Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Alel letal akan menyebabkan kematian individu dalam keadaan heterozigot. SEBAB Alel letal selalu bersifat resesif dan dapat menutup sempurna alel dominan. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Alel letal akan menyebabkan kematian individu dalam keadaan heterozigot.

SEBAB

Alel letal selalu bersifat resesif dan dapat menutup sempurna alel dominan.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Alel letal adalah alel yang mengakibatkan kematian jika dalam keadaan homozigot. Alel letal dapat berupa homozigot dominan maupun resesif. Alel letal mengakibatkan keturunan menyimpang dari hukum Mendel, karena pada perkawinan monohibrid menghasilkan perbandingan fenotip 2 : 1 bukan 3 : 1

Alel letal dibedakan menjadi :

1.  Alel letal dominan merupakan alel yang menyebabkan kematian individu dalam keadaan homozigot dominan. Contohnya sebagai berikut : Alel dominan C pada ayam, pada manusia terdapat gen B yaitu gen penyebab jari pendek (brakhidaktili), dan  alel letal dominan Y pada tikus.

2.  Alel letal resesif merupakan alel yang menyebabkan kematian individu dalam keadaan homozigot resesif. Contohnya sebagai berikut : Alel letal resesif g pada jagung, alel letal resesif s yang mengakibatkan penyakit anemia sel sabit (sickle cell), dan genotip homozigot resesif menyebabkan letal dan alelnya menentukan bayi normal.

Jadi, dapat disimpulkan pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dwi

Terakhir diupdate 02 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan contoh-contoh gen letal!

Pembahasan Soal:

Gen letal adalah gen yang menyebabkan kematian individu dalam keadaan homozigot, sedangkan dalam keadaan heterozigot, seorang individu dapat bersifat normal atau subletal. Gen letal dapat menyebabkan kematian karena peran gen asli untuk menumbuhkan karakter atau bagian tubuh yang penting terganggu sehingga tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 

Terdapat dua macam gen letal, yaitu gen letal dominan dan gen letal resesif.

  • Gen letal dominan, dalam keadaan homozigot dominan bersifat letal, sedangkan dalam keadaan heterozigot bersifat subletal. Gen subletal mengakibatkan pemiliknya mengalami kelainan. Contoh: gen penyebab kaki dan sayap pendek (redep) pada ayam, gen warna rambut kuning pada tikus, gen Huntington's Disease, dan gen penyebab brakidaktili.
  • Gen letal resesif, pada keadaan homozigot resesif menyebabkan kematian pemiliknya. Adapun dalam keadaan heterozigot, gen letal bersifat karier, tetapi penampakan pemiliknya tetap normal. Contoh: albino pada tanaman jagung dan gen penyebab Ichthyosis congenita spacepada manusia. 

0

Roboguru

Tuliskan contoh-contoh gen letal!

Pembahasan Soal:

Gen letal adalah gen yang menyebabkan kematian pada individu yang memilikinya. Biasanya, gen letal dapat menyebabkan kematian jika dalam keadaan homozigot. Contoh gen letal pada manusia ialah brakidaktili yang disimbolkan oleh alel B. Orang dengan genotip BB akan meninggal karena gennya letal.space 

0

Roboguru

Apakah perbedaan antara gen letal resesif dangen gen letal dominan?

Pembahasan Soal:

Gen letal adalah kondisi genoipe individu yang bersifat homozigot akan mengalami kematian/ letal. Gen letal dibedakan menjadi dua yaitu gen letal resesif dan gen letal dominan. Gen letal resesif adalah individu mengalami kematian ketika memiliki genotipe homozigot resesif dan gen letal dominan adalah individu mengalami kematian ketika memiliki genotipe homozigot dominan,space space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan gen letal dominan dan gen letal resesif!

Pembahasan Soal:

Gen letal dominan merupakan gen dominan yang dapat mengakibatkan kematian apabila dalam keadaan homozigot. Contoh gen letal dominan dapat dilihat pada ayam creeper dan brakidaktili. Pada brakidaktili atau penyakit jari pendek, individu normal memiliki genotipe homozigot resesif bb sedangkan genotipe BB menyebabkan kematian pada individunya. Gen letal resesif merupakan gen resesif yang dapat mengakibatkan kematian apabila dalam keadaan homozigot. Contoh gen letal resesif dapat dilihat pada tanaman jagung albino dan penderita sickle cell. Tanaman jagung normal memiliki genotipe AA sedangkan genotipe aa yang mengkode sifat albino pada jagung, bersifat letal. 

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Kelainan dari manusia yang menyebabkan letal pada gen dominan diantaranya: thalasemia, huntington, dan Achondroplasia. Sedangkan kelainan dari manusia yang menyebabkan letal pada gen resesif adalah ichtyosis congenita, cystic fibrosis, dan tay sachs.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved