Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Politik Etis dilandasi kesadaran pemerintah Belandasendiriuntuk berbuatsesuatu(berbalas budi) demi kesejahteraanrakyatIndonesia. SEBAB Pemerintah Belanda tidak ingin penduduk negara jajahannya menderita.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Politik Etis dilandasi kesadaran pemerintah Belanda sendiri untuk berbuat sesuatu (berbalas budi) demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

SEBAB

Pemerintah Belanda tidak ingin penduduk negara jajahannya menderita.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Pernyataan benar. Kritik van Deventer terkait kesejahteraan pribumi mempengaruhi lahirnya politik etis.Dalam pidatonya pada 17 September1901,Ratu Wilhelminamenyatakan pemerintah Belanda memiliki panggilan moral terhadap kaum pribumi Hindia Belanda. Orasi ratu Belanda dalamsidangpembukaan parlemen itu menjadi momentum kelahiran politiketis. Alasan salah. Meskipun Ratu Wilhelmina mendukung upaya penyejahteraan rakyat pribumi, ide politik etis ditanggapi setengah hati oleh pemerintah Belanda di Den Haag. Hal ini terlihat pada pembentukandewan-dewanIokal untuk kota-kota besar yang lambat. Mayoritas anggota dewan ini pun merupakan orang-orang Belanda. Selain itu, terjadi penyimpangan-penyimpangan pada pelaksanaan politik etis. Bentuk penyelewengan tersebutadalahpengairan dialirkan ke perkebunan swasta, pengajaran hanya bertujuan untuk mendapatkan tenaga kerja yang murah, serta perpindahan penduduk digunakan untuk menambah kuli di perkebunan swasta. Jadi, pernyataan benar dan alasan salah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pernyataan benar. Kritik van Deventer terkait kesejahteraan pribumi mempengaruhi lahirnya politik etis. Dalam pidatonya pada 17 September 1901, Ratu Wilhelmina menyatakan pemerintah Belanda memiliki panggilan moral terhadap kaum pribumi Hindia Belanda. Orasi ratu Belanda dalam sidang pembukaan parlemen itu menjadi momentum kelahiran politik etis.

Alasan salah. Meskipun Ratu Wilhelmina mendukung upaya penyejahteraan rakyat pribumi, ide politik etis ditanggapi setengah hati oleh pemerintah Belanda di Den Haag. Hal ini terlihat pada pembentukan dewan-dewan Iokal untuk kota-kota besar yang lambat. Mayoritas anggota dewan ini pun merupakan orang-orang Belanda. Selain itu, terjadi penyimpangan-penyimpangan pada pelaksanaan politik etis. Bentuk penyelewengan tersebut adalah pengairan dialirkan ke perkebunan swasta, pengajaran hanya bertujuan untuk mendapatkan tenaga kerja yang murah, serta perpindahan penduduk digunakan untuk menambah kuli di perkebunan swasta. Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Konsep Kilat

Perebutan Hegemoni Bangsa Barat

Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia

Latihan Bab

571

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Adanya kritikan dari kaum intelektual Belanda, seperti van Deventer yang menulis tentang een ereschuld (utang kehormatan) mendorong pemerintah kolonial Belanda melaksanakan politik balas budi yang sal...

620

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia