Pertanyaan

Bacalah soal berikut dengan saksama!


Dalam sungai terdapat buaya

Di tepi durian runtuh

Anak shaleh bikin bahagia

Jika kepada orang tua selalu patuhspace 

Struktur penyajian pantun tersebut adalah ......

Struktur penyajian pantun tersebut adalah ......space 

  1. Satu bait terdiri 2 sampai 4 baris space 

  2. Makna baris 1 dan 2 dengan baris 3 dan 4 tidak berhubunganspace 

  3. Menggunakan kalimat perintahspace 

  4. Menggunakan pola hubungan sebab akibatspace 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Struktur pantun adalah sebagai berikut. Bait, yaitu banyaknya baris dalam sebuah pantun. Satu bait pantun terdiri dari 4 baris. Baris/larik yaitu kumpulan beberapa kata yang memiliki arti dan bisa membentuk sampiran atau isi dalam sebuah pantun. Kata, yaitu gabungan dari suku kata yang memiliki arti, meski begitu, ada kata-kata tertentu yang hanya terdiri dari satu suku kata seperti yang, byur, dan, ke. Sedangkan kata yang terdiri dari dua suku kata atau lebih contohnya suka, rumah, pohon, awan, dll. Suku Kata, yaitu penggalan-penggalan bunyi dari kata dalam satu ketukan atau satu hembusan nafas. Misalnya kata rumah akan diucapkan ru dan mah , kata berenang akan diucapkan be-re-nang jika kedua kata itu diucapkan dengan cara sepenggal-sepenggal. Rima, yaitu pola akhiran bunyi pada kata terakhir pantun. Sampiran, yaitu bagian pantun yang terletak pada baris 1-2 yang merupakan awal dari sebuah pantun atau sampiran merupakan unsur/sketsa/pembayang suasana yang mengantarkan menuju isi atau maksud pantun tersebut. Isi, yaitu bagian pantun yang terletak pada baris 3-4 yang merupakan isi kandungan/pokok atau tujuan dari pantun tersebut. Struktur penyajian pantun di atas adalah makna baris 1 dan 2 dengan baris 3 dan 4 tidak berhubungan karena baris 1 dan dua hanya merupakan sampiran yang maknanya buka berupa pesan atau tujuan pantun, sedangkan baris 3 dan 4 maknanya merupakan isi atau pesan pantun tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Struktur pantun adalah sebagai berikut.

  1. Bait, yaitu banyaknya baris dalam sebuah pantun. Satu bait pantun terdiri dari 4 baris.

  2. Baris/larik yaitu kumpulan beberapa kata yang memiliki arti dan bisa membentuk sampiran atau isi dalam sebuah pantun.

  3. Kata, yaitu gabungan dari suku kata yang memiliki arti, meski begitu, ada kata-kata tertentu yang hanya terdiri dari satu suku kata seperti yang, byur, dan, ke. Sedangkan kata yang terdiri dari dua suku kata atau lebih contohnya suka, rumah, pohon, awan, dll.

  4. Suku Kata, yaitu penggalan-penggalan bunyi dari kata dalam satu ketukan atau satu hembusan nafas. Misalnya kata rumah akan diucapkan ru dan mah , kata berenang akan diucapkan be-re-nang jika kedua kata itu diucapkan dengan cara sepenggal-sepenggal.

  5. Rima, yaitu pola akhiran bunyi pada kata terakhir pantun.

  6. Sampiran, yaitu bagian pantun yang terletak pada baris 1-2 yang merupakan awal dari sebuah pantun atau sampiran merupakan unsur/sketsa/pembayang suasana yang mengantarkan menuju isi atau maksud pantun tersebut.

  7. Isi, yaitu bagian pantun yang terletak pada baris 3-4 yang merupakan isi kandungan/pokok atau tujuan dari pantun tersebut.

Struktur penyajian pantun di atas adalah makna baris 1 dan 2 dengan baris 3 dan 4 tidak berhubungan karena baris 1 dan dua hanya merupakan sampiran yang maknanya buka berupa pesan atau tujuan pantun, sedangkan baris 3 dan 4 maknanya merupakan isi atau pesan pantun tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

196

Iklan

Pertanyaan serupa

Ciri-ciri pantun terdapat pada nomor ....

132

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia