan. Hal ini berdampak pada kemajuan arah perkembangan kotanya. Semakin banyak kegiatan yang ada diwilayah tersebut semakin terarah perkembangannya.

Roboguru

Arah pembangunan wilayah seperti gambar ke arah kawasan industri dengan alasan ...

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangannya kawasan industri merupakan daerah yang selalu berkembang dan tergolong daerah yang ramai dan menjadi pusat kegiatan. Hal ini berdampak pada kemajuan arah perkembangan kotanya. Semakin banyak kegiatan yang ada di wilayah tersebut semakin terarah perkembangannya.

Roboguru

Mengapa pembangunan wilayah sangat penting untuk dilakukan ?

Pembahasan Soal:

Pembangunan wilayah merupakan aplikasi dari rencana tata ruang wilayah yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan wilayah dan pemerataan kegiatan - kegiatan wilayah sehingga tidak terjadi pemusatan yang berakibat pada kesenjangan dan pemanfaatan ruang yang optimal. Pembangunan wilayah penting untuk dilakukan karena merupakan upaya untuk keserasian dan keseimbangan pembangunan antardaerah dengan potensi alamnya dan memanfaatkan potensi tersebut secara efisien, tertib dan aman. 

Roboguru

Arah pengembangan pembangunan pemukiman yang ideal sesuai pola keruangan seperti gambar adalah ke arah .....

Pembahasan Soal:

Untuk mengerjakan soal seperti ini perlu menggunakan logika faktual. Dalam mengembangkan suatu wilayah tentu terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan.  Para pengembang tentu akan mengedepankan faktor harga tanah sebagai bahan pertimbangan utama. Namun ada beberapa hal yang juga harus dipertimbangkan seperti jangan membangun di daerah pegunungan karena merupakan daerah resapan air, cari daerah yang datar sehingga mudah untuk dibangun kontruksi. Berdasarkan keterangan gambar pada soal, arah perkembangan pemukiman tepat ke arah rawa karena harga tanah yang masih murah serta kondisi wilayah yang relatif datar. Biasanya para pengembang akan membangun beberapa perumahan untuk dijadikan lahan usaha mereka.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved