Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Long march divisi Siliwangi dilakukan dalam rangka menyusupkan TNI ke belakang garis Van Mook di Jawa Barat. SEBAB Divisi Siliwangi yang hijrah ke Jawa Tengah harus kembali ke tempat asal yaitu Jawa Barat sebagai akibat dari Perjanjian Renville.

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Long march divisi Siliwangi dilakukan dalam rangka menyusupkan TNI ke belakang garis Van Mook di Jawa Barat.

SEBAB

Divisi Siliwangi yang hijrah ke Jawa Tengah harus kembali ke tempat asal yaitu Jawa Barat sebagai akibat dari Perjanjian Renville.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah. 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar. 

  5. Pernyataan dan alasan salah. 

Pembahasan Soal:

Pernyataan Salah. Long March Siliwangi, adalah kembalinya pasukan Divisi Siliwangi dari Yogyakarta ke Jawa Barat. Sebelumnya, pasukan Siliwangi diperintah untuk meninggalkan Jawa Barat karena hasil perjanjian Renville yang menyepakati, pihak Republik harus menyerahkan Jawa Barat pada Belanda. Sejak itu, pasukan Siliwangi hijrah ke Yogyakarta sebagai Ibukota Indonesia dan pernah pula ditugaskan. ke Madiun untuk memadamkan pemberontakan PKI, yang lebih dikenal dengan Peristiwa Madiun 1948. Long March Siliwangi, adalah salah satu peristiwa paling fenomenal dalam perjalanan bangsa Indonesia khususnya bagi Tentara Nasional Indonesia. Long March Siliwangi adalah peristiwa pindahnya pasukan Siliwangi dari Yogyakarta dan sekitar Jawa Tengah yang bergerak kembali ke Jawa Barat pada bulan Februari 1949. Awalnya, pasukan Siliwangi yang ada di Jawa Barat diperintah untuk pindah atau hijrah ke Yogyakarta oleh Panglima Soedirman karena hasil dari perjanjian Renville yang mengharuskan Indonesia menyerahkan Jawa Barat kepada pihak Belanda. Tak hanya para prajurit Siliwangi saja yang hijrah ke Yogyakarta, banyak dari keluarga, istri dan anak mereka yang kemudian menyusul ke Yogyakarta dan sekitaran Jawa Tengah.

Alasan Salah. Sebagai konsekuensi dari Perjanjian Renville, pasukan-pasukan Siliwangi di Jawa Barat yang sebelumnya merupakan basis gerilya Indonesia yang tidak dapat direbut Belanda harus hijrah ke Yogyakarta. Kota ini adalah bagian dari wilayah Indonesia berdasarkan Garis Van Mook dan oleh para pemimpin Indonesia dijadikan sebagai ibukota Republik. Selain Yogyakarta, wilayah resmi Indonesia mencakup Surakarta, Kediri, Kedu, Madiun, sebagian Keresidenan Semarang, Pekalongan, Tegal bagian selatan dan Banyumas. Saat berada di Yogya, pasukan Siliwangi mendapat perintah untuk memadamkan pemberontakan PKI Muso atau yang lebih dikenal dengan peristiwa Madiun 1948. Setelah bertempur melawan pasukan Muso, seharusnya prajurit-prajurit Siliwangi kembali ke Yogya dan Jawa Tengah untuk bergabung dalam kantung-kantung perlawanan TNI yang sedang bergerilya menghadapi Belanda dan terbagi dalam beberapa kesatuan Wehkreise.
 
Bertepatan dengan itu, pada 19 Desember 1948, Belanda juga melancarkan Agresi Militer II dan menguasai Yogyakarta. Segera saja Panglima Soedirman mengeluarkan perintah melalui instruksi Panglima Besar yang dikenal dengan Perintah Siasat No. 1, agar pasukan Siliwangi kembali ke Jawa Barat untuk kemudian bergabung dengan pasukan lainnya dan melakukan perlawanan. Beberapa sejarawan menuliskan, Perintah Siasat No.1 ini disebut juga dengan Sandi Aloha.

Sejak itu, pasukan Siliwangi yang terdiri dari beberapa kompi di bawah pimpinan Letnan Kolonel Daan Yahya ini lantas bergerak kembali ke Jawa Barat. Pasukan Divisi Siliwangi ini juga membawa serta seluruh anggota keluarganya dan berjalan kaki selama kurang lebih dua bulan lamanya. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu peristiwa paling dramatis dan heroik dari para pejuang Indonesia saat perang mempertahankan kemerdekaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Coba analisis mengapa peristiwa penarikan pasukan tni dari Jawa Barat dan Jawa Timur ke wilayah RI itu dinamakan hijrah? siapa sebenarnya yang menamakan peristiwa itu sebaga hijrah

Pembahasan Soal:

Long March Siliwangi adalah peristiwa pindahnya Tentara Nasional Indonesia dari Jawa Tengah dan Yogyakarta ke Jawa Barat pada 4 Februari 1949 sebagai konsekuensi dari perjanjian Renville yang merugikan Indonesia dan diikuti pelanggaran oleh Belanda dengan melakukan Agresi Militer Belanda II dengan menguasai Yogyakarta. Jenderal Sudirman segera megeluarkan Instruksi Panglima Besar No. 1 sesuai perintah (Perintah Siasat No. 1) agar pasukan pindah ke Jawa Barat setelah bertempur dengan PKI Muso.

Dengan demikian, pada mulanya para pejuang TNI pejuangan yang berada di pos atau kantong-kantong perjuangan itu tidak mau ditarik mundur ke wilayah RI atas dasar garis Van Mook itu. Mereka berpandangan bahwa mereka tidak kalah perang, tidak perlu dievakuasi. Mereka tidak mau ditarik mundur di belakang garis Van Mook. Sudah tentu ini menjadi problem tersendiri karena sudah menjadi keputusan dalam Perundingan Renville. Tampillah Sudirman dengan kepiawian dan kebapakannya mendekati mereka para anggota TNI itu dengan menegaskan bahwa kita TNI dan para pejuang Indonesia tidak kalah perang, para prajurit udak dievakuasi, tetapi melakukan hijrah ke tempat yang kondusif untuk melakukan konsolidasi untuk mencapai kemenangan yang lebih besar.

0

Roboguru

Perundingan Renville menghasilkan kesepakatan penting sebagai berikut ….

Pembahasan Soal:

Secara garis besar, Perundingan Renville menghasilkan tiga kesepakatan sebagai berikut.

  1. Belanda hanya mengakui Jawa tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.undefined 
  2. Disetujuinya sebuah garis demarkasi atau garis van Mook yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.undefined 
  3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan Jawa Barat dan Jawa Timur.undefined 

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Dampak kerugian yang ditimbulkan akibat disepakatinya garis Van Mook dalam Perundingan Renville adalah…

Pembahasan Soal:

Salah satu poin kesepakatan dalam Perundingan Renville adalah disepakatinya garis demarkasi van Mook, yaitu garis perbatasan yang memisahkan daerah yang diduduki Belanda dengan wilayah Indonesia. Dampak dari disepakatinya garis demarkasi van Mook adalah Anggota TNI yang masih berada di daerah-daerah yang dikuasai Belanda, harus ditarik masuk ke wilayah RI di sekitar Yogyakarta. Sejak awal Februari 1948, para anggota TNI harus pindah dan memasuki wilayah RI sebagaimana yang diakui dalam Perundingan Renville. 

0

Roboguru

Dampak signifikan garis demarkasi van Mook terhadap eksistensi Indonesia sebagai suatu negara bangsa adalah…

Pembahasan Soal:

Sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Renville yang disetujui Indonesia-Belanda, berlaku kebijakan demarkasi van Mook yang kemudian berdampak signifikan terhadap berkurangnya wilayah kedaulatan Indonesia secara drastis. Akibat penerapan garis demarkasi van Mook tersebut wilayah Indonesia menjadi hanya Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra. Dan ternyata hal tersebut masih belum cukup memuaskan ambisi Belanda yang ingin terus menguasai Indonesia sehingga pecahlah Agresi Militer Belanda II yang menyasar ibu kota negara yang berbasis di Yogyakarta. 

0

Roboguru

Di bawah ini negara yang membantu Indonesia menembus blokade ekonomi Belanda melalui jalur politik adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda berambisi ingin menguasai kembali wilayah Indonesia. Keinginan untuk menguasai Indonesia terlihat jelas ketika Belanda melakukan blokade ekonomi sejak bulan November 1945. Dalam pelaksanaannya, Belanda memusatkan blokade di jalur perdagangan laut. Pemerintah Indonesia berusaha menembus blokade ekonomi Belanda dengan melaksanakan diplomasi beras ke India. Tindakan tersebut dilakukan atas inisiatif Perdana Menteri Sultan Sjahrir. Pada tahun 1946 pemerintah Indonesia mendengar bahwa rakyat India dilanda bencana kelaparan. Pada saat yang sama, pemerintah Indonesia mengalami surplus beras sekitar 200.000-400.000 ton. Akhirnya, pemerintah Indonesia memutuskan mengirim bantuan beras 500.000 ton kepada India. Bagi Indonesia, bantuan beras ke India tersebut mengandung muatan politis.undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved