Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Setiap warna pada citra satelit memberikan makna tertentu. SEBAB Warna sangat dipengaruhi oleh perbedaan gelap terangnya suatu objek yang dipengaruhi oleh tingkat kelembapannya Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.


Setiap warna pada citra satelit memberikan makna tertentu.

SEBAB

Warna sangat dipengaruhi oleh perbedaan gelap terangnya suatu objek yang dipengaruhi oleh tingkat kelembapannya


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space 

Pembahasan Soal:

Setiap warna dalam citra satelit memberikan makna tertentu. Warna hijau mengindentifikasi adanya vegetasi dan makin hijau warnanya berarti vegetasinya semakin lebat (hutan). Warna biru menunjukkan adanya kenampakan air. dan semakin biru atau biru kehitaman berarti wilayah tersebut tergenang (water body). Jika warna biru ada kesan petak-petak yang ukurannya lebih besar dan lokasinya dekat dengan garis pantai berarti areal tersebut adalah areal tambak. Unsur pola dan site/lokasi dapat digunakan untuk membantu mengenali jenis penggunaan lahan dan tanaman/vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut. Sebagai contoh. bila ada kenampakan hijau (warna) pada wilayah berpetak-petak (pola) yang lokasinya di wilayah dataran (lokasi). hal itu mengidentifikasikan adanya lahan sawah yang ditanami padi. Warna hijau (vegetasi) pada wilayah berpola aliran radial sentrifugal menunjukkan adanya vegetasi/tanaman tahunan atau hutan yang tumbuh di daerah berlereng (berbukit-bergunung). Adapun warna sangat dipengaruhi oleh reflektansi yang berbeda dan setiap vegetasi atau tanaman dapat memberikan warna alami (true colour) maupun warna semu (false colour). Jadi, warna tidak dipengaruhi oleh perbedaan gelap terangnya suatu objek yang dipengaruhi oleh tingkat kelembapannya. Jadi. pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi jawaban yang benar adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Melalui perencanaan Sistem lnformasi Geografis yang dapat menghasilkan peta digital maka dimungkinkan menggabungkan beberapa data spasial seperti ... Peta topografi. Citra satelit. Data statistik...

Pembahasan Soal:

Data spasial merupakan data yang mengacu pada lokasi di permukaan bumi. Melalui teknik tumpang susun (overlay), SIG dapat menggabungkan beberapa data spasial seperti peta topografi, citra satelit, dan data hasil survei lapangan yang bereferensi geografis. Sementara itu, data statistik tergolong ke dalam jenis data atribut karena tidak tereferensi geografis dan berfungsi untuk menjelaskan suatu fenomena.

Dengan demikian, pernyataan nomor 1, 2, dan 4 saja yang benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Berdasarkan proses perekamannya, sensor dibedakan menjadi dua macam, yaitu ... Sensor pasif Sensor fotografi Sensor aktif Sensor elektromagnetik

Pembahasan Soal:

Berdasarkan proses perekamannya, sensor dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut :

  1. Sensor fotografi, yang merekam objek elalui proses kimiawi. Sensor ini menghasilkan foto atau citra foto.
  2. Sensor elektromagnetik, bekerja secara elektromagnetik dalam bentuk sinyal. Sinyal elektromagnetik ini direkam pada pita magnetik yang kemudia diproses menjadi data visual atau digital menggunakan komputer yang dikenal dengan citra satelit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka berdasarkan proses perekamannya, sensor dibedakan menjadi dua macam, yaitu sensor fotografi dan sensor elektromagnetik.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Pada foto udara danau nampak gelap sedangkan jalan nampak lebih terang. Interpretasi foto udara tersebut berdasarkan pada unsur....

Pembahasan Soal:

Foto udara merupakan produk hasil pemotretan suatu bentanglahan di permukaan bumi melalui udara. Interpretasi foto udara didasarkan pada unsur warna, rona, bentuk, ukuran, tekstur, dan pola. Pada foto udara, danau nampak terlihat lebih terang, sedangkan jalan terlihat lebih terang. Hal ini merupakan interpretasi foto udara untuk mengenali suatu objek yang didasarkan pada rona. Rona adalah gelap dan terangnya suatu objek/benda yang nampak di foto udara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Sensor fotografik berfungsi merekam objek melalui proses kimiawi. SEBAB Sinyal elektrik direkam dalam pi...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan proses perekamannya, sensor dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  1. Sensor fotografi, proses perekamannya berlangsung seperti pada kamera foto atau melalui proses kimiawi.
  2. Sensor elektrik, proses perekamannya bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal. Sinyal elektrik ini direkam pada pita magnetik yang kemudian diproses menjadi data visual atau digital menggunakan komputer yang dikenal dengan citra satelit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan sensor fotografik berfungsi merekam objek melalui proses kimiawi merupakan pernyataan yang benar. Alasan sinyal elektrik direkam dalam pita magnetik kemudian diproses menjadi data visual atau data digital dengan menggunakan komputer juga merupakan pernyataan alasan yang benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Pengindraan jauh dapat digunakan untuk mengamati geosfer.  SEBAB Gempa bumi merupakan salah satu feno...

Pembahasan Soal:

Penginderaan jauh adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data objek, dareah, fenomena melalui analisis dan interpretasi tanpa menyentuh langsung objek tersebut. Penginderaan jauh dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan untuk tujuan strategis salah satunya pemetaan daerah bencana dan pengamatan geosfer. Pada beberapa fakta, penginderaan jauh dapat merekam adanya perubahan di daerah tektonik sebelum dan sesudah terjadinya gempa. Meskipun begitu, penggunaan penginderaan jauh tidak bisa digunakan untuk memprediksi terjadinya gempa bumi yang merupakan salah satu fenomena geosfer. 

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved