Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri dari 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Seringnya media massa menayangkan tindak kejahatan menjadi penyebab tumbuhnya anggapan perilaku menyimpang sebagai sesuatu yang wajar. SEBAB Proses belajar dari perilaku menyimpang dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan boleh dilakukan. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah...

Soal terdiri dari 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

 

Seringnya media massa menayangkan tindak kejahatan menjadi penyebab tumbuhnya anggapan perilaku menyimpang sebagai sesuatu yang wajar.

SEBAB

Proses belajar dari perilaku menyimpang dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan boleh dilakukan.

 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah...space space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Poin yang ditanyakan adalah pengaruh media massa terhadap perilaku menyimpang. Penayangan tindak kejahatan di media massa menyebabkan berkembangnya anggapan bahwa perilaku menyimpang merupakan hal yang wajar . Pemberitaan tentang kejahatan yang berulang-ulang ditayangkan tanpa melakukan penyaringan menyebabkan munculnya kesalahan informasi. Sedangkan, peran media massa adalah sebagai sumber belajar atau inspirasi bagi masyarakat luas . Apabila tayangan tindak kejahatan sering ada di media massa apapun, secara langsung maupun tidak langsung masyarakat belajar untuk melakukan aksi kejahatan yang merupakan perilaku menyimpang. Misalnya , di televisi sering diberitakan tentang begal di suatu daerah, kemudian muncul pelaku begal-begal lainnya di daerah lain, sehingga beberapa masyarakat menganggap bahwa begal adalah suatu yang wajar dan populer di masyarakat. Dengan demikian, pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat tersebut adalah pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan adalah pengaruh media massa terhadap perilaku menyimpang.

Penayangan tindak kejahatan di media massa menyebabkan berkembangnya anggapan bahwa perilaku menyimpang merupakan hal yang wajar. Pemberitaan tentang kejahatan yang berulang-ulang ditayangkan tanpa melakukan penyaringan menyebabkan munculnya kesalahan informasi. Sedangkan, peran media massa adalah sebagai sumber belajar atau inspirasi bagi masyarakat luas. Apabila tayangan tindak kejahatan sering ada di media massa apapun, secara langsung maupun tidak langsung masyarakat belajar untuk melakukan aksi kejahatan yang merupakan perilaku menyimpang. Misalnya, di televisi sering diberitakan tentang begal di suatu daerah, kemudian muncul pelaku begal-begal lainnya di daerah lain, sehingga beberapa masyarakat menganggap bahwa begal adalah suatu yang wajar dan populer di masyarakat. Dengan demikian, pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat tersebut adalah pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

74

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seseorang tertangkap menjadi sindikatpemalsuan ijazah. Pihak kepolisianmelakukan konferensi pers di hadapanawak media. Masyarakat menjadi tahudan orang-orang yang mengenal danberada di sekitar seseora...

53

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia