Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kecenderungan Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia mengelompok pada wilayah tertentu. SEBAB Aglomerasi industri adalah pengelompokan beberapa perusahaan dalam satu daerah atau wilayah sehingga membentuk daerah khusus industri. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah … (UTUL UGM 2017)

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.


Kecenderungan Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia mengelompok pada wilayah tertentu.

SEBAB

Aglomerasi industri adalah pengelompokan beberapa perusahaan dalam satu daerah atau wilayah sehingga membentuk daerah khusus industri. 


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

(UTUL UGM 2017)

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.undefined 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.undefined 

  5. Pernyataan dan alasan salah.undefined 

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Penanaman Modal Asing (PMA) adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah RI yang dilakukan oleh penanam modal asing baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya atau berpatungan dengan penanam modal dalam negeri. Dengan adanya PMA ini, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah dapat meningkat. Pada tahun 2016, lima provinsi dengan nilai investasi PMA tertinggi secara berturut-turut adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatra Selatan, dan Jawa Timur. Hal ini mengindikasikan bahwa PMA di Indonesia banyak terpusat di Pulau Jawa . Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat pernyataan benar. Sementara itu, kalimat alasan juga bersifat benar. Aglomerasi industri adalah pemusatan industri di suatu kawasan tertentu dengan tujuan agar pengelolaannya menjadi lebih optimal . Hal ini berarti bahwa beberapa perusahaan dalam satu wilayah mengelompok dan membentuk kawasan industri . Penjelasan di atas menunjukkan bahwa kalimat pernyataan dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Penanaman Modal Asing (PMA) adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah RI yang dilakukan oleh penanam modal asing baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya atau berpatungan dengan penanam modal dalam negeri. Dengan adanya PMA ini, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah dapat meningkat. Pada tahun 2016, lima provinsi dengan nilai investasi PMA tertinggi secara berturut-turut adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatra Selatan, dan Jawa Timur. Hal ini mengindikasikan bahwa PMA di Indonesia banyak terpusat di Pulau Jawa. Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat pernyataan benar.

Sementara itu, kalimat alasan juga bersifat benar. Aglomerasi industri adalah pemusatan industri di suatu kawasan tertentu dengan tujuan agar pengelolaannya menjadi lebih optimal. Hal ini berarti bahwa beberapa perusahaan dalam satu wilayah mengelompok dan membentuk kawasan industri. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa kalimat pernyataan dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

126

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakteristik demografis negara Jepang dan Korea Selatan yang tergolong sebagai negara maju adalah ....

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia