Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Brainware merupakan kemampuan manusia dalam mengorganisasikan data. SEBAB Brainware merupakan linux dalam sistem informasi geografi.   Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ….

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

 

Brainware merupakan kemampuan manusia dalam mengorganisasikan data.

SEBAB

Brainware merupakan linux dalam sistem informasi geografi.

 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ….

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Pembahasan Soal:

Brainware merupakan kemampuan manusia dalam mengorganisasikan data SIG secara efektif dan efisien, sedangkan linux merupakan salah satu jenis sistem operasi berupa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengoperasikan SIG. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Argi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Output SIG tidak tergantung dari sumber daya manusia yang memproses data. SEBAB Setiap manusia memiliki...

Pembahasan Soal:

Sumber daya manusia tergolong ke dalam komponen brainware dalam SIG. Manusia berperan sebagai pengelola data dan pengendali sistem dalam analisis SIG, sehingga memengaruhi output yang dihasilkan. Sumber daya manusia yang kompeten dapat menghasilkan output SIG yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan sumber daya manusia yang kemampuan penguasaan teknologinya rendah akan menghasilkan output SIG yang tidak berkualitas. Dengan demikian, setiap manusia memiliki kemampuan dan penguasaan teknologi yang berbeda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Setiap warna pada citra satelit memberikan makna tertentu. SEBAB Warna sangat dipengaruhi oleh perbedaa...

Pembahasan Soal:

Setiap warna dalam citra satelit memberikan makna tertentu. Warna hijau mengindentifikasi adanya vegetasi dan makin hijau warnanya berarti vegetasinya semakin lebat (hutan). Warna biru menunjukkan adanya kenampakan air. dan semakin biru atau biru kehitaman berarti wilayah tersebut tergenang (water body). Jika warna biru ada kesan petak-petak yang ukurannya lebih besar dan lokasinya dekat dengan garis pantai berarti areal tersebut adalah areal tambak. Unsur pola dan site/lokasi dapat digunakan untuk membantu mengenali jenis penggunaan lahan dan tanaman/vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut. Sebagai contoh. bila ada kenampakan hijau (warna) pada wilayah berpetak-petak (pola) yang lokasinya di wilayah dataran (lokasi). hal itu mengidentifikasikan adanya lahan sawah yang ditanami padi. Warna hijau (vegetasi) pada wilayah berpola aliran radial sentrifugal menunjukkan adanya vegetasi/tanaman tahunan atau hutan yang tumbuh di daerah berlereng (berbukit-bergunung). Adapun warna sangat dipengaruhi oleh reflektansi yang berbeda dan setiap vegetasi atau tanaman dapat memberikan warna alami (true colour) maupun warna semu (false colour). Jadi, warna tidak dipengaruhi oleh perbedaan gelap terangnya suatu objek yang dipengaruhi oleh tingkat kelembapannya. Jadi. pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Peta tematik yang dibutuhkan untuk pembuatan peta wilayah rawan banjir rob adalah ...  peta batimetri laut  peta topografi wilayah  peta sebaran salinitas laut  peta sebaran hutan mangrove

Pembahasan Soal:

Peta tematik yang dibutuhkan untuk pembuatan peta wilayah rawan banjir rob menurut pilihan jawaban yang tersedia yang tepat adalah peta topografi wilayah dan peta sebaran hutan mangrove saja. Peta topografi adalah peta yang menggambarkan relief permukaan bumi dengan menggunakan garis kontur. Peta topografi umumnya berskala besar dan menyajikan obyek dengan tingkat detail relatif tinggi. Peta topografi wilayah digunakan untuk mengidentifikasi wilayah mana saja yang rawan terkena banjir rob menurut ketinggian wilayahnya. Peta sebaran hutan mangrove adalah peta yang menggambarkan persebaran hutan mangrove yang ada di suatu wilayah. Peta sebaran hutan mangrove digunakan untuk mengidentifikasi wilayah mana yang aman dari banjir rob karena mangrove bersifat menghadang atau meredam gelombang laut.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pada SIG kapasitas memori (RAM) bergantung pada jenis perangkat lunak (software) yang digunakan. SEBAB ...

Pembahasan Soal:

Kapasitas memori (RAM) merupakan salah satu komponen yang diperlukan jika ingin melakukan analisis SIG. Kapasitas memori (RAM) ditentukan oleh jenis perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk analisis SIG. Dengan demikian, kalimat pernyataan salah.

Perangkat lunak (software) dalam SIG merupakan program yang dapat membantu pengoperasian SIG, seperti Arc Info dan Map Info.  Arc Info dan Map Info adalah contoh perangkat lunak pendukung SIG yang fungsinya hampir mirip, tetapi dikembangkan oleh pihak yang berbeda. Oleh sebab itu, Arc Info dan Map Info memiliki kapasitas memori yang berbeda. Dengan demikian, kalimat sebab benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Pemanfaatan Sistem lnformasi Geografis di bidang perencanaan ruang adalah ... Menentukan lokasi kawasan industri. Pembangunan fasilitas umum. Pengembangan kawasan permukiman. Penataan sistem dan...

Pembahasan Soal:

Sistem Informasi Geografis memiliki manfaat pada berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam perencanaan tata ruang. Perencanaan tata ruang merupakan proses untuk merencanakan struktur dan pola ruang di suatu wilayah. Pemanfaatan Sistem lnformasi Geografis di bidang perencanaan ruang adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan lokasi kawasan industri, dapat dianalisis melalui karakteristik lokasi yang cocok untuk dijadikan kawasan industri, sehingga struktur dan pola ruang di suatu wilayah dapat menjadi lebih teratur.
  2. Pembangunan fasilitas umum, dapat dianalisis dengan memperhatikan sebaran penduduk agar sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pengembangan kawasan permukiman, dapat dianalisis dengan meninjau karakteristik lahan dan keadaan lingkungan sekitarnya yang sesuai untuk dijadikan kawasan permukiman.
  4. Penataan sistem dan status pertanahan, bertujuan agar sistem dan status pertanahan di suatu daerah menjadi lebih terstruktur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved