Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang berurutan. Deduksi enumeratif merupakan upaya penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh peneliti dalam mengumpulkan data-data berupa angka. SEBAB Proses deduksi enumeratif digunakan untuk menarik kesimpulan serta generalisasi. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang berurutan.
 

Deduksi enumeratif merupakan upaya penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh peneliti dalam mengumpulkan data-data berupa angka.

SEBAB

Proses deduksi enumeratif digunakan untuk menarik kesimpulan serta generalisasi.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

  1. pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab-akibat

  2. pernyataan benar, alasan benar tetapi keduanya tidak menunjukan hubungan sebab-akibat

  3. pernyataan benar, alasan salah

  4. pernyataan salah, alasan benar

  5. pernyataan dan alasan salah

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah E. Dalam penalaran penelitian sosial, terdapat dua jenis penalaran yakni induktif dan deduktif. Induktif , merupakan penalaran yang dilakukan dengan mengambil contoh kasus kecil yang kemudian dilakukan pencarian data untuk membuat kesimpulan umum atau dalam hal ini disebut sebagai generalisasi . Dalam penalaran induksi, ada salah satu bentuk yang dikenal sebagai induksi enumeratif yang dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan angka untuk dilakukan generalisasi. Deduktif , merupakan penalaran yang memecah kesimpulan untuk dibawa ke hal-hal yang khusus atau kecil. Biasanya, deduktif dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan pernyataan dan alasan yang disebutkan di atas, deduksi enumeratif bukan merupakan salah satu bentuk penalaran yang ada di metode deduktif, melainkan terdapat di metode induktif. Sehingga, dapat diketahui jika pernyataan dan alasan SALAH. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Jawaban yang benar adalah E.

Dalam penalaran penelitian sosial, terdapat dua jenis penalaran yakni induktif dan deduktif.

  1. Induktif, merupakan penalaran yang dilakukan dengan mengambil contoh kasus kecil yang kemudian dilakukan pencarian data untuk membuat kesimpulan umum atau dalam hal ini disebut sebagai generalisasi. Dalam penalaran induksi, ada salah satu bentuk yang dikenal sebagai induksi enumeratif yang dilakukan dengan menarik kesimpulan berdasarkan angka untuk dilakukan generalisasi.
  2. Deduktif, merupakan penalaran yang memecah kesimpulan untuk dibawa ke hal-hal yang khusus atau kecil. Biasanya, deduktif dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif.

Berdasarkan pernyataan dan alasan yang disebutkan di atas, deduksi enumeratif bukan merupakan salah satu bentuk penalaran yang ada di metode deduktif, melainkan terdapat di metode induktif. Sehingga, dapat diketahui jika pernyataan dan alasan SALAH.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

51

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia