Roboguru

Sosiologi mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang ada di masyarakat, di mana setiap masyarakat memiliki pola interaksi yang...

Pertanyaan

Sosiologi mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang ada di masyarakat, di mana setiap masyarakat memiliki pola interaksi yang... space

Pembahasan Soal:

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan proses yang muncul dari hubngan-hubungan tersebut. Pola interaksi di setiap masyarakat akan berbeda-beda. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Auguste Comte bahwa masyarakat merupakan kelompok sosial dengan berbagai realitas baru yang berkembang menurut hukumnya sendiri dan pola perkembangannya sendiri. Pola interaksi yang berbeda tersebut pada akhirnya akan menciptakan kebudayaan kelompok yang berbeda sehingga menjadi ciri khas dari setiap masyarakat. spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam mempelajari masyarakat, Sosiologi berarti mempelajari...

Pembahasan Soal:

Sosiologi pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Comte yang menjelaskan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik berbagai macam gejala sosial seperti gejala ekonomi, agama, hukum, keluarga dan moral. Selain itu, sosiologi juga mempelajari hubungan antara gejala sosial dan non sosial.
Dalam mempelajari masyarakat sebagai objek kajian, sosiologi memfokuskan kajiannya pada:

  1. hubungan antar individu dengan individu yang lain;
  2. hubungan antara individu dengan kelompok;
  3. hubungan antara kelompok dengan kelompok;
  4. proses yang muncul dari hubungan dalam masyarakat. space

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Rusaknya infrastruktur akibat bencana alam (2) Persebaran penduduk ke dalam kelas-kelas sosial (3) Perkembangan teknologi baru yang tepat guna (4) Kedudukan seseora...

Pembahasan Soal:

Objek kajian sosiologi berarti hal-hal atau masalah-masalah yang dapat dikaji menggunakan aplikasi dan penerapan sosiologi. Berdasarkan pilihan di atas, yang termasuk objek kajian sosiologi adalah 2, 4, dan 5. Pada pilihan 2, jelas bahwa persebaran penduduk dalam kelas sosial adalah kajian sosiologi. Di mana sosiolog bisa mengkaji stratifikasi sosial untuk melihat komposisi serta persebaran modal ekonomi pada masyarakat. Kemudian pada pilihan 4, yaitu kedudukan seseorang dalam kelompok juga termasuk ke dalam kajian sosiologi. Di mana sosiolog bisa mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan peran individu dalam kelompok berdasarkan kedudukan atau statusnya. Terakhir pada pilihan 5, jelas bahwa kehidupan lintas etnis dan budaya adalah kajian sosiologi. Di mana sosiolog bisa mengkaji banyak hal dari objek ini, seperti keteraturan sosial, interaksi antarkelompok, dan kemungkinan terjadinya konflik lintas kelompok sosial. 

0

Roboguru

Masalah sosiologi adalah masalah yang menyangkut pemahaman terhadap...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah pemahaman terkait masalah sosiologi.

Pada dasarnya ilmu sosiologi mengkaji hampir seluruh sisi kehidupan masyarakat, salah satunya adalah masalah sosial. Masalah sosiologi adalah masalah yang terjadi dimasyarakat akibat dari hasil tindakan masyarakat, yang mana tindakan tersebut adalah tindakan yang tidak diinginkan dan tidak diterima masyarakat karena bertentangan dengan nilai dan norma, keadaan ini disebut sebagai masalah sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Di bawah ini yang termasuk masyarakat paksaan adalah...

Pembahasan Soal:

Masyarakat merupakan kesatuan atau kelompok yang mempunyai hubungan serta beberapa kesamaan seperti sikap, tradisi, perasaan dan budaya yang membentuk suatu keteraturan. Berdasarkan terbentuknya, masyarakat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Masyarakat paksaan. Yaitu masyarakat yang sengaja dibentuk, terjadinya suatu masyarakat bukan terjadi dengan sendirinya. Contoh masyarakat negara, masyarakat tawanan perang.
  2. Masyarakat merdeka. Yaitu masyarakat yang terbentuk secara alamiah dan adanya kepentingan duniawi maupun kepercayaan tertentu. Contoh suku (alamiah), Koperasi (kepentingan duniawi), jama'ah masjid (kepercayaan tertentu)

Berdasarkan paparan diatas, maka jawabannya adalah masyarakat paksan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi Dspace space 

0

Roboguru

Sekumpulan manusia yang saling berhubungan dan berinteraksi sosial berdasarkan sistem adat istiadat disebut....

Pembahasan Soal:

Menurut Koentjaraningrat masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved