Roboguru

Struktur deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi tersebut terdapat pada paragraf ....

Pertanyaan

Struktur deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi tersebut terdapat pada paragraf ....undefined

  1. pertamaundefined

  2. kedua dan ketigaundefined

  3. ketiga dan keempatundefined

  4. kedua dan keempatundefined

  5. keempatundefined

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakan penelitian atau pengamatan secara sistematis. Teks laporan hasil observasi ditulis dengan memerhatikan struktur. Struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Definisi bagian merupakan struktur teks yang menguraikan objek secara lebih detail. Deskripsi bagian yaitu bagian yang berisi gambaran tentang konsep yang dilaporkan secara rinci. Setiap objeknya dijelaskan dengan menggunakan kalimat deskripsi.

Berdasarkan teks di soal, hal yang perlu dicermati sebagai definisi bagian adalah:

Lidah buaya dapat tumbuh dengan tinggi bervariasi, mencapai 20 cm - 1 m, tergantung jenis yang ditanam. Jika penanamannya tepat dan memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan tingginya dapat mencapai tinggi 30 cm ke atas. Lidah buaya mempunyai akar serabut dengan batang yang sangat pendek atau bahkan tidak terlihat karena tertutup oleh daun. Daunnya berwarna hijau segar, tebal, berbintik putih pada permukaannya, serta memiliki duri lemas di bagian pinggirnya. Bentuk daunnya seperti pedang, ujungnya lancip, sedangkan bagian bawah permukaan daun lebih besar dan cembung. Tanaman ini tahan pada kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. Di dalam daunnya terdapat jeli bening dengan tekstur kenyal yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Jeli ini adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan dari bagian tubuh lidah buaya.

Kutipan tersebut merupakan paragraf kedua dari teks. Kutipan tersebut berisi pendeskripsian lidah buaya. Hal itu terkait dengan ciri tinggi, ciri daun, ciri akar, dan habitat lidah buaya.

Untuk perawatan lidah buaya, hal yang dapat dilakukan adalah meletakkannya di tempat yang mudah terkena hujan. Dengan demikian, lidah buaya mempunyai asupan air yang cukup sehingga tubuhnya tetap segar. Jika tanaman ini dibudidayakan pada musim kemarau, ada baiknya agar disiram setiap pagi dan sore. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekeringan pada daun akibat panas matahari berlebih dan untuk menjaga kesuburan daun. Meskipun tanaman lidah buaya dapat bertahan hidup di tempat kering, tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan asupan air bagi lidah buaya. Selain itu, nutrisi bagi lidah buaya juga harus diperhatikan. Setidaknya berikan pupuk organik pada lidah buaya setiap sebulan sekali untuk menghasilkan daun yang lebih panjang. Usahakan berikan pupuk alami, seperti kotoran sapi atau kotoran kambing. Alasan pemberian pupuk organik adalah karena harganya jauh lebih murah dibandingkan pupuk anorganik. Namun, keduanya memiliki dampak yang hampir sama terhadap pertumbuhan lidah buaya.

Kutipan tersebut merupakan paragraf ketiga dari teks. Kutipan tersebut berisi uraian lengkap tentang lidah buaya. Hal itu berkaitan dengan perawatan lidah buaya saat hujan dan musim kemarau berupa asupan air dan dan pemberian pupuk.
Dengan demikian, struktur deskripsi bagian dalam teks laporan hasil observasi tersebut terdapat pada paragraf kedua dan ketiga.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved