Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun. SEBAB Terumbu karang kurang sesuai pada perairan Iaut dalam yang terletak pada khatulistiwa. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun.

SEBAB

Terumbu karang kurang sesuai pada perairan Iaut dalam yang terletak pada khatulistiwa.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

S. Meilani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun. Adapun Laut Jawa dan Selat Karimata merupakan laut dangkal. Ekosistem terumbu karang dapat berkembang dengan baik apabila kondisi lingkungan perairan mendukung pertumbuhan terumbu karang, yaitu di perairan laut dengan suhu 21 derajat Celcius - 29 derajat Celcius. Meskipun masih dapat tumbuh pada suhu di atas dan di bawah kisaran suhu tersebut, tetapi pertumbuhannya akan sangat lambat. Oleh karena itu, terumbu karang banyak ditemukan di perairan tropis dan daerah khatulistiwa seperti Indonesia. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun merupakan pernyataan yang benar. Pernyataan alasannya yaitu terumbu karang kurang sesuai pada perairan laut dalam yang terletak pada khatulistiwa merupakan alasan yang salah. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun. Adapun Laut Jawa dan Selat Karimata merupakan laut dangkal. Ekosistem terumbu karang dapat berkembang dengan baik apabila kondisi lingkungan perairan mendukung pertumbuhan terumbu karang, yaitu di perairan laut dengan suhu 21 derajat Celcius - 29 derajat Celcius. Meskipun masih dapat tumbuh pada suhu di atas dan di bawah kisaran suhu tersebut, tetapi pertumbuhannya akan sangat lambat. Oleh karena itu, terumbu karang banyak ditemukan di perairan tropis dan daerah khatulistiwa seperti Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan terumbu karang di tepi Laut Jawa dan Selat Karimata banyak yang mati, akibatnya produksi ikan karang menurun merupakan pernyataan yang benar.  Pernyataan alasannya yaitu terumbu karang kurang sesuai pada perairan laut dalam yang terletak pada khatulistiwa merupakan alasan yang salah.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Hasil tangkapan ikan dari laut Natuna dan Selat Karimata cenderung melimpah pada Musim Barat. SEBAB ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia