Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas tiga bagian yaitu PERNYATAAN, SEBAB, dan ALASAN yang disusun secara berurutan. Perubahantata kelola di pemerintahanIndonesia dari sentralisasi ke desentralisasimembawa banyak perubahan padamasyarakat. SEBAB Pemerintah daerah semakin leluasa merencanakan dan menetapkan program-program pembangunan sesuai dengankebutuhan masyarakat. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas tiga bagian yaitu PERNYATAAN, SEBAB, dan ALASAN yang disusun secara berurutan.

 

Perubahan tata kelola di pemerintahan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi membawa banyak perubahan pada masyarakat. 


SEBAB 


Pemerintah daerah semakin leluasa merencanakan dan menetapkan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.space space 

  2. Pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.space space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space space 

  5. Pernyataan dan alasan, keduanya salah.space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut : Perubahan tata kelola di pemerintahan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi membawa banyak perubahan pada masyarakat. Kalimat pernyataan ini adalah benar. Sentralisasi merupakan sistem tata kelola yang terpusat pada pemerintah pusat, sedangkan desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola rumah tangganya sendiri. Perubahan sistem tersebut tentunya banyak menimbulkan konsekuensi terutama dalam perencanaan program kerja dan anggaran. Pemerintah daerah semakin leluasa merencanakan dan menetapkan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kalimat alasan ini adalah benar. Sistem desentralisasi mendorong pemerintah daerah untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat program pembangunan. Ruang yang lebih leluasa dalam menetapkan kebijakan demikian, diharapkan dapat mengarah kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga tepat sasaran. Kalimat pernyataan dan alasan benar, menunjukkan hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut :

Perubahan  tata  kelola  di  pemerintahan Indonesia dari sentralisasi ke desentralisasi membawa  banyak  perubahan  pada masyarakat. Kalimat pernyataan ini adalah benar. Sentralisasi merupakan sistem tata kelola yang terpusat pada pemerintah pusat, sedangkan desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola rumah tangganya sendiri. Perubahan sistem tersebut tentunya banyak menimbulkan konsekuensi terutama dalam perencanaan program kerja dan anggaran.

Pemerintah daerah  semakin  leluasa merencanakan  dan menetapkan program-program pembangunan  sesuai  dengan kebutuhan masyarakat. Kalimat alasan ini adalah benar. Sistem desentralisasi mendorong pemerintah daerah untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat program pembangunan. Ruang yang lebih leluasa dalam menetapkan kebijakan demikian, diharapkan dapat mengarah kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga tepat sasaran.

Kalimat pernyataan dan alasan benar, menunjukkan hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space

Latihan Bab

Konsep Kilat Teori Perubahan Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Teori Perubahan Sosial (NEW!)

Konsep Kilat Faktor dan Bentuk Perubahan Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Faktor dan Bentuk Perubahan Sosial (NEW!)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

127

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masyarakat Jawa pada zaman dahulu menganutkonsep budaya "Banyak anak banyak rejeki".Sekarang, konsep itu sudah berubah menjadi "duaanak saja lebih baik". Konsep yang tepat untukmengkaji fenomena sosia...

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia