Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kebudayaan Yunani Kuno dan Romawi Kuno dianggap oleh kaum humanis sebagai puncak peradaban Eropa. SEBAB Humanisme Renaisans menekankan bahwa kita tidak hanya umat manusia, tetapi kita juga individu-individu yang bebas.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Kebudayaan Yunani Kuno dan Romawi Kuno dianggap oleh kaum humanis sebagai puncak peradaban Eropa.

SEBAB

Humanisme Renaisans menekankan bahwa kita tidak hanya umat manusia, tetapi kita juga individu-individu yang bebas.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar. Kebudayaan Yunani kuno dan Romawi dianggap sebagai masa puncak peradaban Eropa karena beberapa hal: Kebudayaan tersebut dengan berbagai ilmu yang dihasilkan menjadi sumber utama ilmu pengetahuan dunia yang ada saat ini. Kebudayaan tersebut menjadi pioner peradaban modern. Kebudayaan tersebut telah melahirkan berbagai ilmu filsafat yang menjadi kunci pengembangan peradaban manusia. Kebudayaan tersebut merupakan pedoman murni yang dihasilkan para tokoh-tokoh cendikiawan, dan menjadi sumber dasar pijakan peradaban masa Renaissance, hingga saat ini. Alasan benar. Humanisme Renaissans jauh lebih dikenal karena penekanannya pada individualisme. Individualisme yang menganggap bahwa manusia sebagai pribadi perlu diperhatikan.Kita bukan hanya umat manusia, tetapi kita juga adalah individu-individu unik yang bebas untuk berbuat sesuatu dan menganut keyakinan tertentu. Kemuliaan manusia sendiri terletak dalam kebebasannya untuk menentukan pilihan sendiri dan dalam posisinya sebagai penguasa atas alam (Pico Della Mirandola). Gagasan ini mendorong munculnya sikap pemujaan tindakan terbatas pada kecerdasan dan kemampuan individu dalam segala hal.Gambaran manusia di sini adalah manusia yang dicita-citakan Humanisme Renaissans yaitu manusia universal (Homo Universale). Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar. Kebudayaan Yunani kuno dan Romawi dianggap sebagai masa puncak peradaban Eropa karena beberapa hal:

  1. Kebudayaan tersebut dengan berbagai ilmu yang dihasilkan menjadi sumber utama ilmu pengetahuan dunia yang ada saat ini.
  2. Kebudayaan tersebut menjadi pioner peradaban modern.
  3. Kebudayaan tersebut telah melahirkan berbagai ilmu filsafat yang menjadi kunci pengembangan peradaban manusia.
  4. Kebudayaan tersebut merupakan pedoman murni yang dihasilkan para tokoh-tokoh cendikiawan, dan menjadi sumber dasar pijakan peradaban masa Renaissance, hingga saat ini. 

Alasan benar. Humanisme Renaissans jauh lebih dikenal karena penekanannya pada individualisme. Individualisme yang menganggap bahwa manusia sebagai pribadi perlu diperhatikan. Kita bukan hanya umat manusia, tetapi kita juga adalah individu-individu unik yang bebas untuk berbuat sesuatu dan menganut keyakinan tertentu. Kemuliaan manusia sendiri terletak dalam kebebasannya untuk menentukan pilihan sendiri dan dalam posisinya sebagai penguasa atas alam (Pico Della Mirandola). Gagasan ini mendorong munculnya sikap pemujaan tindakan terbatas pada kecerdasan dan kemampuan individu dalam segala hal. Gambaran manusia di sini adalah manusia yang dicita-citakan Humanisme Renaissans yaitu manusia universal (Homo Universale). Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

402

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penandatanganan Magna Charta merupakan suatu lambang pembatasan kekuasaan monarki yang absolut di lnggris. SEBAB Magna Charta ditandatangani dalam suasana perseteruan tanpa pertumpahan darah seh...

135

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia