Roboguru

Stratifikasi sosial pada masyarakat Minangkabau di...

Stratifikasi sosial pada masyarakat Minangkabau dibagi menjadi dua yaitu secara vertikal dan berdasarkan sifat keasliannya. Para pendatang baru di Minangkabau yang menikah dengan orang asal dikategorikan dalam golongan ..  

Jawaban:

Stratifikasi sosial adalah perbedaan vertikal yang memicu munculnya hierarki dan kelas-kelas sosial di masyarakat. Stratifikasi sosial di masyarakat ditentukan oleh sesuatu yang dihargai oleh masyarakat.  

Secara vertikal, stratifikasi sosial di Minangkabau terdiri dari golongan ninik mamak dan golongan kemenakan. Sedangkan menurut sifat keasliannya, stratifikasi sosial masyarakat Minangkabau terdiri dari:

  1. Urang Asa (Dalam bahasa Indonesia berarti 'orang asal'. Kelompok ini merupakan keluarga yang datang ke tempat tertentu dan dianggap sebagai bangsawan dengan strata sosial tertinggi)
  2. Kemenakan Tali Periuk (Merupakan orang-orang keturunan langsung dari urang asa)
  3. Kemenakan Tali Budi (Merupakan keluarga yang datang ke wilayah urang asa dengan strata sosial yang sederajat dengan urang asa)
  4. Kemenakan Tali Ameh (Merupakan pendatang baru yang memiliki ikatan perkawinan dengan kelompok urang asa tetapi tidak bergantung)
  5. Kemenakan Bawah Lutuik (Merupakan kelompok orang yang hidup bergantung dan menghamba sepenuhnya kepada urang asa)  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved