Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pusat daerah kegiatan (Central Bussines District) sering disebut kota asal (downtown) ataupun loop (jantung kota). SEBAB Pusat daerah kegiatan merupakan daerah inti kota yang ditandai dengan gedung-gedung, pusat pertokoan,kantor pos, bank, bioskop, dan pasar. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Pusat daerah kegiatan (Central Bussines District) sering disebut kota asal (downtown) ataupun loop (jantung kota).

SEBAB

Pusat daerah kegiatan merupakan daerah inti kota yang ditandai dengan gedung-gedung, pusat pertokoan,kantor pos, bank, bioskop, dan pasar.


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

     

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space

Pembahasan Soal:

Kota merupakan pusar berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekonomi, pemerintahan, kebudayaan, pendidikan dan sebagainya. Pusat daerah kegiatan (Central Bussines District) sering disebut kota asal (downtown) ataupun loop (jantung kota). Maka pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena pusat daerah kegiatan merupakan daerah inti kota yang ditandai dengan gedung-gedung, pusat pertokoan,kantor pos, bank, bioskop, dan pasar. Kalimat pernyataan dan alasan menunjukan hubungan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Struktur dasar dan pola keruangan permukiman kota dipengaruhi oleh orientasi komersial masyarakat. SEBAB ...

Pembahasan Soal:

Kota merupakan pusat berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekonomi, pemerintahan, kebudayaan, pendidikan dan sebagainya. Adanya berbagai kegiatan di pusat kota, akan menimbulkan adanya pengelompokan (segresi) dan penyebaran jenis-jenis kegiatan. Maka pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena perkembangan kota tidak selalu mengikuti teori konsentrik, namun tempat-tempat tertentu berfungsi sebagai inti-inti kota, dan pusat pertumbuhan baru. Kalimat pernyataan dan alasan tidak menunjukan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Struktur kota yang sesuai dengan teori inti berganda sangat jelas terlihat pada kota-kota raksasa seperti ...

Pembahasan Soal:

Teori Inti Ganda dikemukakan oleh Harris dan Ullman, yaitu keadaan tata ruang kota dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu inti kota (Core of City), selaput inti kota, kota satelit dan suburban sehingga terjadi pada wilayah perkotaan yang ukurannya sangat besar (megalopolis dan konurbasi). Maka Pernyataan tepat. Selanjutnya kalimat alasan juga tepat karena Megalopolis terdiri atas beberapa kota metropolis yang menjadi satu membentuk jalur perkotaan. Kalimat Pernyataan dan alasan menunjukan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Angka 4 seperti gambar menurut teori sektor adalah. . .

Pembahasan Soal:

Dalam teorinya keruangan kota sektoral yaitu sebagai berikut penjelasannya:

a.   1, Pusat Kota

b.   2, Daerah Grosir / Manufaktur

c.   3, Pemukiman Kelas Rendah

d.   4, Pemukiman Kelas Menengah

e.   5, Pemukiman Kelas Atas

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Norma dan adat istiadat mulai pudar. Sarana perekonomian di antaranya berupa pasar swalayan. Kegiatan ekonomi homogen. Bentuk permukiman memusat. Terdapat kes...

Pembahasan Soal:

Adapun ciri-ciri sosial kota menurut Bintarto sebagai berikut.

  • Masyarakatnya heterogen.
  • Bersifat individualistis dan materialistis.
  • Mata pencaharian nonagraris.
  • Corak kehidupannya bersifat gesselschaft (hubungan kekerabatan mulai pudar).
  • Terjadi kesenjangan sosial antara golongan masyarakat kaya dan masyarakat miskin.
  • Norma-norma agama tidak begitu ketat.
  • Pandangan hidup lebih rasional.
  • Menerapkan strategi keruangan, yaitu pemisahan kompleks atau kelompok sosial masyarakat secara tegas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Karakteristik: terjadi proses konurbanisasi, kenampakan seperti telapak katak pohon, penggabungan antara kota besar utama dengan kota satelit disekitarnya. Menurut Yunus, bentuk kota yang sesua...

Pembahasan Soal:

Klasifikasi kota dapat dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, salah satunya adalah berdasarkan kompak/padat atau tidaknya suatu kota. Menurut Yunus, kota dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu kota kompak/padat dan kota tidak kompak/padat. 

Kota padat merupakan kota yang memiliki kepadatan tinggi dan konsentrasi fungsi sosio-ekonomi untuk mengurangi penggunaan energi, kerusakan lingkungan, dan terjadinya kota acak (urban sparwl). Sedangkan kota tidak padat adalah kawasan perkotaan yang memiliki wilayah terpisah-pisah oleh kenampakan bukan perkotaan dalam bentuk topografis maupun kenampakan agraris. Kota yang termasuk kota tidak kompak adalah sebagai berikut:

  1. Kota bentuk terpecah (fragmented cities). Kota ini berawal dari bentuk kota kompak yang mengalami perluasan sehingga tidak menyatu dengan kota induk. Kenampakan kota yang baru dikelilingi oleh area pertanian yang dihubungankan dengan kota induk dengan daerah kantong yang lain dengan jalur transportasi yang memadai. 
  2. Kota bentuk berantai (chained cities). KOta ini merupakan bagian dari kota bentuk terpecah. Bentuk berantai terbentuk ketika bentuk terpecah terjadi di sepanjang rute tertentu. Kota-kota membentuk seperti mata rantai yang dihubungkan oleh rute transportasi. Jarak antara kota induk dengan kenampakan-kenampakan kota baru tidak terlalu jauh.
  3. Kota bentuk terbelah (split cities). Bentuk ini menggambarkan bentuk kota yang kompak, tetapi sektor terbelah oleh perairan yang lebar. Wilayah yang terpisah dihubungkan oleh jembatan atau kapal.
  4. Kota bentuk stellar (stellar cities). Bentuk kota ini biasanya ditemui pada kota-kota besar yang dikelilingi oleh kota satelit. Penggabungan kota besar utama dengan kota-kota satelit di sekitarnya terlihat seperti telapak katak pohon. Kota bentuk stellar umumnya didukung oleh kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved