Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Relokasi industri dari Jepang dan Korea sudah terdistribusi merata ke seluruh kota besar di kawasan Indonesia Barat. SEBAB Semua ibu kota provinsi di Indonesia Barat memiliki infrastruktur yang sangat menunjang tumbuh dan kembangnya kegiatan industri. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah … (SIMAK UI 2014)

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.


Relokasi industri dari Jepang dan Korea sudah terdistribusi merata ke seluruh kota besar di kawasan Indonesia Barat.

SEBAB

Semua ibu kota provinsi di Indonesia Barat memiliki infrastruktur yang sangat menunjang tumbuh dan kembangnya kegiatan industri. 
 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

(SIMAK UI 2014)

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.undefined 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.undefined 

  5. Pernyataan dan alasan salah.undefined 

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Relokasi industri yang dilakukan oleh negara-negara lain di Indonesia banyak terjadi di Indonesia bagian barat. Akan tetapi, distribusinya tidak merata. Pulau Jawa masih menjadi wilayah pemusatan relokasi industri dari negara lain, seperti Jepang dan Korea. Hal ini berpengaruh pada besarnya kontribusi sektor industri Jawa terhadap pendapatan nasional dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia. Oleh sebab itu, kalimat pernyataan tidak tepat karena wilayah relokasi industri masih terpusat di Pulau Jawa. Sektor industri sendiri merupakan sektor yang paling berkontribusi paling besar pada pendapatan nasional dibandingkan sektor ekonomi lain. Sektor industri di Indonesia belum berkembang secara merata dan masih banyak berada di wilayah Indonesia bagian barat. Hal ini disebabkan karena Indonesia bagian barat memiliki kondisi infrastruktur yang cukup memadai sertamemiliki jumlah dan kualitas SDM yang cukup tinggi, terutama di wilayah ibu kota provinsi ataupun kota-kota besarnya. Oleh sebab itu, kalimat alasan tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Relokasi industri yang dilakukan oleh negara-negara lain di Indonesia banyak terjadi di Indonesia bagian barat. Akan tetapi, distribusinya tidak merata. Pulau Jawa masih menjadi wilayah pemusatan relokasi industri dari negara lain, seperti Jepang dan Korea. Hal ini berpengaruh pada besarnya kontribusi sektor industri Jawa terhadap pendapatan nasional dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia. Oleh sebab itu, kalimat pernyataan tidak tepat karena wilayah relokasi industri masih terpusat di Pulau Jawa.

Sektor industri sendiri merupakan sektor yang paling berkontribusi paling besar pada pendapatan nasional dibandingkan sektor ekonomi lain. Sektor industri di Indonesia belum berkembang secara merata dan masih banyak berada di wilayah Indonesia bagian barat. Hal ini disebabkan karena Indonesia bagian barat memiliki kondisi infrastruktur yang cukup memadai serta memiliki jumlah dan kualitas SDM yang cukup tinggi, terutama di wilayah ibu kota provinsi ataupun kota-kota besarnya. Oleh sebab itu, kalimat alasan tepat.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

314

Iklan

Pertanyaan serupa

Selama periode 1975–1995, pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia, terutama Jawa dan Bali, berhasil dengan baik. Keberhasilan tersebut berdampak terhadap.... (SIMAK UI 2015)

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia