Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Di Kepulauan Maluku penduduk pada umumnya bermukim di sepanjang pantai. SEBAB Pada awalnya penduduk yang datang ke Maluku adalah para pedagang rempah-rempah, yang memanfaatkan sagu sebagai bahan makanan utama. Pernyaataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah....

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Di Kepulauan Maluku penduduk pada umumnya bermukim di sepanjang pantai.

SEBAB

Pada awalnya penduduk yang datang ke Maluku adalah para pedagang rempah-rempah, yang memanfaatkan sagu sebagai bahan makanan utama.

Pernyaataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah.... 

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Jika pertanyaan benar dan alasan salah.

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Pembahasan Soal:

Penduduk di wilayah Kepulauan Maluku umumnya bermukim di sepanjang pantai, terutama di sepanjang pantai Kepulauan Ambon dan Pulau Seram. Maluku dikenal sebagai daerah yang kaya akan rempah terutama pala dan cengkeh. Orang yang pertama kali datang di Kepulauan Maluku adalah bangsa Austronesia-Melanesia, mereka merupakan pendatang yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Sedangkan, pedagang/ pencari rempah-rempah yang berasal dari China (abad ke-7), Arab (abad ke-9), ataupun Eropa (abad ke-14) hanya singgah untuk mengambil rempah-rempah, tidak menetap di wilayah Kepulauan Maluku.

Pernyataan benar, alasan salah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pola pemukiman desa yang terbentuk seperti pada gambar adalah......

Pembahasan Soal:

Pengaruh kondisi fisik suatu wilayah akan berpengaruh terhadap aktivitas manusia, termasuk di dalamnya pola permukiman.

Bentuk-bentuk pola pemukiman penduduk sebagai berikut.

  • Pola linier (memanjang) biasa terjadi pada wilayah-wilayah sepanjang sungai, pantai, jalan raya bahkan rel kereta api.
  • Pola radial (memutar) atau mengelilingi biasa berada pada wilayah danau. Atau sumber mata air.
  • Pola tersebar biasa terjadi pada daerah-daerah pertanian dengan tingkat kesuburan tanah yang berbeda. Penduduk akan terkonsentrasi pada daerah yang lebih subur. Pada daerah karst permukiman akan tersebar pada daerah-daerah yang memiliki lokasi penampungan air
  • Pola terpencar biasa terjadi pada daerah-daerah bertopografi kasar karena penduduk mencari daerah datar yang dapat ditinggali.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Pola pemukiman desa yang terbentuk pada gambar adalah ....'

Pembahasan Soal:

Pola permukiman desa sangat bergantung pada kondisi geografis di masing-masing desa. Desa yang dialiri aliran sungai besar atau dilalui jalan raya biasanya memiliki pola permukiman yang memanjang mengikuti aliran sungai atau jalan raya. Pada gambar dalam soal, jelas terlihat rumah-rumah penduduk yang dibangun memanjang di sepanjang tepian aliran sungai, berarti pola permukimannya adalah pola memanjang.

0

Roboguru

Pola keruangan desa, dimana rumah penduduk berderet di kanan atau di kiri jalan/sungai dan pertanian terletak di belakang rumah penduduk, termasuk pola....

Pembahasan Soal:

Bentuk desa yang memanjang di dataran rendah pada umumnya bentuk permukiman penduduk sejajar dengan jalan raya atau sungai yang menembus desa yang bersangkutan. Jalan raya atau sungai ini menghubungkan antara satu desa dengan desa lainnya. Bentuk desa seperti ini memungkinkan terjadinya pemekaran desa sehingga lahan pertanian di sepanjang jalan dapat berubah menjadi pemukiman baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Desa yang terletak di daerah dataran dengan jaringan jalan yang memadai maka pola pemukiman penduduk yang terbentuk adalah….

Pembahasan Soal:

Pola pemukiman yang berbentuk deret memanjang dan mengikuti jalur jalan, sungai, rel kereta api, dan pantai merupakan pola pemukiman linear.

Pola pemukiman memusat  Pola pemukiman ini mengelompok membentuk unit-unit yang kecil dan menyebar, umumnya terdapat di daerah pegunungan atau daerah dataran tinggi yang berelief kasar, dan terkadang daerahnya terisolir. 

Pola pemukiman menyebar. Pola pemukiman tersebar terdapat di daerah dataran tinggi atau daerah gunung api dan daerah-daerah yang kurang subur. Pada daerah dataran tinggi atau daerah gunung api penduduk akan mendirikan pemukiman secara tersebar karena mencari daerah yang tidak terjal, morfologinya rata dan relatif aman. Sedangkan pada daerah kapur pemukiman penduduk akan tersebar mencari daerah yang memiliki kondisi air yang baik.

0

Roboguru

Jelaskan pola persebaran desa di dataran rendah!

Pembahasan Soal:

Dataran rendah memiliki topografi yang datar, sehingga memiliki aksesibilitas yang mudah dan terdapat banyak jalur transportasi. Dengan demikian, pola persebaran desa di dataran rendah biasanya memanjang sejajar dengan jalur transportasi utama, baik jalur air seperti sungai maupun jalur darat seperti jalan raya. Pola permukiman seperti itu memudahkan aksesibilitas masyarakatnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola persebaran desa di dataran rendah adalah memanjang. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved