Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suasana di pinggir hutan itu terasa hirukpikuk. ... mereka melepas lelah setelah menyiangi sepetak ladang hutan sekunder, di lahan berawa-rawa. Mereka membentuk dua barisan. Barisan pertama terdiri atas lelaki dengan beralatkan tongkat kayu berujung runcing. Barisan kedua terdiri atas perempuan berselempang bakul. Para lelaki kemudian menghujamkan tongkat ke tanah untuk membuat lubang tanam. Para perempuan melanjutkan dengan memasukkan benih dari bakul ke lubang tanam. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

       Suasana di pinggir hutan itu terasa hirukpikuk. ... mereka melepas lelah setelah menyiangi sepetak ladang hutan sekunder, di lahan berawa-rawa. Mereka membentuk dua barisan. Barisan pertama terdiri atas lelaki dengan beralatkan tongkat kayu berujung runcing. Barisan kedua terdiri atas perempuan berselempang bakul. Para lelaki kemudian menghujamkan tongkat ke tanah untuk membuat lubang tanam. Para perempuan melanjutkan dengan memasukkan benih dari bakul ke lubang tanam.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

  1. Para petani beristirahat setelah selesai bercocok tanam

  2. Penjaga hutan bersantai setelah selesai berkeliling hutan

  3. Para lelaki dan perempuan bercengkrama sambil mencicipi kudapan

  4. Para lelaki berdiskusi tentang hutan beserta pohon yang ada di dalamnya

     

  5. Para perempuan sedang menyiapkan makan untuk para lelaki yang telah selesai berladang

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C. 

Iklan

Pembahasan

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpah pada teks tersebut yaitu "Para lelaki dan perempuan bercengkramasambil mencicipi kudapan." Terdapat kalimat selanjutnya yang menjelaskan tentang para lelaki dan perumpuan yaitu " Mereka membentuk dua barisan. Barisan pertama terdiri atas lelaki dengan beralatkan tongkat kayu berujung runcing. Barisan kedua terdiri atas perempuan berselempang bakul. Para lelaki kemudian menghujamkan tongkat ke tanah untuk membuat lubang tanam." Kata mereka dalam teks tersebut sudah mencakup para lelaki dan perempuan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Kalimat yang tepat untuk mengisi rumpah pada teks tersebut yaitu "Para lelaki dan perempuan bercengkrama sambil mencicipi kudapan." Terdapat kalimat selanjutnya yang menjelaskan tentang para lelaki dan perumpuan yaitu "Mereka membentuk dua barisan. Barisan pertama terdiri atas lelaki dengan beralatkan tongkat kayu berujung runcing. Barisan kedua terdiri atas perempuan berselempang bakul. Para lelaki kemudian menghujamkan tongkat ke tanah untuk membuat lubang tanam."  Kata mereka dalam teks tersebut sudah mencakup para lelaki dan perempuan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah contoh paragraf deskripsi objektif!

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia