Roboguru

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ....space 

  1. haruspace 

  2. banggaspace 

  3. sedihspace 

  4. berdukaspace 

Pembahasan Soal:

Puisi dibangun oleh dua unsur, yaitu unsur fisik dan unsur batin.

Unsur batin puisi merupakan unsur yang berkaitan dengan batin dalam pembacaan puisi. Secara umum ada 4 unsur batin puisi yakni tema, rasa, nada, dan amanat.

  1. Tema. Tema adalah unsur utama pada puisi karena tema berkaitan erat dengan makna yang dihasilkan dari suatu puisi. Pada puisi, sebuah tema menjadi landasan dan garis besar dari isi puisi tersebut.
  2. Rasa. Rasa atau feeling pada puisi merupakan sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial, pengalaman, dan psikologi penyair.
  3. Nada dan suasana. Yang dimaksud nada atau suasana pada puisi adalah sikap penyair terhadap pembacanya. Nada berhubungan dengan tema dan rasa yang ditujukan penyair pada pembaca, bisa dengan nada menggurui, mendikte, nada sombong, nada tinggi atau seolah ingin bekerja sama dengan pembaca.
  4. Amanat. Pada puisi, amanat atau tujuan merupakan pesan yang terkandung di dalam sebuah puisi. Amanat dapat ditemukan dengan memaknai puisi tersebut secara langsung atau tidak langsung.

Berdasarkan penjelasan di atas, suasana puisi berhubungan dengan sikap penyair terhadap pembaca setelah membaca puisi. Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut. Sesuai dengan larik-larik dalam puisi tersebut, suasana puisi itu adalah berduka, hal ini tergambar dalam tiap larik, terutama pada larik Bila arakan ini bergerak perlahan Menuju pemakaman, Telah tersungkur ke bumi Ketika melawan tirani. Kata pemakaman dan tersungkur ke bumi menggambar suasana duka.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nada yang terdapat dalam puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Penyair mempunyai sikap tertentu terhadap pembaca. Sikap penyair terhadap pembaca tersebut diungkapkan dalam nada, sehingga tercipta suasana puisi. Ada puisi yang bernada sinis, protes, menggurui, takut, mengejek, mengimbau, dan memuji. 

Nada dalam puisi di atas adalah protes. Seorang anak yang protes kepada ayahnya karena ayahnya sibuk bekerja, sehingga mereka jarang bertemu. Hal ini terlihat dari larik Waktu ayah pulang kerja, Aku sudah tidur, Waktu hari libur, Malah kerja lembur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space  

Roboguru

Cintaku Jauh di Pulau Karya: Chairii Anwar Amboi! Jalan sudah bertahun kutempuh! Perahu yang bersama 'kan merapuh! Mengapa ajal memanggil dulu Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku Suasana dalam pu...

Pembahasan Soal:

Suasana puisi ialah suasana yang menyertai kejadian, peristiwa, atau hal-hal yang diungkapkan dalam puisi. Suasana biasanya menggambarkan rasa gembira, bahagia, sedih, haru, kecewa, gelisah, berontak, tenang, pasrah, bingung, sepi, atau bimbang. Suasana yang tergambar dalam puisi di adalah sedih. 

Hal ini dapat terlihat pada larik 

Perahu yang bersama 'kan merapuh!
Mengapa ajal memanggil dulu

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Perasaan penyair dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan hasil karya sastra yang disusun dengan menggunakan kata-kata sederhana yang imajinatif sesuai dengan struktur fisik dan batin.  Salah satu struktur batin puisi adalah perasaan penyair. Perasaan penyair dapat diungkapkan melatui puisi. Perasaan penyair akan muncul saat menghadapi sesuatu. Perasaan penyair dalam kutipan puisi tersebut adalah iba karena Sungai Ciliwung harus berkorban untuk kehidupan kota yang cemerlang, kota yang diidamkan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Roboguru

Suasana yang digambarkan dalam kutipan puisi terse but adalah ....

Pembahasan Soal:

    Puisi adalah genre karya sastra yang secara tipografi tersusun atas bait-bait dengan kata-kata singkat, penuh simbolis, dan sarat makna.

    Pada puisi Doa karya Chairil Anwar diceritakan bahwa penyair tengah mengalami krisis iman, sehingga diksi yang digunakan oleh penyair adalah diksi yang menggambarkan perasaan yang ragu, bimbang, dan lemah. Pada puisi tersebut terdapat beberapa diksi seperti “Penuh seluruh” memang dua kata tersebut mempunyai makna yang sama namun penulis menuliskannya sedemikian rupa untuk menyatakan bahwa Tuhan ada dan berada dimana-mana.

    Suasana dalam puisi tersebut adalah menyedihkan. Hal ini dibuktikan dalam kutpan “dalam termangu aku masih menyebut nama-Mu” hal ini menunjukkan bahwa penulis termenung memikirkan perbuatan salahnya dan benar benar menyesal atas apa yang ia telah perbuat. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Puisi di atas berisi tentang ....

Pembahasan Soal:

Kata-kata, frasa, dan kalimat dalam puisi biasanya mengandung makna tambahan atau makna konotatif. Bahasa figuratif yang digunakan menyebabkan makna dalam baris-baris puisi itu tersembunyi dan harus di tafsirkan. Proses mencari makna dalam puisi merupakan proses pergulatan penyair dan pendengar terus menerus.

Puisi di atas berisi tentang orang yang termenung mengamati lautan seumpama kehidupannya sehari-hari. Yang menjadi larik kunci adalah larik Beginilah rupanya permainan masa. Pada larik tersebut si tokoh Aku menyamakan ombak bergulung tersebut sebagai permainan waktu dalam kehidupannya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D. space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved