Roboguru

Status Bank Indonesia berdasarkan UU RI No. 23 Tah...

Status Bank Indonesia berdasarkan UU RI No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 3 Tahun 2004, antara lain adalah sebagai lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain (Pasal 4 Ayat 2). Jelaskan tingkat (aspek) independensi yang dianut dan diterapkan oleh Bank Indonesia!undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Jawaban:

Menurut UU RI No.3 Tahun 2004, Bank Indonesia sebagai lembaga independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain memiliki 5 independensi, yaitu:

 

  1. Independensi kelembagaan, Bank Indonesia bebas dari campur tangan pemerintah dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.
  2. Independensi sasaran akhir, Bank Indonesia dalam menetapkan sasaran akhir kebijakan moneter yaitu sasaran inflasi mempunyai independensi yang rendah karena harus berkoordinasi dengan pemerintah.
  3. Independensi instrumen, Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk menetapkan sasaran dan pengendalian moneter dengan menggunakan berbagai instrumen moneter.
  4. Independensi personal, Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk menolak dan mengabaikan intervensi dari pihak manapun.
  5. Independensi keuangan, dewan gubernur berhak menetapkan anggaran tahunan Bank Indonesia yang meliputi anggaran operasional, anggaran kebijakan moneter, sistem pembayaran dan pengaturan dan pengawasan perbankan.undefined

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved