Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Untuk menyesuaikan diri pada kehidupan di laut, ikan harus banyak minum air laut dengan mengeksresikan sedikit urin. SEBAB Urin pada ikan laut mengandung urea cukup banyak sehingga meningkatkan tekanan osmosis darah. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.space 

 

Untuk menyesuaikan diri pada kehidupan di laut, ikan harus banyak minum air laut dengan mengeksresikan sedikit urin.

SEBAB

Urin pada ikan laut mengandung urea cukup banyak sehingga meningkatkan tekanan osmosis darah.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space 

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berarti pula kandungan garam akan meningkat dalam cairan tubuh. Padahal kekurangan cairan tubuh dicegah dengan proses ini dan kelebihan garam harus dihilangkan. Karena ikan lautdipaksa oleh kondisi osmotik untuk mempertahankan air, volume air seni lebih sedikit dibandingkan dengan ikan air tawar . Tubulus ginjal bisa berfungsi sebagai penahan air. Jumlah glomerulus ikan lautcenderung lebih sedikit dan bentuknya lebih kecil dari pada ikan air tawar. Kira-kira 90% hasil buangan nitrogen yang sanggup disingkirkan melalui insang, sebagian besar berupa amonia dan sejumlah kecil urea.

berarti pula kandungan garam akan meningkat dalam cairan tubuh. Padahal kekurangan cairan tubuh dicegah dengan proses ini dan kelebihan garam harus dihilangkan. Karena ikan laut dipaksa oleh kondisi osmotik untuk mempertahankan air, volume air seni lebih sedikit dibandingkan dengan ikan air tawar. Tubulus ginjal bisa berfungsi sebagai penahan air. Jumlah glomerulus ikan laut cenderung lebih sedikit dan bentuknya lebih kecil dari pada ikan air tawar. Kira-kira 90% hasil buangan nitrogen yang sanggup disingkirkan melalui insang, sebagian besar berupa amonia dan sejumlah kecil urea.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah C. Ikan laut hidup pada lingkungan yang hipertonik terhadap jaringan dan cairan tubuhnya, sehingga cenderung kehilangan air melalui kulit dan insang, dan kemasukan garam-garam. Untuk mengatasi kehilangan air, ikan ‘minum’ air laut sebanyak-banyaknya. Dengan demikian berarti pula kandungan garam akan meningkat dalam cairan tubuh. Padahal kekurangan cairan tubuh dicegah dengan proses ini dan kelebihan garam harus dihilangkan. Karena ikan lautdipaksa oleh kondisi osmotik untuk mempertahankan air, volume air seni lebih sedikit dibandingkan dengan ikan air tawar . Tubulus ginjal bisa berfungsi sebagai penahan air. Jumlah glomerulus ikan lautcenderung lebih sedikit dan bentuknya lebih kecil dari pada ikan air tawar. Kira-kira 90% hasil buangan nitrogen yang sanggup disingkirkan melalui insang, sebagian besar berupa amonia dan sejumlah kecil urea.

Jawaban yang tepat adalah C.space 

Ikan laut hidup pada lingkungan yang hipertonik terhadap jaringan dan cairan tubuhnya, sehingga cenderung kehilangan air melalui kulit dan insang, dan kemasukan garam-garam. Untuk mengatasi kehilangan air, ikan ‘minum’ air laut sebanyak-banyaknya. Dengan demikian berarti pula kandungan garam akan meningkat dalam cairan tubuh. Padahal kekurangan cairan tubuh dicegah dengan proses ini dan kelebihan garam harus dihilangkan. Karena ikan laut dipaksa oleh kondisi osmotik untuk mempertahankan air, volume air seni lebih sedikit dibandingkan dengan ikan air tawar. Tubulus ginjal bisa berfungsi sebagai penahan air. Jumlah glomerulus ikan laut cenderung lebih sedikit dan bentuknya lebih kecil dari pada ikan air tawar. Kira-kira 90% hasil buangan nitrogen yang sanggup disingkirkan melalui insang, sebagian besar berupa amonia dan sejumlah kecil urea.

Konsep Kilat Klasifikasi Makhluk Hidup (NEW!)

Konsep Kilat Virus (NEW!)

Konsep Kilat Bacteria dan Archaea (NEW!)

Konsep Kilat Protista (NEW!)

Konsep Kilat Fungi (NEW!)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

403

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis hewan yang memiliki kesesuaian antara kelasdan tempat hidupnya adalah ....

62

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia