Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Struktur dasar dan pola keruangan permukiman kota dipengaruhi oleh orientasi komersial masyarakat. SEBAB Perkembangan kota tidak selalu mengikuti teori konsentrik, namun tempat-tempat tertentu berfungsi sebagai inti-inti kota, dan pusat pertumbuhan baru. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Struktur dasar dan pola keruangan permukiman kota dipengaruhi oleh orientasi komersial masyarakat.

SEBAB

Perkembangan kota tidak selalu mengikuti teori konsentrik, namun tempat-tempat tertentu berfungsi sebagai inti-inti kota, dan pusat pertumbuhan baru.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

     

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space

Pembahasan Soal:

Kota merupakan pusat berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekonomi, pemerintahan, kebudayaan, pendidikan dan sebagainya. Adanya berbagai kegiatan di pusat kota, akan menimbulkan adanya pengelompokan (segresi) dan penyebaran jenis-jenis kegiatan. Maka pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena perkembangan kota tidak selalu mengikuti teori konsentrik, namun tempat-tempat tertentu berfungsi sebagai inti-inti kota, dan pusat pertumbuhan baru. Kalimat pernyataan dan alasan tidak menunjukan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pusat daerah kegiatan (Central Bussines District) sering disebut kota asal (downtown) ataupun loop (jantun...

Pembahasan Soal:

Kota merupakan pusar berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekonomi, pemerintahan, kebudayaan, pendidikan dan sebagainya. Pusat daerah kegiatan (Central Bussines District) sering disebut kota asal (downtown) ataupun loop (jantung kota). Maka pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena pusat daerah kegiatan merupakan daerah inti kota yang ditandai dengan gedung-gedung, pusat pertokoan,kantor pos, bank, bioskop, dan pasar. Kalimat pernyataan dan alasan menunjukan hubungan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Harris dan Ullman berpendapat bahwa dalam suatu kota hanya ada satu CBD (Central Bussines District) saja, ...

Pembahasan Soal:

Teori Inti Ganda dikemukakan oleh Harris dan Ullman yaitu keadaan tata ruang kota dapat dikelompokkan menjadi empat bagian yaitu inti kota, selaput inti kota, kota satelit dan suburban. Maka Kalimat pernyataan tidak tepat. Selanjutnya kalimat alasan tepat karena teori ini merupakan bantahan terhadap pemikiran Burgess tentang Teori Konsentris dan Hommer Hoyt tentang Teori Sektoral.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Salah satu contoh pemanfaatan lahan di perkotaan adalah ….

Pembahasan Soal:

Lahan di perkotaan dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti fasilitas pendidikan (sekolah, universitas, dan tempat kursus), permukiman, kawasan industri, transportasi (jalan raya, stasiun kereta api, terminal bus, bandara, dan pelabuhan), fasilitas umum (lahan parkir, gelanggang olahraga, kawasan wisata, dan berbagai tempat hiburan), dan ruang terbuka hijau (taman kota, hutan kota, dan kebun binatang). Sementara itu, beberapa pilihan jawaban seperti pertanian lahan basah, pekarangan, perkebunan teh, tambak ikan air tawar, dan sawah tadah hujan merupakan contoh pemanfaatan lahan di perdesaan. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan E.

0

Roboguru

Kepadatan penduduk di kota sangat tinggi, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh ….

Pembahasan Soal:

Kepadatan penduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah penduduk dalam suatu wilayah tertentu. Suatu wilayah memiliki pertumbuhan penduduk yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor fisiografis, ekonomi, dan sosial budaya. Perkotaan memiliki penduduk lebih padat dibandingkan pedesaan. Hal ini disebabkan perkotaan terdapat sarana dan prasarana yang lebih menunjang kehidupan, pusat ekonomi dan industri, banyak peluang kerja, dan bentuk lahan yang relatif datar sehingga memudahkan transportasi.

Untuk menjawab soal diatas, kepadatan penduduk di kota sangat tinggi karena sangat dipengaruhi oleh sarana dan prasarana. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space space

0

Roboguru

Perhatikan pemodelan kota berikut ! Keunggulan yang dimiliki kota dengan bentuk seperti pada gambar adalah....

Pembahasan Soal:

Keunggulan yang dimiliki kota dengan bentuk seperti pada gambar tersebut adalah kesempatan berkembang yang seimbang bagi seluruh wilayahnya. Dengan bentuk ini, pembangunan dapat seimbang ke segala penjuru. Terdapat jalur yang relatif seragam dan dapat pula mempengaruhi wilayah-wilayah di sekitarnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved