Roboguru

Sosiologi ingin mengetahui keadaan yang sebenarnya dari kehidupan bermasyarakat. Sifat semacam ini disebut ....

Pertanyaan

Sosiologi ingin mengetahui keadaan yang sebenarnya dari kehidupan bermasyarakat. Sifat semacam ini disebut ....space 

  1. Teoretisundefined 

  2. Empirisundefined 

  3. Nonetisundefined 

  4. Komparatifundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sifat sosiologi yang ingin mengetahui keadaan yang sebenarnya dalam kehidupan bermasyarakat adalah sifat empiris dari sosiologi.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. Empirisundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sikap sosiologi adalah mendasar pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Sifat sosiologi seperti ini disebut….

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri atau sifat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah empiris. Empiris, artinya ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.space space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

1

Roboguru

Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, salah satunya adalah ilmu sosiologi selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. Ciri sosiologi tersebut dikenal dengan istila...

Pembahasan Soal:

Sosiologi berasal dari kata "socius" yang berarti kawan, dan dari bahasa  Yunani "logos" yang berarti ilmu pengetahuan. Dari kata itu bisa diartikan bahwa sosiologi merupakan  ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbalbalik antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Sehingga sosiologi juga bisa di sebut sebagai ilmu kemasyarakatan, yang melihat semua fenomena-fenomena yang ada didalam kehidupan masyarakat. 
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki ciri sebagai berikut : 

Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasarkan pada observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif melainkan objektif.
Teoritis, artinya ilmu pengetahuan berasal dari hasil abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan., sehingga menjadi suatu teori yang logis.
Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, lalu memperbaiki, memperluas, sehingga memperkuat teori sebelumnya.
Nonetis, artinya tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi bersifat netral dalam menjelaskan masalah.

Jadi ciri ilmu sosiologi yang menyusun dari hasil abstraksi yang konkret dilapangan adalah ciri teoritis. space space space

0

Roboguru

Sikap sosiologi adalah mendasar pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Sifat sosiologi seperti ini disebut...

Pembahasan Soal:

Sifat dasar sosiologi dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Empiris, artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan didasarkan pada observasi terhadap kenyataan menggunakan akal sehat dan indra, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  2. Teoritis, artinya sosiologi sebagai ilmu pengetahuan selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil pengamatan empiris. Abstraksi merupakan penarikan kesimpulan yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari gejala-gejala sosial yang diteliti.
  3. Kumulatif, artinya sosiologi membangun argumen yang tidak turun begitu saja di ruang hampa, melainkan disusun atas teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Teori-teori tersebut merupakan hasil dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.
  4. Non etis, artinya sosiologi membahas suatu permasalahan sosial tanpa mempersoalkan nilainya, yaitu baik atau buruknya suatu persoalan yang dibahas. Sosiologi lebih berkepentingan untuk menjelaskan mengapa suatu fenomena terjadi. Penjelasan tersebut juga harus logis, mendalam, dan mudah dipahami.

Berdasarkan pernyataan diatas, Sikap sosiologi yang mendasar pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif adalah empiris. 

Jadi, jawabannya adalah B empirisspace 

0

Roboguru

Sosiologi merupakan kajian berdasarkan hasil observasi di lapangan sehingga kesimpulan yang dikemukakan sesuai fakta di lapangan. Ciri ilmu sosiologi berdasarkan uraian tersebut yaitu ….

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri ilmu sosiologi adalah sosiologi bersifat empiris. Empiris artinya sosiologi merupakan ilmu berdasarkan hasil observasi logis terhadap fakta sosial, bukan atas dasar hasil spekulasi atau spekulatif. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pilihan E. space space 

0

Roboguru

Mempelajari gejela yang umum terjadi dalam interaksi antarmanusia termasuk ciri-ciri sosiologi yang  ....

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan ciri-ciri sosiologi berdasarkan pernyataan tersebut.space space  

Pernyataan dalam soal termasuk ciri-ciri sosiologi empiris. Sosiologi bersifat empiris, artinya ilmu pengetahuan ini didasari oleh observasi terhadap kenyataan dan akal sehat, dan hasilnya tidak bersifat spekulatif. Dapat dikatakan bahwa ilmu sosiologi dikembangkan dari hasil penelitian empiris terkait fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved