Iklan

Iklan

Pertanyaan

Spidol hitam setelah dipisahkan komponennya terdiri atas warna ungu muda, ungu tua, oranye, hijau tua, kuning dan biru. Metode pemisahan yang digunakan adalah ....

Spidol hitam setelah dipisahkan komponennya terdiri atas warna ungu muda, ungu tua, oranye, hijau tua, kuning dan biru. Metode pemisahan yang digunakan adalah ....space

  1. filtrasi

  2. distilasi

  3. kromatografispace

  4. sublimasi

  5. evaporasi

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Kromatografi adalah cara pemisahan berdasarkan perbedaan kecepatan perambatan pelarut pada suatu lapisan zat tertentu. Dasar pemisahan metode ini adalah kelarutan dalam pelarut tertentu, daya absorbsi (daya serap) oleh bahan penyerap, dan volatilitas (daya penguapan). Salah satu jenis kromatografi adalah kromatografi kertas . Teknik kromatografi ini dapat digunakan untuk memisahkan komponen campuran pewarna misalnya, tinta merupakan campuran dari beberapa warna. Pelarut yang digunakan antara lain eter dan aseton. Zat yang lebih larut dalam pelarut akan bergerak lebih cepat ke atas, sedangkan zat yang kurang larut akan tertinggal. Kertas yang berisi hasil pemisahan secara kromatografi disebut kromatogram. Berdasarkan uraian di atas, metode pemisahan yang digunakan pada kasus spidol hitam setelah dipisahkan komponennya terdiri atas warna ungu muda, ungu tua, oranye, hijau tua, kuning dan biru yaitu metode kromatografi. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Kromatografi adalah cara pemisahan berdasarkan perbedaan kecepatan perambatan pelarut pada suatu lapisan zat tertentu. Dasar pemisahan metode ini adalah kelarutan dalam pelarut tertentu, daya absorbsi (daya serap) oleh bahan penyerap, dan volatilitas (daya penguapan).

Salah satu jenis kromatografi adalah kromatografi kertas. Teknik kromatografi ini dapat digunakan untuk memisahkan komponen campuran pewarna misalnya, tinta merupakan campuran dari beberapa warna. Pelarut yang  digunakan antara lain eter dan aseton. Zat yang lebih larut dalam pelarut akan bergerak lebih cepat ke atas, sedangkan zat yang kurang larut akan tertinggal. Kertas yang berisi hasil pemisahan secara kromatografi disebut kromatogram.

Berdasarkan uraian di atas, metode pemisahan yang digunakan pada kasus spidol hitam setelah dipisahkan komponennya terdiri atas warna ungu muda, ungu tua, oranye, hijau tua, kuning dan biru yaitu metode kromatografi.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Latihan Bab

Hakikat Ilmu Kimia

Materi dan Klasifikasinya

Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan

Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

322

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kromatografi pada umumnya digunakan untuk ...

186

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia