Roboguru

Struktur definisi umum dalam teks laporan hasil observasi tersebut ditunjukkan oleh paragraf ke ....

Pertanyaan

Struktur definisi umum dalam teks laporan hasil observasi tersebut ditunjukkan oleh paragraf ke ....undefined

  1. (1)undefined

  2. (2)undefined

  3. (3)undefined

  4. (4)undefined

  5. (5)undefined

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakan penelitian atau pengamatan secara sistematis. Teks laporan hasil observasi ditulis dengan memerhatikan struktur. Struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Definisi umum menjadi bagian yang penting karena biasanya terletak di awal sebuah teks. Definisi umum, yaitu bagian yang berisi kalimat definisi. Kalimat definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

Berdasarkan teks di soal, hal yang perlu dicermati sebagai definisi umum adalah:

Lidah buaya adalah satu dari sepuluh tipe tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Lidah buaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan biasanya tumbuh pada tanah yang subur. Di seluruh dunia terdapat lebih dari 350 jenis tanaman lidah buaya, mulai dari yang beracun sampai yang bernilai ekonomis. Namun, Aloe vera yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Kutipan tersebut berisi kalimat definisi dari lidah buaya. Dalam paragraf tersebut, terdapat konjungsi adalah yang menandakan paragraf tersebut sebagai bagian definisi umum. Selain itu, paragaf tersebut berisi makna, keterangan mengenai tempat lidah buaya tumbuh, dan klasifikasi lidah buaya dengan jenis Aloe vera.
Dengan demikian, struktur definisi umum dalam teks laporan hasil observasi tersebut ditunjukkan oleh paragraf ke 1.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved