Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Hubungan antara pertambahan jumlah penduduk dan jumlah permukiman  merupakan contoh penerapan prinsip interelasi. SEBAB Pertumbuhan jumlah penduduk mempunyai hubungan timbal balik dengan jumlah bangunan tempat tinggal yang diperlukan. Pernyaataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah....

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Hubungan antara pertambahan jumlah penduduk dan jumlah permukiman  merupakan contoh penerapan prinsip interelasi.

SEBAB

Pertumbuhan jumlah penduduk mempunyai hubungan timbal balik dengan jumlah bangunan tempat tinggal yang diperlukan.

Pernyaataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah.... 

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Jika pertanyaan benar dan alasan salah.

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Pembahasan Soal:

Prinsip interelasi merupakan hubungan saling terkait antara suatu fenomena geografi dengan fenomena lainnya di permukaan bumi. Hubungan antara pertambahan jumlah penduduk dan jumlah pemukiman merupakan contoh penerapan prinsip interelasi. Jumlah penduduk suatu daerah yang tinggi akan mempengaruhi kebutuhan tempat tinggal penduduk di wilayah tersebut. Namun, tidak semua kota atau wilayah dapat memenuhi kebutuhan tempat tinggal penduduknya. Jumlah penduduk mempengaruhi banyaknya bangunan tempat tinggal yang dibutuhkan, namun banyaknya bangunan tempat tinggal tidak mempengaruhi pertumbuhan jumlah penduduk di wilayah tersebut.

Penyataan benar, alasan salah karena kedua fenomena tersebut tidak saling berhubungan timbal balik.

Maka, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.  Fungsi kota sebagai magnet bagi daerah sekitarnya dapat dikaji dengan prinsip interelasi. SEBAB Daya ta...

Pembahasan Soal:

Kota merupakan suatu daerah dengan batas administrasi tertentu yang memiliki sarana prasarana lebih lengkap daripada desa. Manusia selalu memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak. Kota dengan segala fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap serta lapangan pekerjaan yang banyak, menjadi magnet dan daya tarik tersendiri bagi penduduk desa untuk berpindah. Selain itu, fasilitas dan sarana prasarana yang kurang memadai di desa, merupakan daya dorong bagi masyarakat desa untuk pindah ke kota.

Sehingga, pernyataan tersebut benar, alasannya benar, dan saling memiliki hubungan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Yang bukan termasuk dampak negatif dari bertambahnya kepadatan kota adalah....

Pembahasan Soal:

Dampak negatif dari bertambahnya kepadatan penduduk adalah sebagai berikut.

  • Tingkat kemiskinan semakin meningkat karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak diimbangi oleh pertumbuhan ekonomi. 
  • Kekurangan pangan, sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan untuk memproduksi pangan. 
  • Timbulnya permukiman atau daerah kumuh (slum area) di perkotaan sebagai akibat mahalnya harga tanah dan rumah.
  • Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan karena lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar. 
  • Meningkatnya kebutuhan ruang dan munculnya masalah lingkungan hidup, seperti pencemaran air dan pencemaran tanah akibat sampah dan limbah rumah tangga lain.
  • Tidak seimbangnya kebutuhan akan lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan penduduk yang jika dibiarkan lebih lanjut akan menyebabkan masalah sosial lainnya, seperti kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, dan konflik antar penduduk. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

Roboguru

Letusan gunung api mengeluarkan material vulkanik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah sehingga daerah sekitar gunung api digunakan masyarakat untuk lahan pertanian. Prinsip geografi yang berkaitan d...

Pembahasan Soal:

Dalam ilmu geografi terdapat empat prinsip, yaitu prinsip deskripsi, prinsip distribusi, prinsip interelasi, dan prinsip korologi. Prinsip deskripsi membahas tentang penggambaran berbagai fenomena alam maupun fenomena sosial. Prinsip distribusi atau prinsip persebaran membahas persebaran berbagai fenomena alam dan fenomena sosial di muka bumi. Prinsip interelasi menekankan pada hubungan antara suatu aspek dengan aspek lain dalam geografi, bisa antara aspek fisik dengan aspek fisik, aspek fisik dengan aspek nonfisik, maupun aspek nonfisik dan aspek nonfisik. Selain ketiga prinsip tersebut, ada prinsip korologi yang lebih menenkankan pada kolaborasi atau penggabungan prinsip deskripsi, prinsip distribusi, dan prinsip interelasi.

“Letusan gunung api mengeluarkan material vulkanik yang bermanfaat bagi kesuburan tanah sehingga daerah sekitar gunung api digunakan masyarakat untuk lahan pertanian”.

Terdapat keterkaitan antara material vulkanik yang memengaruhi kesuburan tanah dengan pemanfaatan lahan subur dalam bidang pertanian. Jadi prinsip yang tepat untuk mengkaji fenomena tersebut adalah prinsip interrelasi.

Roboguru

Wilayah sekitar gunung api biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Hal itu disebabkan oleh abu vulkanik yang dikeluarkan oleh proses vulkanisme kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Prinsip geo...

Pembahasan Soal:

Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah prinsip interelasi.

Prinsip interelasi (keterkaitan) digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Interelasi dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.

Pernyataan pada soal:

Wilayah sekitar gunung api biasanya memiliki tanah yang sangat subur. Hal itu disebabkan oleh abu vulkanik yang dikeluarkan oleh proses vulkanisme kaya unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Pernyataan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang mengarah ke prinsip interelasi karena abu vulkanik yang menyebabkan tanah di wilayah sekitar gunung api menjadi sangat subur.

Roboguru

Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari satu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Prinsip Geografi untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb.
  • Prinsip persebaran/distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Terdapat hubungan sebab-akibat yang terjadi ketika penduduk melakukan proses mobilisasi. Perpidahan yang dilakukan penduduk dilakukan karena adanya faktor pendorong yang terjadi pada satu wilayah contoh : sedikitnya lapangan kerja yang ada di daerah asal, kurangnya fasilitas pendidikan maupun kesehatan dan pembangunan yang tidak merata. Selain itu faktor penarik juga menyebabkan perpindahan penduduk contohnya : beragamnya mata pencaharian di daerah tujuan dan banyaknya fasilitas pemenuhan kebutuha di daerah itu. Sehingga ada sebab-akibat yang menyebabkan perpindahan tersebut Maka, jawaban dari soal yang tepat adalah D. prinsip interelasi

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved